-->
logo

Tak Peduli Resesi, Jika Kita Mampu Menciptakan Peluang Bisnis

Hot News

Hotline

Tak Peduli Resesi, Jika Kita Mampu Menciptakan Peluang Bisnis

SKJENIUS.COM, Cikarang.-- Terburuk Dalam 22 Tahun, Indonesia Terjun Lagi ke Jurang Resesi! Siap atau tidak resesi ekonomi bisa menimbulkan tekanan dalam sektor keuangan maupun sektor riil. Karuan saja, sejumlah dampak negatif menanti ketika negara dinyatakan berada dalam resesi, mulai dari banyaknya PHK hingga bisnis yang gulung tikar.

Dampak dari resesi dapat terasa langsung bagi masyarakat. Resesi menimbulkan efek domino kepada kehidupan warga suatu negara yang sedang mengalaminya. Misalnya investasi yang anjlok saat resesi akan secara otomatis membuat angka pemutusan hubungan kerja (PHK) naik signifikan dan menghilangkan sejumlah lapangan pekerjaan. Produksi atas barang dan jasa pun merosot sehingga menurunkan PDB nasional.

Seiring dengan itu, para pelaku usaha mau tidak mau harus tidak menata ulang Rencana Strategis Perusahaan dalam menghadapi resesi agar tetap bertahan. Sedangkan, untuk mereka yang baru mau memulai bisnis di tengah krisis, maka harus membuat model bisnis dengan ketelitian ekstra. Dan jangan lupa untuk berkonsultasi kepada mereka yang sudah berpengalaman di bisnis sejenis.

Dengan demikian di tengah tekanan ekonomi, disarankan untuk tidak menjalankan bisnis seperti biasanya (business as usual). Melainkan, gunakan kreativitas agar dapat bertahan.

Pebisnis harus dapat menangkap peluang yang ada meski terkadang harus mengorbankan keuntungan. Misalnya menjual produk dengan diskon atau dalam bentuk paketan murah.

Jadi, sebagai orang Beriman dan Berakal kita harus mampu menjadi entrepreneur yang kreatif dan inovatif. Terkadang dunia membutuhkan resesi ekonomi : Mengubah tantangan menjadi peluang. Tak Peduli Resesi, Selama Kita Mampu  Menciptakan Peluang Bisnis.

Karena itulah diperlukan Pemecahan Masalah yang Holistik (Holistic Problem Solving), kreatif dan Inovatif. Untuk itu,  kita perlu menyinergikan Kecerdasan Intelektual dengan Kekuatan Spiritual yang kita miliki. Kreativitas muncul dari jiwa Anda.  Ide di balik usaha kreatif apa pun berasal dari jiwa Anda.  Selain itu, ketika Anda mengerjakan sebuah usaha kreatif, Anda membangun spiritualitas Anda.

Mungkin, sebagian dari kita sudah pernah merasakan bahwa asa ekonomi yang sulit pada tahun 1998 menyebabkan masalah baru. Masalah-masalah ini berasal dari kebutuhan yang dirasakan orang dan yang sering tidak memiliki solusi yang tersedia. Cermati bagaimana konsumen menangani masalah ini sekarang dan siapa yang memberikan solusi terbaik saat ini untuk membantu menentukan mengapa mereka akan beralih ke Anda.

Pahami bahwa kebutuhan adalah ibu dari penemuan, dan seringkali krisis bertindak sebagai mekanisme yang memaksa untuk melahirkan inovasi yang cepat, yang mengarah pada kemajuan pesat dalam teknologi, kebijakan, dan / atau prosedur.

The Connection Between Creativity and Spirituality

Sebagaimana sudah kita sebutkan di atas bahwa tengah tekanan ekonomi, kita tidak bisa menjalankan bisnis seperti biasanya (business as usual). Melainkan, gunakan kreativitas agar dapat bertahan.

Maka, peranan Inovasi dan Kreativitas dalam Pengembangan Produk dan Jasa memegang peranan penting dalam mengembangkan bisnis di masa resesi ini. Berbagai kesuksesan wirausaha di dunia disebabkan oleh kreativitas dalam mengembangkan produk.

Persaingan yang ketat dalam berwirausaha mendorong kita untuk memiliki kreativitas yang tinggi. Daya kreativitas tersebut harus dilandasi cara berpikir yang maju, gagasan-gagasan baru yang berbeda dibandingkan produk-produk yang telah ada.

Berbagai gagasan-gagasan yang kreatif umumnya tidak dapat dibatasi oleh ruang, bentuk ataupun waktu dan memberikan terobosan-terobosan baru dalam dunia usaha yang pada awalnya kelihatan mustahil.

Kreativitas mencakup banyak bidang pemikiran dan seni.  Ini adalah konsep yang memungkinkan ide-ide yang tidak terkekang untuk berkembang dan tumbuh.  Dalam dunia fisik, seringkali hal itu terwujud sebagai karya kreatif, seperti lukisan, patung, atau buku.  Sederhananya, itu adalah manifestasi jiwa Anda dalam hidup Anda.

Pemikiran kreatif berasal dari kecerdasan spiritual Anda.  Manusia secara alami bersifat spiritual dan memiliki tingkat kecerdasan spiritual tertentu sejak usia muda.  Misalnya, anak-anak terlibat dalam permainan imajinatif dan menikmati upaya kreatif seperti menggambar atau melukis.  Namun, saat mereka bergerak melalui sistem sekolah, anak-anak dipaksa untuk menyesuaikan diri dengan gagasan kecerdasan modern dan menjauh dari kecerdasan spiritual.  Mereka didorong ke alam logika, struktur, dan ego.  Sayangnya, ego adalah koneksi pikiran dan tubuh yang bekerja tanpa koneksi ke aspek spiritual kehidupan seseorang.

Padahal aspek spiritual sangat berhubungan dengan Daya Kreatif seseorang. Spiritualitas terhubung dengan Kreativitas karena spiritualitas Anda yang memandu pikiran kreatif Anda.  Spiritualitas, atau jiwa Anda, adalah sumber ide kreatif atau proses berpikir.

A Spiritual Path to Higher Creativity,

Berbicara soal kreativitas, berarti kita perlu mengenal Allah (Ma'rifatullah) sebagai Sang Pencipta Yang Maha Kreatif dan terus menerus mencipta. Jadi, Allah adalah sumber kreativitas bagi manusia.

Ada energi kreatif yang disebut energi Ilahiyah atau dikenal juga sebagai listrik spiritual. Apabila manusia mampu mengaksesnya maka kreativitas akan bangkit. Maka, kita harus berusaha menggapai Allah untuk menjadi saluran penciptaan dari Allah.

Ada dua cara untuk mengalirkan kreativitas yang bersumber dari Allah itu.

Pertama :  Menyepi (I'tikaf).

Luangkan waktu untuk Menyendiri agar kita dapat menikmati waktu untuk diri sendiri. Psikoterapis, Phillip Hodson, dari Asosiasi Konseling dan Psikoterapi Inggris menyarankan setiap orang perlu menghabiskan waktu sendirian. 

Sementara itu, dalam buku A Return To The Self, psikiater Inggris, Anthony Storr  menjelaskan bahwa kesendirian dapat meningkatkan kreativitas, spiritualitas, dan intelektualitas seseorang.

"Dengan menyendiri membantu Anda berfikir dan menemukan kesimpulan tentang dunia ini, dan hal ini membuat Anda berpikir dewasa. Menyendiri juga membuat kita keluar dari pola aktivitas sehari-hari, mengerjakan sesuatu yang berbeda sehingga membuat kita hidup lebih seimbang," jelasnya.

Anda bisa melakukan banyak hal ketika meluangkan waktu menyendiri. Berzikir, menjadi cara ampuh untuk relaksasi, mengembalikan energi dan memberikan kejelasan dalam hidup

Pasrahlah pada Allah dalam kesendirian karena kreativitas mengandung misteri dan datang diliputi misteri. Gagasan berkembang dalam misteri. Jadi yakin saja. Ketika menye diri kita melakukan pengembaraan spiritual, ziarah dan mudik ke dalam diri. Sehingga kita bisa lebih mengenal diri dan mengembangkan potensi dalam diri

Kedua: Mendekatkan diri kepada Allah.

Kedekatan kita dengan Allah  secara spiritual dapat membuat kita berpikir lebih kreatif karena kita adalah makhluk yang paling sempurna dan dengan dekat kepada Allah kita akan menyadari betapa banyaknya ciptaan Allah di alam semesta ini yang harus kita manfaatkan dan kembangkan menjadi sesuatu yang berguna dan dapat membahagiakan banyak orang.

Berzikir adalah cara yang paling mudah dan cepat untuk mendekatkan diri pada Allah. "Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku." (QS. Al Baqarah: 153).

Zikir memberi kita pencerahan. Jika kamu tidak berdzikir, maka kita mematikan cahaya di hati kita. Zikir adalah kuncinya untuk hidup, melihat, mendengar, merasakan, dan mendapat Petunjuk-Nya.

Dengan menyebut satu diantara nama Allah secara berulang-ulang, maka seseorang akan merasakan kebersamaan dengan Allah, sebagaimana diterangkan dalam sebuah hadis:

“Hamba-Ku selalu mendekati-Ku dengan amal nawafil (sunnah), sehingga Aku menciptakannya. Maka Aku akan menjadi pendengarannya yang dengannya ia mendengar, menjadi penglihatannya yang ia melihat dengannya, menjadi tangannya yang ia memegang dengannya, dan menjadi kakinya yang dengannya ia berjalan."

Apabila seseorang hamba memperbanyak ibadah, Allah akan mendekat kepadanya dan akan menjadi penjaganya. Mata, telinga, dan yang lainnya akan mengikuti keinginan Allah. (az).

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.