-->
logo

Agama dan Spiritualitas Penting untuk Kesehatan Masyarakat: Bukti, Implikasi, dan Sumber Daya

Hot News

Hotline

Agama dan Spiritualitas Penting untuk Kesehatan Masyarakat: Bukti, Implikasi, dan Sumber Daya

 

SKJENIUS.COM, Cikarang.— Peran agama dan spiritualitas dalam peningkatan kesehatan menjadi perhatian utama bagi Jamaah Majelis Dakwah Al-Hikmah (MDA) sejak 23 tahun lalu. Hal tersebut semakin gencar dibahas dalam berbagai seminar, diskusi dan publikasi yang berorientasi medis dalam beberapa tahun terakhir.  Majelis Dakwah Al-Hikmah yang mengembangkan Metode Dakwah Problem Solving mendefinisikan spiritualitas sebagai "Kualitas batin yang memfasilitasi keterhubungan dengan Allah, diri sendiri, orang lain, dan alam." 

Sedangkan, Ketua Dewan Syura Majelis Dakwah Al-Hikmah, Kyai Ageng Khalifatullah Malikaz Zaman dalam bukunya “Sehat Tanpa Obat” menggambarkan bentuk lain dari spiritualitas sebagai "kualitas dasar atau inheren dalam semua manusia yang melibatkan kepercayaan pada sesuatu yang lebih besar dari pada diri dan keyakinan yang secara positif menegaskan kehidupan."


Sementara itu,  menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Agama atau Religi adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.


Jadi dapat Dapat disimpulkan bahwa spiritual fokusnya lebih ke JIWA/ROHANI seseorang. Sedangkan religifokusnya lebih ke KEPERCAYAAN/AGAMA. Dengan kata lain, orang yang spiritual adalah orang yang BAIK, sedangkan orang yang religius adalah orang yang TAAT dengan agamanya.


Berbicara soal Kesehatan, maka Islam lah Agama yang menganjurkan umatnya untuk Hidup Sehat. Islam mengatur cara tidur yang sehat, makan bergizi, lingkungan harus resik. Bahkan, kebersihan adalah sebagian dari iman. Menurut penelitian para dokter dan pengalaman kami sebagai Al-Hikmah Therapist di Rumah Sehat Al-Hikmah, terbukti bahwa berbagai Ritual Islam seperti Shalat, Membaca Al-Qur’an, Puasa, Qiyamul Lail dan Shalat Tahajud sangat bermanfaat untuk pengobatan dan menjaga kesehatan. 


Tidak hanya itu, pada waktu sepertiga malam terakhir, Allah SWT berjanji akan mengabulkan do’a yang dipanjatkan oleh hamba-Nya. Seiiring dengan itu, Shalat Tahajud juga bermanfaat untuk mengobati penyakit yang menyerang tubuh. Berikut lima penyakit yang dapat disembuhkan dengan rutin menjalankan Shalat Tahajud,Mengobati DiabetesMencegah Pembengkakan Jantung, Mencegah Penyakit Hipertensi dan Hipotensi, Mengontrol Emosi, Kemoterapi Kanker Tanpa ada Efek Samping.


Allah SWT sangat menyukai kebersihan. Itulah sebab umat Islam yang ingin menunaikan shalat diwajibkan bersuci dengan  berwudhu Hal ini agar kita saat berhadapan dengan Allah terjaga dari najis.


Bahkan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menegaskan: “Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu." (HR. Tirmizi).


Sehubungan dengan hal itulah, para ‘Ulama, Da’i dan Mubaligh Majelis Dakwah Al-Hikmah sangat menekankan perhatian Kesehatan Masyarakat yang khas untuk mempromosikan kesehatan dan mencegah penyakit dalam masyarakat, negara, dan komunitas, serta individu. Bahkan, sebagian besar ‘Ulama dan Da’i Al-Hikmah adalah Spiritual Therapist.


Terapi Al-Hikmah melalui Zikir untuk Mengobati Penyakit Kronis


Terapi Al-Hikmah adalah pengobatan atau penyembuhan berdasarkan keyakinan kepada Allah dengan ajaran dan tuntunan yang diajarkan Agama, di dalam Al-quran adalah pedoman bagi seluruh umat manusia, menjelaskan bahwa setiap “penyakit ada obatnya” asal manusia itu mau bersyukur dan berserah diri pada Allah. 


Sedangkan Zikir adalah metodologi peringatan, motivasi, controling, dan ibadah kepada Allah SWT. Zikir mengantarkan individu kesuatu kondisi kesadaran akan pentingnya dekat dengan Allah, semakin dekat dengan Allah semakin membuatnya sadar akan kebesarannya, dan berada dalam pengawasan dan penjagaan yang tidak pernah pupus. 


Keyakinan tentang esensi pengawasan Allah melalui zikir, melahirkan pola kesadaran bahwa individu selalu mendapat pengawalan dan monitoring terhadap perilaku baik maupun buruk. Perilaku baik maupun buruk mendapat balasan dari Rabb-Nya, sekalipun sekecil Zarrah (atom). Oleh karena itu Terapi Al-Hikmah menjadi solusi yang sangat cocok bagi penderita gangguan penyakit kronis, terutama penyakit Gangguan Psikosomatisdan gangguan jiwa


Sesungguhnya gangguan jiwa adalah gejala atau pola tingkah laku psikologi yang tampak secara klinis yang terjadi pada seseorang dari hubungan dengan keadaan distres (gejala yang menyakitkan) atau ketidakmampuan (gangguan pada satu area atau lebih dari fungsi-fungsi penting) yang meningkatkan resiko terhadap kematian, nyeri, ketidakmampuan atau kehilangan kebebasan yang penting dan tidak jarang respon tersebut dapat diterima pada kondisi tertentu. 


Bagaimana Terapi Al-Hikmah melalui zikir ini bekerja dalam membantu penderita berbagai penyakit kronis dan gangguan jiwa dapat Anda saksikan di Rumah Sehat Al-Hikmah, Cikarang, Jawa Barat dan berbagai cabangnya di pelosok Nusantara. Alhamdulillah, Metode Pengobatan Al-Hikmah sudah terbukti  manjur selama 23 tahun di Rumah Sehat Al-Hikmah dan cabangnya di berbagai kota di Bumi Nusantara. 


Konsultasi Gratis di Rumah Sehat Al-Hikmah


Dalam upaya membantu umat dan meningkatkan kesehatan masyarakat, Majelis Dakwah Al-Hikmah mengembangkan konsep RUMAH SEHAT AL-HIKMAH dengan motto Sehat Bersama Sunnah Nabi SAW, perpaduan ilmiah Ramuan Herbal Nusantara dan terapi pengobatan Sunnah Nabi Muhammad SAW. Fisik dan Psikis menjadi sehat dengan pengobatan cara Nabi ini, dari pengobatan spiritual, herbal hingga ruqyah dan bekam sesuai sunnah Nabi.


Rumah Sehat Al-Hikmah sudah berdiri sejak tahun 1997 dan saat ini memiliki cabang di sembilan kota. Beroperasi untuk pelayanan umat setiap hari. Dengan motto Sehat Bersama Sunnah Nabi, menghadirkan pelayanan Therapy Al-Hikmah, herbal sekaligus pengobatan cara Nabi atas berbagai penyakit kronis, baru maupun lama yang tak mungkin disembuhkan di tempat lain.


Rumah Sehat Al-Hikmah adalah Tempat Praktek Pengobatan dan Perawatansekaligus   Laboratorium untuk mendukung Penelitian dan Pengembangan (Research and development)  Metode Dakwah Problem Solving yang dikembangkan oleh Majelis Dakwah Al-Hikmah. Praktek pengobatan di Rumah Sehat Al-Hikmah menggunakan Al-Hikmah Therapy.


Insya Allah, kami dapat membantu Anda agar hidup sehat dan sejahtera. Kami juga melayani konsultasi spiritual GRATIS setiap hari.


Bagi Anda yang ingin Konsultasi Spiritual dan Kesehatan. Silakan hubungi Rumah Sehat terdekat di kota Anda.


Contact Person :

  • Suhu Rosi Wibawa - 089505793048
  • KH. Rosyid Sobri – 08127890686
  • Irawan Wijaya,SE - 08813281367
  • Nita Yuliana - 085210132089 
  • Suhu Indra Wijaya - 0895603862974
  • Mbah Jamal Al-Hikmah – 087884909077
  • M Yahya Purnomo, SE - 081649750828
  • Ust. Usri Andi - 085270629655


This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.