-->
logo

RELAXATION RESPONSE : Manfaat Teknik Zikir Nafas Al-Hikmah untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Hot News

Hotline

RELAXATION RESPONSE : Manfaat Teknik Zikir Nafas Al-Hikmah untuk Kesehatan Fisik dan Mental


SKJENIUS.COM, Jakarta.-- ALHAMDULILLAH ! Berbagai Bukti Otentisitas dan Kejaiban Ayat-ayat Al-Qur'an semakin meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan kita di tengah Pandemi Covid-19 ini. Meski Al Qur’an diturunkan 14 abad lalu, namun ayat-ayatnya banyak yang menjelaskan tentang masa depan dan kesehatan serta bersifat ilmiah. Bahkan dengan kemajuan ilmu dan teknologi saat ini, banyak ayat-ayat Al Qur’an yang terbukti kebenarannya. Para ilmuwan telah berhasil membuktikan kebenaran itu melalui sejumlah eksperimen penelitian ilmiah.

Dr. Herbert Benson, seorang dokter medis Amerika, ahli jantung, meneliti tentang dampak zikir di kalangan Sufi terhadap kesehatan dan pengobatan, menyatakan bahwa teknik zikir nafas adalah cara yang paling ampuh untuk meredakan stres dan mendatangkan ketenangan dengan mengaktifkan respons relaksasi alami tubuh

Allah Subhanu wa Ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an : "Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (Qs. ar-Ra’du: 28).

Menurut pendiri Mind / Body Medical Institute di Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston itu, teknik zikir yang dilakukan para sufi itu, secara medis adalah mengaktifkan respons relaksasi alami tubuh. Hebert Benson kemudian menciptakan teknik peredaan stress yang diadopsi dari teknik Zikir Sufi itu. Teknik itulah yang kemudian dikenal dengan istilah Relaxation Response.

Respon Relaksasi (Relaxation Response)  Hebert Benson merupakan cara dalam menetralisir efek toksik dari stress kronis.

Adapun yang dapat dilakukan untuk mendapatkan respon relaksasi tersebut menurut Hebert Benson , yaitu:

  1. Gunakan satu kata, frase, atau do'a, atau mungkin fokus dengan pernapasan selama latihan.
  2. Lakukan dalam posisi dan tempat yang membuat Anda nyaman.
  3. Tutuplah mata Anda. 
  4. Lemaskan seluruh otot Anda.
  5. Bernapaslah pelan-pelan dan ucapkan satu kata yang Anda ingin fokuskan ketika menghela napas.
  6. Pertahankan posisi pasif. Jangan khawatir apapun yang Anda akan lakukan atau bahkan terlintas pikiran lain, bicaralah dalam hati “baiklah” lalu kembali ke kata yang Anda fokuskan.
  7. Lakukan selama 10 sampai 20 menit.
  8. Kemudian bukalah mata, semenit kemudian barulah mulai berdiri.
  9. Lakukan latihan ini 1-2 kali sehari

Respon Relaksasi akan terasa manfaatnya setelah melakukan latihan rutin selama 1-2 bulan. Namun, bila Anda melakukannya lebih dari setahun maka Anda mampu mengontrol emosi dan Anda lebih tenang.

Berzikir dengan teknik zikir nafas  merupakan tradisi tua di kalangan para Sufi sejak ribuan tahun yang lalu. Penelitian Dr. Herbert Benson menunjukkan bahwa dengan Teknik Zikir Nafas  dapat menurunkan konsumsi oksigen, metabolisme dalam tubuh dan sistem kerja saraf simpatis. 

Kesimpulan itu diambilnya setelah mempelajari banyak literatur religius dan sekuler dunia serta meneliti praktek zikir nafas para Sufi selama dua tahun, Dr. Herbert Benson menemukan bahwa hampir setiap peradaban manusia menggunakan beberapa bentuk praktik ini, seringkali religius.  Setelah uji klinis lebih lanjut, ia menamai efek pikiran-tubuh sebagai "respons relaksasi" (RR), untuk menggambarkan perubahan fisiologis seperti penurunan metabolisme, laju pernapasan, dan detak jantung yang terjadi selama keadaan relaksasi.

Using the Dhikr Response to Reduce Stress

Guru Mursyid kita, Allahyarham Syaikh Inyiak Cubadak mengingatkan mengingatkan, manusia yang di akhir hanyatnya, nampak terlihat hatinya gelap tanpa terisi keimanan dan berzikir kepada Allah itulah suul khatimah. Oleh karena itu, selayaknya kita harus berusaha secara terus menerus menyiapkan diri semaksimal mungkin  untuk meraih husnul khatimah.

"Jadikan di setiap aktivitas dan bernafas terisi oleh zikir dan istighfar kepada Allah agar diri kita selalu dalam kondisi ingat kepada-Nya," kata Beliau.

Sebagai peringatan diri ketika bernapas, dimungkinkan itulah saat napas terakhir kita. Maka jangan menunda-nunda untuk melakukan kebaikan atau berzikir kepada Allah dalam setiap napas.Takutlah membiarkan napas tak bermakna. Isilah dalam setiap napas bermanfaat dengan selalu berzikir.

Karena itulah, teknik zikir nafas menjadi suatu amalan utama para sufi. Kaum Ariefbillah dan     ahli  Ruhani amat mementingkan latihan pernafasan. Bila pernafasan baik, maka akan baiklah perjalanan ruh dengan Rabb-nya.

Menurut Guru Mursyid kita, Nafas adalah kembaran bagi Ruh. Jadi, Ruh adalah hakikat dan nafas adalah syariatnya di alam ini. Ruh ibarat kapal, ombak bagaikan nafas. Jika tenang ombak, tenanglah perjalanan kapal. Begitu juga Ruh, jika nafas seorang hamba tenang, maka ia memberi kesan pada ruhnya.

Zikir Nafas adalah proses zikir yang dilakukan seirama dengan irama naik-turun nafas. Zikir ini adalah Zikir Sir, karena tanpa ada Kata - Kata dan Suara.

Pada saat Berzikir Nafas, maka harus di-iringi dengan Shudur atau rongga yang ada dalam diri kita Membuka, Melapangkan, Melepaskan  beban dan kekakuan, menghilangkan segala Keinginan atau kebesaran diri.

"Barang siapa dikehendaki Allah akan mendapat hidayah, Dia akan Membukakan Shudur (Rongga) nya untuk berserah diri (Islam). Dan barang siapa dikehendaki-Nya menjadi sesat, Dia jadikan Shudur (Rongga) nya sempit dan sesak, seakan - akan dia mendaki ke langit. Demikianlah Allah menimpakan siksa kepada orang - orang yg tidak beriman.” (QS. Al-An'am :125)

Sang Zakir mesti berusaha sebaik mungkin untuk mencapai kesempurnaan dalam zikir ini, dan kesempurnaan pun dicapai manakala pernapasan itu sendiri sudah menjadi zikir, tanpa kemauan dan kesadaran sang zakir. Mula-mula, zikir ini dilakukan seribu kali sesudah shalat ‘IsyĆ¢’, dan lima ratus kali sesudah shalat Subuh. Jumlahnya semakin meningkat dan bertambah hingga zikir ini terucap dengan sendirinya.

"...orang - orang yg Dibukakan Shudur-nya oleh Allah untuk berserah diri lalu dia mendapat Cahaya dari Rabb-nya.....” (QS. Az Zumar :22)

Maka jangan menunda-nunda untuk berzikir kepada Allah dalam setiap napas.Takutlah membiarkan napas tak bermakna. Isilah dalam setiap napas bermanfaat dengan selalu berzikir.

Dengan demikian, “kesadaran akan napas” atau teknik zikir nafas adalah inti praktik kontemplatif kaum Sufi. Latihan zikir pernapasan merupakan satu cara membangun kesadaran dan berkonsentrasi dengan melakukan relaksasi dan menenangkan tubuh, perasaan, dan pikiran.

Sesuai ajaran Sufi, tujuan akhir zikir adalah Tenggelam dalam Samudera Tauhid Tak Berpantai atau disebut juga dengan istilah Fana Fillah dan Baqa Billah serta  berakhirnya segala penderitaan, sehingga sang zakir mencapai taraf S4, Susah, Senang, Sama, Saja.

Artinya Fana di dalam keadaan Zat Allah Ta’ala dan kekal selama-lamanya. Yakni tiada lagi rasa dan kelihatan diri kita hanya yang kelihatan dalam Ilmu Zat Allah Ta’ala semata-mata. Itulah yang dinamai Fana Fillah.

Barang siapa tidak merasa, ia mendapat anugerah. Kalau kita sudah sampai kepada tidak merasa apa-apa, itulah yang dikatakan fana dan lenyap dalam praktik. Pada waktu ibadah itulah yang paling utama berkekalan Hakikat maka martabatmu meningkat kepada maqam Baqa’ Billah. Artinya berkekalan dalam Zat Allah Ta’ala semata-mata.

Selain kaum Sufi, banyak orang yang berlatih meditasi pernapasan karena manfaat yang lain, misalnya untuk menjalin keterhubungan dengan tubuh dan pikiran, berlatih menyadari kekinian, dan menikmati indahnya keheningan

Bernapas dengan baik sangat diperlukan untuk melancarkan sirkulasi dan peredaran darah dalam tubuh serta mengurangi stres. Praktek Zikir Nafas juga mengatur ulang napas membantu pasokan oksigen ke pikiran dan tubuh. Sistem saraf otonom yang menangani detak jantung atau percernaan dibuat ulang dengan teknik pernapasan ini.

7 Manfaat Teknik Zikir Nafas Al-Hikmah

Ilmu mengatur nafas, sesungguhnya sudah berkembang di Bumi Nusantara ini sejak Era Nenek Moyang kita. Tentu kita akan menemukan berbagai istilah dan teknik yang berkaitan dengan Ilmu Pernafasan ini.

Di dalam masyarakat Minangkabau adalah istilah, "Salasaikan Hangok baru Mengecek." Artinya, selesaikan irama pernafasan jika akan berbicara.

Sedangkan dalam masyarakat Jawa dan Sunda, kita mengenal istilah Semedi atau Meditasi. Semedi atau samadhi adalah praktik relaksasi dengan pengaturan nafas yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. 

Sebagaimana sudah kita sebutkan di atas teknik pernapasan dapat membantu meningkatkan kesehatan dalam berbagai cara, termasuk penurunan berat badan dan pengaturan tekanan darah. Latihan pernapasan dalam sangat membantu untuk menurunkan stres dan kecemasan.

Baru-baru ini, para peneliti di University of Colorado Boulder menemukan bahwa rutinitas pernapasan lima menit dapat meningkatkan kesehatan otak dan jantung. Disebut sebagai inspiratory muscle strength training (IMST), para peneliti menemukan bahwa teknik pernapasan lima menit dapat secara signifikan menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kinerja kognitif dan fisik.

Inilah tujuh manfaat besar yang bisa Anda dapatkan dari berdiam diri sejenak dan mulai mengatur napas.

1. Merangsang pertumbuhan otak.

Pengaturan napas yang dilakukan dengan meditasi dapat meningkatkan ukuran otak. Menurut studi tahun 2005 di Harvard, meditasi yang memfokuskan pada napas memiliki kapasitas untuk meningkatkan ketebalan korteks otak.

2. Meningkatkan variabilitas denyut jantung.

Variabilitas (interval waktu di antara detak jantung) denyut jantung yang rendah berhubungan dengan tingginya risiko serangan jantung. Sebuah studi tahun 2012 membuktikan, latihan bernapas dalam dapat memperbaiki variabilitas denyur jantung pada orang yang sehat.

3.Menurunkan kadar stress.

Saat napas pendek-pendek, kita cenderung lebih mudah stres. Sehingga duduk dan mengatur napas satu atau dua menit dapat membantu tubuh untuk lebih tenang dan rileks.

4. Detoksifikasi tubuh.

Latihan pernapasan dalam dapat membantu sistem limfatik berfungsi dengan baik, yang mendorong keluarnya racun dan limbah berbahaya dari sistem kekebalan tubuh. Selain itu, bernapas secara dalam juga dapat membantu membersihkan tubuh sambil membantu organ-organ dalam proses detoksifikasi.

5. Meringankan cemas dan emosi negatif

Saat panik atau cemas, banyak dari kita yang bernapas pendek-pendek. Ini adalah reaksi natural dari tubuh saat mengalami tekanan. Berfokus pada napas dapat meringankan cemas, depresi, dan emosi negatif lain. Sebuah studi asal Australia menemukan, bernapas dalam selama 30 menit sebelum tampil di depan umum efektif mengurangi "demam panggung".

6. Meningkatkan kapasitas paru-paru.

Pernafasan dalam secara teratur dapat sangat bermanfaat bagi orang-orang dengan kondisi pernapasan, termasuk penyakit paru obstruktif kronis (COPD), asma, karena dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru. Diyakini bahwa melakukan latihan pernapasan dalam secara teratur dapat membantu memperkuat otot diafragma dan kantong udara di dalam paru-paru. Dengan demikian, cara ini dapat membantu paru-paru mengeluarkan racun dan mengirimkan oksigen ke darah dengan kecepatan yang lebih tinggi.

7. Meringankan rasa sakit.

Mengambil napas dalam-dalam juga dpaat membantu mengoksidasi darah, memicu otak untuk melepaskan endofrin. Endofrin merupakan bahan kimia di otak yang dapat mengurangi tingkat rasa sakit dan stres dalam tubuh.

Semoga tulisan ringkas ini bisa bermanfaat untuk Anda. Silakan Anda share kepada karib kerabat Anda. Seiring dengan itu, tentu saja saya berharap agar para pemirsa dapat memberikan saran dan kritiknya. Kami mengharapkan partisipasi Anda semua. Wassalam. (az).


RUMAH SEHAT AL-HIKMAH

Jika Anda memerlukan Buka Aura, Konsultasi Bisnis dan Spiritual, Pengobatan serta Ruqyah Diri dan Kantor, silakan berkunjung ke :

Jl. Raya Sukamantri No.110, Cikarang, Jawa Barat.

Contact Person :

Ustadz Harun Zen, S.Ag – 082211886583
Suhu Rosi Wibawa, S.Kom - 089505793048
KH. Rosyid Sobri – 08127890686
Ustadz Usri Andi - 085270629655
Irawan Wijaya,SE - 08813281367
Nita Yuliana - 085210132089
Suhu Indra Wijaya - 0895603862974
Mbah Jamal Al-Hikmah – 087884909077
Ustadz Rofiq Sururi - 0822-2169-4482



This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.