-->
logo

Peran Spiritualitas dalam Menciptakan Peluang Bisnis di tengah Resesi

Hot News

Hotline

Peran Spiritualitas dalam Menciptakan Peluang Bisnis di tengah Resesi

SKJENIUS.COM, Jakarta.-- Terus terang tantangan terbesar yang saya hadapi selama 6 bulan terakhir Era Social Distancing ini adalah, "Bagaimana  Menciptakan Peluang Usaha di tengah Kondisi Perekonomian yang Porak-poranda ini?" Mengingat saat ini telah banyak masyarakat yang kebingungan mau berbuat apa di saat menghadapi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini. Sementara itu, daya beli semakin merosot. Badai PHK pun datang menerjang, pengangguran bertambah. Kemiskinan meningkat. Apalagi bayang-bayang resesi sudah di depan mata.

Sebagai seorang Spiritual Business Consultant, suatu inovasi yang dapat menciptakan peluang usaha ini penting untuk dilakukan dan terus dikembangkan. Dimana peluang usaha ini dapat berasal dari mana saja entah itu dari meniru ide bisnis lain dengan menambahkan kreasi yang berbeda atau dapat muncul secara tiba-tiba dengan berbagai faktor pendukung lainnya.

Maka, muncullah pertanyaan dari berbagai kalangan, "Seperti apa cara menciptakan peluang usaha yang dapat meningkatkan pendapatan?"

Pada dasarnya menciptakan peluang usaha dapat dikatakan suatu hal yang tidak mudah, kita  membutuhkan suatu pertimbangan yang matang untuk mengetahui apakah peluang tersebut dapat dijalankan dengan baik dan optimal. Seiring dengan itu, kita perlu melakukan perjalanan spiritual ke Pusat Kesadaran kita (Journeying to the Center of our Consciousness) untuk Menjemput Petunjuk dari Hadhirat-Nya.

A Spiritual Path to Higher Creativity

Berbicara tentang Menciptakan Peluang Bisnis sangat berkaitan erat dengan Kreativitas dan Inovasi. Dalam berbisnis dibutuhkan ide-ide segar yang dapat memunculkan suatu inovasi atau terobosan, yang berakibat pada tingginya angka penjualan. Ide-ide segar hanya dapat dimunculkan oleh merekq yang kreatif. Dapat dikatakan bahwa tingkat kreativitas menentukan pula tingkat produktivitas.

Arti dari kata ‘kreatif’ sendiri adalah menciptakan sesuatu yang berbeda dari yang lain, atau menghubungkan hal-hal yang tadinya tidak berhubungan. Sedangkan arti dari kata ‘inovatif’ adalah menciptakan sesuatu yang belum pernah ada menjadi ada atau menciptakan sesuatu yang sama sekali berbeda. Hal-hal itulah yang sejatinya diperlukan dalam Menciptakan Peluang Bisnis di tengah Resesi Ekonomi.

Untuk itulah Anda perlu Jalan Spiritual Menuju Kreativitas Yang Lebih Tinggi. Prinsip dasarnya adalah Anda harus Meyakini  bahwa Allah adalah Sang Pencipta yang Maha Kreatif dan terus menerus mencipta. Allah  adalah sumber kreativitas bagi manusia. Ada enerji kreatif yang disebut listrik spiritual. Apabila manusia mampu mengaksesnya maka kreativitas akan bangkit. Manusia harus berusaha menggapai Allah untuk menjadi saluran penciptaan dari-Nya.

Jadi, manfaatkanlah suasana Stay at Home untuk mengakses Sumber dari segala Sumber  Kreativitas dan Inovasi itu. Duduklah dengan relaks. Tutup Mulut dan Hidung, tenangkan diri, atur nafas, kendalikan pikiran. Buka telinga dan dengarkan Suara-Nya.

Di dalam keramaian tak akan ada ketentraman dan ketenangan. Karena itulah kita butuh menghindari kerumunan agar bisa melakukan self Quarantine. Sehingga kita bisa menyendiri, menikmati waktu untuk diri sendiri. Dengan menikmati waktu sendirian, Anda bisa lebih mengenal diri, bahkan mengembangkan potensi dalam diri.

Dalam buku A Return To The Self, psikiater Inggris, Anthony Storr  menjelaskan bahwa kesendirian dapat meningkatkan kreativitas, spiritualitas, dan intelektualitas seseorang. Dengan menyendiri membantu Anda berfikir dan menemukan kesimpulan tentang dunia ini, dan hal ini membuat Anda berpikir dewasa. Menyendiri juga membuat kita keluar dari pola aktivitas sehari-hari, mengerjakan sesuatu yang berbeda sehingga membuat kita hidup lebih seimbang.

Anda bisa melakukan banyak hal ketika meluangkan waktu menyendiri. Berzikir, menjadi cara ampuh untuk relaksasi, mengembalikan energi dan memberikan kejelasan dalam hidup. Saat ini, kita tak ada pilihan lain harus "Narimo ing Pangdum", Berserah Diri Pada Allah. Tawakal pada-Nya.

Menerima apa adanya adalah juga memfasiltasi kreativitas. Zikir bisa membawa kita ke sumber batiniah. Gagasan akan mengalir dalam qalbu. Zikir akan memulihkan rasa berkeyakinan. Lepaskan kekangan. Yakinlah bahwa anda hidup, kaya, bahagia, dan ada jalan di depan yang akan terbuka.

Pasrahlah karena kreativitas mengandung misteri dan datang diliputi misteri. Gagasan berkembang dalam misteri. Jadi yakin saja. Zikir adalah sebuah pengembaraan spiritual, ziarah dan mudik ke dalam diri. Anda akan mendapatkan sesuatu jika anda melakukannya dengan khusyu' dan pasrah diri. Kita pun merasa semakin dekat dengan-Nya.

Ibnu Qayyim berkata, “Rasulullah SAW senantiasa berdzikir kepada Allah SWT. Nafasnya, perkataannya dan segala perilakunya adalah dzikir kepada Allah SWT.”

Beliau berdzikir kepada Allah di saat berdiri, duduk, maupun rebahan. Beliau tidak pernah bergerak melainkan berdzikir kepada Allah. Dan beliau juga tidak pernah diam melainkan berdzikir kepada-Nya. Jika berkhutbah, beliau menyebut Allah. Dan jika berbicara, beliau juga menyebut Allah.

Dengan demikian, beliau telah melaksanakan perintah Allah dalam firman-Nya, yang artinya, “Dan sebutlah (nama) Rabbmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut (khifah), dan tidak dengan mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.” (QS. Al A’raf: 205).

Kedekatan kita dengan Allah secara spiritual dapat membuat kita berpikir lebih kreatif karena kita adalah makhluk yang paling sempurna dan dengan dekat kepada Allah. Kita akan menyadari betapa banyaknya ciptaan Allah  di alam semesta ini yang harus kita manfaatkan dan kembangkan menjadi sesuatu yang berguna dan dapat membahagiakan banyak orang.

Entrepreneur Menciptakan Peluang Usaha, Bukan hanya Memanfaatkan

Semoga urain singkat di atas dapat meyakinkan Anda bahwa Peluang Bisnis itu harus dijemput ke Sisi-Nya. Jika Anda hanya menunggu peluang datang begitu saja, maka sampai kapanpun Anda tidak akan bisa maju. Ketahuilah, bahwa sebenarnya peluang itu tidak selalu datang dengan sendirinya. Sebuah peluang datang ketika kita berusaha untuk mencari dan menciptakannya.

Misalnya saja seorang entrepreneur, Ia menciptakan ide bisnis atau peluang bisnis ketika Ia sedang menghadapi sebuah masalah. Mungkin sebagian orang menganggap masalah adalah sebuah cobaan, namun beda halnya dengan seorang entrepreneur. Ia akan berpikir bahwa sebuah masalah akan memberikan satu peluang baru untuk mengembangkan bisnisnya.

Karena itu, seorang Entrepreneur tidak menjadikan masalah sebagai hambatan yang berarti, justru mereka melihat peluang dalam suatu masalah. Seorang Entrepreneur sejati selalu berpikiran positif dan terbuka untuk terus berkreasi dan berinovasi demi bisa mencapai apa yang menjadi tujuannya

Memutuskan untuk menjadi Entrepreneur berarti anda memutuskan untuk memiliki tekad, ketekunan, dan modal yang cukup untuk memulainya. Modal terpenting menjadi wirausahawan yang sukses adalah pantang menyerah dan terus berusaha meski harus diakui banyak yang menyerah sebelum sukses.

Semoga Allah memberi petunjuk dan membukakan Peluang Bisnis Baru dan memberi kemudahan serta kelancaran dalam  segala kegiatan Bisnis yang sedang Anda lakukan saat ini. (az).




This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.