-->
logo

KEPEMIMPINAN SPIRITUAL : Solusi Krisis Kepemimpinan di Era Generasi Millenial

Hot News

Hotline

KEPEMIMPINAN SPIRITUAL : Solusi Krisis Kepemimpinan di Era Generasi Millenial

SKJENIUS.COM, Jakarta.-- MIRIS! Negeri ini memang paradoksal. Indonesia ialah negara besar, tetapi sudah berpuluh-puluh tahun gagal menunjukkan kebesarannya.

Penduduk Indonesia tercatat 279 juta orang, tetapi teramat sukar mencari seorang pemimpin yang mampu meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Karuan saja, sampai Februari 2022, masih ada 8,4 Juta Pengangguran di Tanah Air. Seiring dengan itu BPS melaporkan 26,16 juta orang miskin pada Maret 2022.

Padahal, konsepsi politik, mengajarkan kepada kita bahwa negara merupakan suatu titik di mana orang-orang meletakkan harapan dan cita-cita bersama. Pada titik inilah, orang-orang bersepakat untuk mengatur dan menata kehidupan dalam upaya mencapai kesejahteraan hidup.

Maka, pemimpin negara dan pemerintahan, berkewajiban mencarikan jalan untuk mewujudkan tujuan bernegara yang bermuara pada kesejahteraan rakyatnya. Karena itulah, berbagai sejarah suksesi kepemimpinan Nusantara  menunjukan, jika  pemimpin tidak mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat, maka amanat penderitaan rakyat akan lahir

Lahirnya amanat penderitaan rakyat akan memberikan jalan suksesi pergantian seorang pemimpin di Nusantara. Semakin banyak kesalahan dan kekeliruan yang dikerjakan oleh penguasa, akan semakin besar pula kekecewan rakyat. Jika Rakyat sudah kecewa, Maka Kewibawaan Pemerintah pun Tidak Ada.

People Power adalah Suara Tuhan

Seorang pemimpin seharusnya menyadari bahwa seringkali suara rakyat adalah merupakan suara Tuhan, jadi jangan abaikan aspirasi rakyat. Pasalnya, People Power atau “kekuatan rakyat,” bisa terjadi dan muncul dalam aneka bentuk, Demontrasi, Kritik, Protes dan lain-lain.

Ketika Rakyat Sudah BergerakSekuat Apapun Rezim yang Berkuasa Tentu akan Tumbang. Rakyat menginginkan perubahan dan pergantian pemimpin yang dinilai tidak lagi membela kepentingan masyarakat.

Kita bedo’a semoga pemimpin di Era Generasi Millenial ini mampu membawa Indonesia dalam keadilan dan kemakmuran serta kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. Sehingga Indonesia menjadi kuat di mata dunia.

Karena itulah Indonesia membutuhkan pemimpin yang memiliki hati yang bersih, pikiran positif serta memiliki sikap yang baik dan bijaksana. Kebaikan dan kebijaksanaan adalah nilai-nilai spiritual yang tidak ada kaitannya dengan pendidikan, usia, kekayaan, jabatan, jenis kelamin, bahkan agama.

Seperti kita ketahui bersama bahwa manusia itu tidak hanya terdiri dari tubuh atau fisik yang bisa terlihat wujudnya saja, melainkan juga ada yang tersembunyi di baliknya. Yang tersembunyi (inner power) itu adalah jiwaakal, pikir dan hati nurani.

Nah, bagian dari diri kita yang tersembunyi itu sesungguhnya adalah kekuatan yang sangat besar yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik dan bijaksana.

Insya Allah melalui paparan ringkas ini, kami berupaya mendeskripsikan peran kepemimpinan spiritual sebagai Solusi untuk mengatasi Krisis Kepemimpinan di Era Generasi Millenial ini.

Kepemimpinan spiritual adalah kepemimpinan yang membawa dimensi keduniawian kepada dimensi spiritual. Karena itu, kepemimpinan spiritual sering disebut juga kepemimpinan yang berdasarkan pada etika ilahiyah.

Allah adalah pemimpin sejati. Dia yang memberi ilham, mempengaruhi, melayani dan menggerakkan hati nurani hamba-Nya dengan cara yang sangat bijaksana melalui pendekatan etis dan keteladanan.

Allah Memimpin di Segala Jalan. Jalan Lahir Maupun Batin. Meskipun jalan-jalan yang harus kita lalui acapkali terasa tidak menyenangkan. Namun sesungguhnya Allah tahu persis jalan mana yang harus ditempuh untuk sampai ke tempat tujuan

Allah membimbing kita kepada cahaya-Nya : Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis/ nuurun ‘ala nuurin), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki.” (QS. An-Nuur:35)

Kepemimpinan Spiritual Sangat Efektif

Sejarah Nusantara mencatat dengan tinta emas bahwa kepemimpinan spiritual ala Maha Patih Gadjah Mada dari kerajaan Majapahit terbukti berhasil membawa kemajuan suatu negara.

Demikian pula kepemimpinan spiritual Sunan Gunung Jati dari Kesultanan Cirebon. Raden Fatah di Kesultanan Demak pun telah meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang Beliau pimpin.

Seiring dengan itu masih ada sederet kisah heroik para pemimpinan spiritual di Bumi Nusantara ini, seperti Ratu Kalinyamat, Sultan Agung, Pangeran Diponegoro, Tuanku nan Renceh, Sultan Hasanuddin, Sultan Iskandar Muda, Sultan Alam Bagagar Syah dan lainnya

Kepemimpinan spiritual sangat efektif untuk membangun masyarakat madani. Kepemimpinan spiritual terbukti mampu menggerakkan masyarakat untuk meningkatkan Kualitas Hidup Umat

Kepemimpinan berlandasan spiritual itu menyangkut beberapa hal, sebagai berikut :

  1. Kepemimpinan yang didasarkan pada kesalehan 
  2. Hati, kepala, dan tangan mereka digunakan untuk melayani umat.
  3. Pemimpin Spiritual menegakkan keadilan bagi yang dipimpinnya.
  4. Spiritualitas yang berkembang dalam kepemimpinan adalah spiritualitas asketis, ketaatan yang intensif kepada Allah SWT.

Seorang Pemimpin Spiritual rela bersusah payah, tak kenal waktu dan lelah untuk memberikan kontribusi terbaiknya.

Ia bekerja bukan semata karena jabatannya, melainkan panggilan hati nuraninya, panggilan spiritualitasnya sebagai hamba Allah dan mendedikasikan seluruh hidupnya untuk Allah.

Dengan demikian, Kepemimpinan Spiritual itu  Menggerakkan Orang ke Agenda Allah, antara lain:

  1. Beribadah Kepada Allah SWT
  2. Menjadi Khalifah-Nya di Bumi,
  3. Menegakkan Keadilan,
  4. Amar Ma'ruf Nahi Munkar,
  5. Beramal Shaleh,
  6. Membangun Masyarakat Madani. Baldhatun Thayyibah wa Rabbun Ghafur,
  7. Membangun Peradaban Adhi Luhung. Toto Tentrem Kerto RaharjoGemah Ripah Loh Jinawi.

Menurut Guru Mursyid kita, Allahyarham KH. Abdurrahman Siregar, kepemimpinan spiritual itu dilandasi semangat amal shaleh (berbuat kebajikan). Pemimpin spiritual bekerja karena panggilan dari hati nurani semata mengharap ridha Allah SWT. Mengembangkan perilaku etis dalam bekerja melalui pembudayaan rasa syukur, ikhlas, dan sabar mengemban amanah

Pemimpin Spiritual memiliki kesadaran pribadi dan jati diri yang kokoh serta keyakinan mendalam bahwa Allah  senantiasa membimbingnya. Keyakinan itulah yang mampu membuat dirinya menjadi tenang dan bahagia di manapun berada. Pasalnya, dia merasakan kehadiran Allah dalam setiap gerak dan langkahnya

Allah menjelaskan hal tersebut dalam Al-Qur’an: “Ketahuilah, dengan menghadirkan Allah dalam dirinya, hati akan menjadi tenang” (QS Al-Ra’du : 28).

Menjadi Pemimpin Umat di Negara sehebat Indonesia memang tidak Mudah. Letaknya yang strategis, terbentang di antara dua benua, diapit oleh dua samudera dengan kekayaan alamnya yang melimpah di darat dan di lautan tentu saja menjadi incaran Negara-negara lain.

Oleh karena itu, seorang Pemimpin Umat di Era Generasi Millenial, setidaknya harus menguasai tiga hal utama, yaitu:

  1. Memahami, Menghayati dan Mengamalkan Spiritual Islam Transformatif,
  2. Sadar Budaya dan Menguasai Sejarah Nusantara,
  3. Cerdas Intelektual dan Mumpuni dalam Sains Islam Modern.

Karena itulah, pentingnya seorang Pemimpin Umat di Bumi Nusantara ini melakukan Perjalanan Spiritual Napak Tilas Sejarah Kejayaan Nusantara. Pada saat kita menelusuri Sejarah Nusantara, berarti kita sedang  Menapaki Jejak Para Tokoh Spiritual Nusantara. Bila Kita tekun menelisik, mempelajari dan melakoni ajaran dan laku spiritual Beliau-beliau itu, tentu banyak hikmah yang dapat kita petik.

Insya Allah, kita mampu Menyingkap Tabir Rahasia Kekuatan Spiritual Nenek Moyang kita. Semoga Allah berkenan mengutus seorang Pemimpin Spiritual yang Mumpuni dalam mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Wa Billahi Taufiq wal Hidayah

 

Silakan Kunjungi, Subscribe, Like dan Share Link SKJENIUS.COM:

 

1.     Etika Bagian Tak Terpisahkan Dari Arena Bisnis : https://youtu.be/jKwi1rcZ2gw

2.     TIDAK ADA ALASAN MENGANGGUR !!! Kembangkan Potensi Diri : https://youtu.be/AB2d_YOnywE

3.     PELIHARA NAFSU SEBAGAI KEKUATAN PERUBAHAN : https://youtu.be/6AlYex1iK-Y

 

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.