-->
logo

SHALAT MENJADI SOLUSI : Selesaikan Masalah, Tingkatkan Kesejahteraan

Hot News

Hotline

SHALAT MENJADI SOLUSI : Selesaikan Masalah, Tingkatkan Kesejahteraan

 

Oleh : Kyai Ageng Khalifatullah Malikaz Zaman

Sebagaimana kita ketahui dan sudah rasakan bersama, masalah adalah sesuatu hal yang tidak akan terpisahkan dari kehidupan seseorang. Bisa dikatakan bahwa hal ini akan selalu menjadi bagian dari kehidupan kita.

Demikian juga dalam menjalankan bisnis, pasti adakalanya sebuah masalah datang menghampiri. Dalam proses mengembangkan bisnis tidaklah selamanya berjalan mulus.

Para pelaku bisnis harus menghadapi berbagai persoalan yang dapat menghambat perkembangan perusahaannya. Tidak jarang, masalah yang tidak lekas diselesaikan dapat menjadi sangat berbahaya hingga menuju kebangkrutan.

Sebagaimana kita ketahui dan sudah rasakan bersama, masalah adalah sesuatu hal yang tidak akan terpisahkan dari kehidupan seseorang. Bisa dikatakan bahwa hal ini akan selalu menjadi bagian dari kehidupan kita.

Ya.. Bisnis memang menantang risiko. Bahkan, persentase kesempatan meraih untung dalam berbisnis ternyata jauh lebih kecil dari fakta kerugian yang didapat. Banyak pengusaha yang bertahan dan menghadapi masalah tersebut, ada juga yang memutuskan untuk berhenti atau beralih ke bisnis lainnya.

Namun, tidak sedikit pula di antara kalangan pengusaha itu yang menilai bahwa masalah, justru adalah sumber utama ide bisnis yang potensial sejauh tersedia solusi untuk masalah tersebut. Maka, pengusaha yang bertahan dan berusaha mencari solusi biasanya akan meraih kesuksesan di depan.

Sebagai seorang Spiritual Business Consultant, saya banyak mendengar keluhan orang tentang berbagai problem kehidupan. Baik menyangkut masalah ekonomi atau keuangan, bisnis, pekerjaan, kesehatan, istri, suami, anak, dan sebagainya.

Berdasarkan pengalaman sebagai seorang konsultan spiritual selama 25 tahun dapat saya simpulkan bahwa begitu menghadapi masalah, Banyak orang yang berusaha menyelesaikannya sendiri menggunakan akal mereka yang sangat terbatas.

Nah, pada saat mereka tidak mampu mengatasi dengan akalnya sendiri, Maka mereka pun akan mencari solusi kepada manusia. Misalnya dokter atau bahkan paranormal untuk mengobati penyakit; bertanya kepada ‘Ulama, konsultan spiritual, psikolog atau psikiater untuk mencari jawaban terhadap persoalan yang menimpa keluarganya; atau mencari ahli keuangan untuk mengatasi masalah bisnisnya.

Sehubungan dengan hal itulah, dalam kesempatan ini, saya ingin mengingatkan, “Bukankah seharusnya kita datang kepada Allah Yang Maha Memberikan SOLUSI atas berbagai problem kehidupan?”

Dialah Allah SWT. Dialah Rabb yang telah berjanji dalam Kitab Suci, bahwa barangsiapa yang bertakwa kepada-Nya, niscaya Allah SWT akan memberikan jalan keluar bagi setiap permasalahan yang dihadapinya dan menganugerahkan rezeki kepadanya dari pintu yang tidak diduga-duga.

 “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (QS. Ath Tholaq: 2-3).

Dalam ayat ini diterangkan bahwa Allah akan menghilangkan bahaya dan memberikan jalan keluar bagi orang yang benar-benar bertakwa pada-Nya. Allah akan mendatangkan padanya berbagai manfaat berupa dimudahkannya rizki. Rizki adalah segala sesuatu yang dapat dinikmati oleh manusia.

Bahkan, Rizki yang dimaksud di sini adalah rizki dunia dan rizki akhirat. Karena itulah, Guru Mursyid kita Allahyarham Syaikh Inyiak Cubadak mengingatkan, “Orang yang bertakwa itu tidak pernah merasa fakir (miskin atau merasa kekurangan) sama sekali.”

Sehubungan dengan hal itulah, Guru Mursyid kita, Allahyarham H. Permana Sasrarogawa menegaskan,  “Allah Nomer Satu”! Maka senantiasalah berserah diri dan mendekatkan diri Pada-Nya.

 “Apa pun masalah yang kita hadapi, separah apa pun penyakit yang kita derita, sebesar apa pun utang yang melilit. Pasti ada Solusi-Nya di sisi Allah. Maka berserah dirilah kepada-Nya. Datang dan jemputlah Solusi terbaik ke Hadhirat-Nya,” kata Bapak Sesepuh Pengajian Tawakal itu.

Seiring dengan itu, Guru Mursyid kita, Allahyarham KH. Abdurrahman Siregar menjelaskan bahwa cara yang utama untuk mendatangi Allah SWT adalah shalat.

Dalam menghadapi persoalan apa pun, sebelum melakukan ikhtiar yang lain, shalatlah terlebih dahulu. Penuhilah kewajiban shalat fardhu yang lima waktu, dan perbanyaklah shalat-shalat sunah. Sesungguhnya shalat adalah solusi segala persoalan kehidupan. “Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat.” (QS. Al-Baqarah: 45)

Shalat merupakan hubungan baik dan khusus antara hamba dengan Khaliqnya. Shalat lima waktu adalah karunia Allah ta‘âlâ kepada kita. Dia telah membagi waktunya sesuai dengan kebutuhan manusia agar dada hamba-Nya lapang, hatinya menjadi tentram dan pikirannya jernih, serta nafsunya terkendali dan fisiknya pun sehat.

Shalat Menjadi Solusi : Selesaikan Masalah

Dengan demikian, Shalat menjadi senjata bagi hamba-Nya dalam menghadapi masalah. Dengan adanya shalat, hamba yang mendapat masalah mempunyai akses langsung untuk mengadukan masalahnya kepada Allah Sang Maha Pemberi Solusi.

Maka, shalat menjadi solusi dari berbagai masalah kita. Namun sayangnya tidak banyak orang yang mengetahui hal ini. Karena kebanyakan orang menganggap shalat hanya sebagai beban dan kewajiban dari Allah, sehingga ia merasa berat dan terpaksa saat mengerjakan sholat tersebut.

 Padahal, Shalat itu sejatinya adalah sarana komunikasi kita untuk berdialog, mengadukan dan menyampaikan segala keluhan dan persoalan dari persoalan hidup yang kita hadapi.

Manusia memang sering lupa, bahwa awal mula adanya masalah itu adalah hasil dari kelalaian kita dalam melaksanakan tugas yang diberikan Allah.

Jika kita merasa tidak mampu, maka tugas kita selanjutnya tinggal mengembalikan saja kepada Allah sambil mengadu bahwa kita tidak mampu.

Sholat merupakan sistem proteksi dalam kehidupan seseorang. Jika sholatnya baik, maka kehidupan dunia dan akhiratnya pun akan baik. Begitu juga sebaliknya, jika sholatnya buruk, amburadul, tidak teratur dan bolong-bolong, maka kehidupan dunia maupun akhiratnya pun juga akan demikian sebagaimana ia memperlakukan sholatnya.

Karena itulah, Jika ingin SUKSES dalam mengelola bisnis dan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi, maka kita harus mengawalinya dengan membenahi shalat kita.

Intisari dari shalat adalah tuntunan kepada batin manusia dalam upaya memperoleh perhubungan dengan Yang Ada diluar kenyataan, yakni Yang Maha Tinggi, Yang Maha Kuasa..

Shalat ialah mengeluarkan arus atau banjir batin yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata, ke dalam Keadaan Yang Akbar, yang ada di hadapan kita; ialah pengluasan daerah, pengluasan batas-batas tubuh kita, mencari dan meraba, gerakan gelombang gelombang gaib ke arah Pusat Kekuasaan yang selalu ada di hadapan kita. Karena itu melalui shalat khusyu’ kita dapat menemukan dan mengeksplorasi tenaga tersembunyi (hidden power) itu.

Melalui Shalat kita menjalin  komunikasi dengan Allah SWT.  Shalat adalah sumber tumbuhnya kasih sayang, menghilangkan segala duka cita dan berbagai kesulitan.  

Shalat adalah kunci kesehatan dan sumber keselamatan, serta sarana meminta pertolongan dan rezeki. Shalat dapat mensucikan qalbu manusia sehingga dapat mendekatkan dirinya pada Allah  SWT.

Sahabat ‘Abdullah bin Mas’ud r.a mengatakan : “Saya bertanya kepada Nabi SAW (tentang) amal apa yang paling dicintai Allah ? Beliau menjawab: “Shalat pada awal  waktunya.”

Kekuatan shalat dapat memberikan hiburan dan menambah keteguhan. Karena manusia mengenal Suatu Dzat kepada Siapa dia dapat meminta pertolongan.

Dia merasa tidak sendiri, Yang Qudus ada berdekatan dengannya. Dia selalu dapat  menghadap kepada-Nya dengan keinginan, kepentingan, kesukaran dan penderitaan.

Shalat  ialah dengan sadar mencari perhubungan dengan Penguasa Alam Semesta dan kita butuh pada itu, seperti kita butuh pada makan, minum dan tidur. Sebagaimana Allah mengingatkan dalam firman-Nya: “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jum`at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (Q.S. Al-Jumu’ah : 9).

Shalat merupakan ruangan tempat kita beristirahat, tempat kita meraih kedamaian, dan sebuah klinik pengobatan bathin kita. Nabi SAW mengatakan bahwa shalat adalah pemandangan yang menyejukkan hati, suatu amalan yang paling beliau sukai.

Manusia berjumpa dengan Allah lewat shalat secara langsung, oleh karena itu Rasulullah mengingatkan manusia agar menjaga akhlaknya ketika mendirikan shalat.  Ketika shalat, kita mengarahkan jiwa kepada Dzat Yang Maha Mutlak. Maka, ruhani bergerak menuju Hadhirat-Nya. Dalam waktu beberapa saat itulah terjadi hubungan langsung (tawajuh) antara hamba dengan Rabbnya. Sehingga tenanglah jiwanya dan tenteramlah pula hati nya. “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S. Ar-Ra’d :28).

Melalui shalat yang sekurang-kuranya lima kali sehari semalam, ditambah lagi dengan shalat-shalat nawafil yang lain, jiwanya tidak akan merasakan keluh-kesah lagi. Sebab dia telah berangsur mendekat kepada Allah.

Dengan shalat insaflah dia bahwasanya orang hidup di dunia tidak akan sepi daripada susah dan senang, rugi dan beruntung. Maka diwaktu mendapat kesusahan tidaklah dia akan gelisah, melainkan bersabar menderitanya. 

Dengan sebab sabar dia dapat mengendalikan diri. Apabila seseorang dapat mengendalikan diri, pikirannya tidak pernah tertutup. Allah SWT akan memberi petunjuk dan hidayah kepadanya, sehingga pintu yang tertutup menjadi terbuka. Dan kalau kemudian keuntungan didapat, kesenanganpun tiba, segera dia bersyukur kepada Allah.

Demikianlah uraian singkat yang dapat saya sampaikan dalam upaya berbagi ilmu dan pengalaman tentang SHALAT SEBAGAI SOLUSI dalam Menyelesaikan Masalah dan Meningkatkan Kesejahteraan

Semoga para Ikhwan dan Akhwat Majelis Dakwah Al-Hikmah dan para pemirsa yang menonton dan menyimak video ini dapat merasakan Nikmat dan manfaat Shalat dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga Allah Melindungi kita semua dan senantiasa memberi Petunjuk dan bimbingan dalam upaya kita mengabdi kepada-Nya.

Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin

Wa Billahi Taufiq wal Hidayah

Wa a'fu Minkum

Wassalamu'alaikum. Wr.Wb.

Silakan Kunjungi, Subscribe, Like dan Share Link Spiritual Solution :

Shalat Menjadi Solusi : Selesaikan Masalah, Tingkatkan Kesejahteraan : https://youtu.be/iWxG0Kxvib0

PELIHARA NAFSU SEBAGAI KEKUATAN PERUBAHAN : https://youtu.be/6AlYex1iK-Y

Shalat Menyehatkan : https://youtu.be/rXHFyrVyU4s

Zikir Menyembuhkan : https://youtu.be/S4DzPPW2kno

Ruqyah dengan Wirid Al Hasyr: https://youtu.be/Pw7Qq3MGDFY

SOLUSI SPIRITUAL Atasi Krisis Keuangan : https://youtu.be/_fMmveHRQ8o

https://vt.tiktok.com/ZSJFgsocp/

Sehat Tanpa Obat Berkat Dahsyatnya Khasiat  Shalat Tahajud  - http://www.mdacare.id/2021/01/sehat-tanpa-obat-berkat-dahsyatnya.html

Contact Person :

Suhu Rosi Wibawa, S.Kom – 089505793048

Nita Yuliana – 085210132089

 

 

 

 

 

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.