-->
logo

Pentingnya Kemampuan Komunikasi bagi Millenial

Hot News

Hotline

Pentingnya Kemampuan Komunikasi bagi Millenial

Oleh : Kyai Ageng Khalifatullah Malakiz Zaman 

Tak bisa dipungkiri, saat ini komunikasi antargenerasi boleh dibilang memiliki jurang yang cukup besar. Pergeseran era membuat komunikasi antargenerasi kerap kali bermasalah.

Padahal Komunikasi adalah satu faktor penting dalam kehidupan kita. Baik dalam kegiatan sosial, binis dan Politik, juga dalam Kegiatan dakwah. Karena itulah, Masalah Komunikasi di Era Millenial ini menghadapi tantangan yang cukup serius.

Setidaknya saat ini ada 5 generasi di tengah masyarakat kita; Generasi Baby Boomer (1946-1964 atau berusia 57-75 tahun pada 2021), Generasi X (1965 -1979), Generasi Y atau Generasi Millenial (1980 - 1994), Generasi Z (1995 - 2019), Generasi Alpha, kelompok yang lahir setelah Generasi Z.

Nah, agar tidak terjadi jurang komunikasi, maka Mau tidak mau, kita harus menyadari, setiap generasi punya karakter dan kekhasan masing-masing yang dibentuk oleh zamannya. Sejarah, budaya, dan kondisi politik membentuk generasi muda pada waktu tersebut.

Tentu tak elok memperbandingkan antargenerasi. Lain generasi, lain juga kebiasannya. Namun, di situlah letak permasalahannya. Pasalnya, banyak hal yang dianggap biasa saja oleh generasi kekinian mungkin dirasa kurang sopan oleh generasi sebelumnya. 

Dalam upaya kita mengatasi kesenjangan komunikasi antargenerasi ini, maka marilah sejenak kita buka lembaran sejarah Nusantara, Apa kata nenek moyang kita tentang komunikasi. Dalam sebuah pantun disebutkan

Keramik bahannya kendi

Merah warnanya saga

Yang Baik adalah Budi

Yang Indah adalah Bahasa

Dari pantun ini dapatlah kita memahami bahwa nenek moyang kita sangatlah mengutamakan tata Bahasa dalam pergaulan sosial mereka. Beliau-beliau itu sangat menjaga lisan, tutur kata dalam berkomunikasi.

Karena itulah, Nenek Moyang kita di masa lampau terkenal ahli berkata-kata. Beliau Ahli dalam diplomas. Bahkan bisa menaklukan lawan dengan kata-kata tanpa harus bertempur dalam peperangan. Maka, ada istilah Kata Shakti. Artinya, kata-kata atau kalimat itu mempunya daya kesaktian yang luar biasa, lebih dahsyat dari senjata. Maka dikatakan, Lidah lebih tajam dari pedang.

Karena itulah orang tua, selalu mengingatkan anak-anaknya agar menjaga lisan untuk tidak sembarangan berkata-kata. Sebagaimana diingatkan dalam sebuah seloka : “Jaga Lidahmu, Karena Mulutmu adalah Harimaumu.”

Jadi, marilah kita sadari Bersama bahwa kita ini sesungguhnya memiliki DNA yang Unggul dalam hal komunikasi.

Nah untuk mengatasi kesenjangan komunikasi antara generasi itu, sesunguhnya nenek moyang kita orang Nusantara, terutama dalam masyarakat Minangkabau ada aturan komunikasi sebagai berikut :

1.     Kata Mendatar : Komunikasi antar orang yang sederajat atau seusia

2.     Kata Mendaki : Komunikasi antara orang yang usianya lebih muda yang orang tua.

3.     Kata menurun : Komunikasi antara Orang Tua kepada generasi yang lebih muda

4.     Kata melereng : Komunikasi antara mereka yang saling menyegani. Misalnya antara Ipar dan Besan. Juga digunakan dalam percakapan diplomatic.

Ternyata dalam budaya kita sudah ada aturan komunikasi yang demikian bagusnya. Namun sayangnya, seperti ada rantai budaya yang terputus, sehingga bagaimana  cara bertutur kata orang Nusantara yang indah dan diplomatis itu kurang dipahami generasi masa kini.

Sehubungan dengan hal itulah, kita memang perlu menggali kembali Nilai-nilai luhur budaya kita, terutama dalam hal yang terkait dengan komunikasi ini. Maka para Millenial dan Generasi Z harus mau tidak mau, harus meluangkan waktu untuk mempelajari Kebudayaan Nusantara sebagai Pondasi Karakter Bangsa

Masalahnya, hari ini terdapat empat sampai lima generasi berbeda dalam satu komunitas. Maka terjadilan jurang komunikasi yang cukup rumit.

Apalagi, Industri 4.0 yang kian maju dan berkembang, juga serbuan teknologi yang bergerak cepat, menambah segala keruwetan ini. 

Bila tidak segera diantisipasi oleh para Millenial dan generasi Z, pemimpin bangsa, tokoh masyarakat, pendakwah, ustadz dan 'Ulama, maka bahaya miskomunikasi bisa menjadi tantangan serius dalam pergaulan sosial, dakwah dan bisnis masa kini.

Selanjutnya saya menyarankan agar para Millenial menyadari sepenuhnya akan penting dan perlunya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi. Pasalnya, komunikasi merupakan aspek terpenting dalam sebuah RELASI.

Baik itu secara internal maupun eksternal, dan menyangkut segala bidang kehidupan dalam masyarakat, komunikasi bermanfaat memelihara dan menggerakan kehidupan ia juga sebagai penggerak dan alat untuk menggambarkan aktifitas masyarakat dan peradaban, peradaban dalam berbagai bidang kehidupan baik dalam bidang, sosial , politik , ekonomi , pendidikan dan secara khusus dalam dunia BISNIS.

Oleh karena itu, di era Kemajuan Teknologi Informasi ini, jika ingin Sukses dalam karir atau berkembang di arena binis, maka Mau tidak mau, Para Millenials dan generasi Z harus menguasai ilmu komunikasi.

Berdasarkan pengalaman saya sebagai Spiritual Business Consultant yang juga pernah menjabat sebagai sebagai Director of Risk Management and Business Development di PT.Samudera Biru Line, KOMUNIKASI memegang peranan kunci erena Bisnis.

Perlu kita pahami, di era yang sudah semakin modern ini, adanya kesalahan komunikasi dalam bisnis seperti contohnya penulisan tanda baca, tentu berakibat sangat fatal Demikian juga dalam komunikasi antar karyawan, Team Manajemen, bahkan Direksi bisa menghambat Kemajuan Usaha, jika tidak dijalin dengan baik.


Nah, untuk
meningkatkan kemampuan komunikasi, berikut ini saya berikan tujuh Tips Sukses Komunikasi.

1.     Bacalah Do’a Nabi Musa AS setiap selesai Shalat, yaitu : “Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli”,  (Wahai Rabb-ku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku),

2.     Perhatikan Artikulasi dari setiap kata yang kita ucapkan harus jelas terdengar oleh lawan bicara.

3.     Belajar Ilmu Komunikasi

4.     Banyak Membaca

5.     Perluaslah Jalinan Hubungan Sosial

6.     Melatih Bahasa Tubuh (Body Languange)

7.     Tingkatkan Latihan Komunikasi

Semoga penjelasan ini dapat menggugah semangat kita dalam mempelari Budaya Nusantara dan Ilmu Komunkasi lebih mendalam lagi. (Aby).

 

Silakan Kunjungi, Subscribe, Like dan Share Link GEN-Z Etntertainment :

Pentingnya Kemampuan Komunikasi Bagi Milenial : https://youtu.be/Cb3p951w728

DAHSYATNYA..!!! Khasiat Wirid Al Hasyr : https://youtu.be/9gQy9_mX5T8

Wirid Al-Hasyr Meningkatkan Kuaalitas Hidup :https://www.skjenius.com/2021/06/wirid-al-hasyr-meningkatkan-kualitas.html

MANFAAT ENERGI ILAHIYAH Untuk Hidup Yang Lebih Indah : https://youtu.be/FK_w6VN9LB8

PELIHARA NAFSU SEBAGAI KEKUATAN PERUBAHAN : https://youtu.be/6AlYex1iK-Y

 

 

 

 

 

 

 

 

 

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.