-->
logo

Sehat Tanpa Obat, Sembuh Dengan Kekuatan Pikiran Positif

Hot News

Hotline

Sehat Tanpa Obat, Sembuh Dengan Kekuatan Pikiran Positif

SKJENIUS.COM, Cikarang.-- SUBHANALLAH! Hampir 9 Bulan Pandemi Covid-19 mendera rakyat Indonesia, Belum Ada Tanda-tanda Wabah Surut. Hingga hari ini, Kamis (3/12/2020), belum terlihat penularan Covid-19 dapat dikendalikan. Padahal, selama pandemi corona ada banyak perubahan beserta dampaknya yang dialami oleh hampir seluruh masyarakat. Pasalnya, pandemi Covid-19 berdampak ke semua aspek kehidupan, baik perekonomian maupun bidang kesehatan. Karuan saja prahara corona ini adalah kondisi yang berat dihadapi masyarakat Indonesia.

Namun demikian, tak hanya dampak negatif saja, tapi pandemi juga memberi dampak positif yang dapat dijadikan pelajaran bagi kita semua. Saya pribadi, bersyukur pada Allah karena di balik berbagai efek negatif yang ditimbulkannya itu, Pandemi ini telah membuka Tabir Rahasia "Kekuatan" Berpikir Positif di Tengah Wabah Virus Corona.

Ternyata, berpikir positif adalah sumber daya utama bagi manusia selama menghadapi sebuah krisis, bahkan dalam menyembuhkan berbagai penyakit yang dideritanya. Berpikir positif merupakan suatu cara berpikir yang menekankan pada hal-hal yang positif, baik terhadap diri sendiri, orang lain dan keadaan yang di alami.

Bagi orang yang berpikir positif dalam melihat suatu masalah yang di hadapi , mereka akan mengganggap dengan polos, sehingga tidak mudah terpengaruh dan tidak mudah putus asa oleh berbagai tantangan ataupun hambatan yang dihadapi nya.

Dengan berpikir positif memiliki banyak dampak yang positif dalam kehidupan, kesehatan, maupun usaha yang di jalani. Karena dengan cara berpikir kita akan membentuk kebiasaan, tingkah laku, cara bicara dan bagaimana cara orang itu berpikir. Maka orang yang  memiliki pemikiran yang positif pembawaan nya akan tampak lebih tenang, optimis dan percaya diri.

Positive Thinking Improves Physical Health

Tidak ada yang bisa menghindari semua perasaan negatif dalam hidup dan tidak realistis untuk berpikir Anda bisa atau seharusnya.  Maka, orang yang paling bahagia  adalah mereka yang mampu mengendalikan perasaan negatif tersebut dengan pikiran positif.  Dan orang-orang ini mungkin orang yang paling sehat juga. 

Melalui tulisan ringkas ini, saya ingin memberi Anda bukti yang berkembang bahwa Anda mungkin dapat meningkatkan kesehatan fisik hanya dengan mengubah cara berpikir dan perasaan Anda tentang hidup Anda. Sehingga Anda bisa Melakukan Penyembuhan Melalui Pikiran Positif Untuk Tubuh Anda.

Guru Mursyid kita, KHAMZ Tuanku Kayo Khadimullah dalam bukunya "Sehat Tanpa Obat" mengatakan, "Diri kita adalah Dokter terbaik untuk Tubuh Kita." Menurut Tuanku Kayo Khadimullah, manusia memiliki kemampuan yang luar biasa untuk menahan penyakit (imun system) dan juga menyembuhkan diri sendiri (healing system).

Proses penyembuhan seseorang bila sedang menderita penyakit berasal dari dirinya sendiri. Pengobatan, terapi dokter dan lain sebagainya hanyalah unsur pembantu belaka, karena kunci penyembuhan tubuh manusia berasal dari dirinya sendiri.

Untuk itulah, perlu kita sadari bahwa dalam banyak hal, pikiran adalah pintu gerbang menuju kesehatan.  Emosi dan kecemasan memicu hormon yang mengalir ke seluruh tubuh, mengarahkan tindakan jangka panjangnya. 

Usus dan pikiran saling terkait, mempengaruhi segala sesuatu mulai dari kekebalan hingga keseimbangan nutrisi dalam penyembuhan melalui pemikiran positif.  Stres adalah pemain kunci dalam penyakit yang tak terhitung jumlahnya.  Tentu, Kita semua pernah mendengar bahwa kita adalah apa yang kita makan.  Nutrisi itu penting, tetapi pikiran positif adalah apa yang menurut kami tidak dapat diabaikan.

9 Cara Berpikir Positif agar Hidup Semakin Bahagia dan Bermakna

Berpikir positif memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Terutama ketika sedang tertimpa suatu masalah, tidak sedikit orang yang cenderung berpikiran negatif. Hal tersebut berpotensi membuat pelakunya cemas, khawatir, dan tertekan.

Padahal, berpikir positif dapat memberi pengaruh yang baik untuk keadaan psikologis Anda. Pola pikir ini juga bisa membuat Anda lebih menikmati hidup. Lantas, bagaimana cara berpikir positif?

Berpikir positif dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa teknik yang telah terbukti efektif dalam membantu seseorang mengubah persepsinya. Berikut ini 7 cara berpikir positif yang bisa Anda terapkan, di antaranya:

1. Beriman Dalan Kemelut Kehidupan

Hidup yang kita jalani, dipenuhi rintangan dan membutuhkan kekuatan diri untuk keluar dari rintangan yang mengadang. Kesulitan ekonomi, penderitaan, dan ketidakse suaian harapan dengan kenyataan adalah bentuk konkrit rintangan tersebut. Bagi orang yang lemah imannya, rintangan di pahami sebagai 'batu sandungan' yang sulit dilalui.

Menurut Guru Mursyid kita, Allahyarham, KH. Abdurrahman Siregar, iman menjadi generator utama dalam diri seorang Muslim yang dapat membangkitkan kekuatan luar biasa. Kekuatan iman dapat mengalahkan kuatnya logika.

Kekuatan iman pula yang dapat menjadikan kepedihan yang teramat sangat menjadi kenikmatan. Dan, yang lebih luar biasa lagi, iman dapat menjadikan kesabaran seseorang menjadi berlapis-lapis.

2. Senantiasa Bersyukur dan Berterima Kasih

Bersyukur kepada Allah  dan berterimakasih kepada sesama membuat hidup kita lebih berarti. Hampir semua orang mengetahui hal ini, namun tidak semua orang melakukannya. Tahukah Anda bahwa kekuatan rasa syukur itu lebih besar dari apa yang pernah kita bayangkan? 

Orang yang bersyukur memiliki tubuh yang sehat. Sebab rasa syukur berkaitan dengan tekanan darah yang stabil. Rasa syukur juga bisa mengurangi rasa sakit dan terluka. Selain itu, rasa syukur pun meningkatkan sistem imun.

Maka, satu diantara puncak kebahagiaan ialah ketika seseorang mampu bersyukur dengan apa yang dimiliki. Selalu percaya bahwa semua masalah yang kita hadapi sekarang adalah upaya mendewasakan diri agar ke depan dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu, masih banyak hal di dunia ini yang patut kita syukuri seperti memiliki sahabat, keluarga, dan pekerjaan

3. Berzikir Pagi dan Sore

Zikir adalah ibadah sunnah yang mempunyai banyak manfaat. Berzikir merupakan salah satu cara relaksasi tubuh dan pikiran agar dapat melepaskan beban. Mulai dari peristiwa yang paling menarik hingga menakutkan bisa diatasi dengan berzikir.

Berzikir bisa juga disebut kegiatan bercermin melihat diri sendiri dalam rangka memperbaiki, mengoreksi, dan membenahi semua hal yang pernah dialami. Manfaat zikir sendiri begitu besar bahkan dapat membuat pikiran kita jauh lebih positif dan mencegah berbagai macam penyakit, baik jasmani maupun rohani.

4. Membiasakan Tersenyum dan Selalu Ceria

Dengan tersenyum, secara tidak sadar kita telah memberikan energi positif kepada orang yang menerima senyuman kita. Dalam Islam senyum merupakan salah satu bentuk sedekah. Diantara ibadah yang sebenarnya mudah dilakukan yaitu menampakkan wajah yang ceria dan berseri kepada orang lain.

Cerialah, Menyenangkan Diri dan Orang Lain Setiap Saat. "Janganlah meremehkan kebaikan sedikit pun juga, walau engkau bertemu saudaramu dengan wajah berseri." (HR. Muslim).

5. Bersangka Baik dan Senantiasa Melihat Sesuatu dari Sisi yang Baik.

Prasangka baik harus kita lakukan kepada siapa saja termasuk diri kita sendiri. Prasangka baik kepada diri sendiri, bahwa kita diciptakan sebagai makhluk sempurna oleh Allah dan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan persoalan, memiliki kelebihan/kebaikan yang dapat terus kita tingkatkan sehingga kebaikan tersebut menular, bermanfaat untuk orang lain dan menjadi amalan kita.

Dan yang utama prasangka baik kepada Allah. Saat kita mendapatkan ujian dari-Nya, meyakini setiap kesulitan yang kita hadapi sebagai bentuk kasih sayang Allah dan diberikan-Nya jalan keluar selama kita berikhtiar dan menggenapinya dengan doa. Ketetapan-Nya sudahpasti yang terbaik hanya saja sering kali kita lambat menemukan maknanya.

6. Menumbuhkan Kesadaran Setiap Orang Memiliki Kelebihan

Sudah kita ketahui bersama bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ketika kita sedang dihadapkan dengan berbagai persoalan, yang harus kita lakukan ialah selalu mengambil atau melihat sisi baiknya.

Usahakan untuk selalu menghindari untuk mencari kesalahan orang lain, dengan begitu, akan melatih pikiran kita menjadi lebih positif.

7. Meningkatkan Optimisme

Optimisme adalah sikap mental yang menggambarkan keyakinan atas harapan hasil positif, menguntungkan, dan sesuai keinginan dari suatu usaha tertentu. 

Optimisme mampu secara efektif membantu individu dalam mencapai hasil yang diinginkan sesuai dengan harapan positif tentang masa depan mereka. Selain itu, optimisme dipercaya bahwa secara umum akan membawa individu ke kehidupan yang lebih baik ataupun yang buruk.

8.  Hidup Sementara, Maka Hendaklah Selalu Berbuat Kebaikan di Dunia

Seperti sudah menjadi rumus kehidupan, melakukan perbuatan baik dalam hal apapun tentu saja akan mendatangkan kebahagiaan hakiki bagi pelakunya. Ketika orang lain merasa senang dengan kebaikanmu, maka kebahagiaan tersebut akan kembali kepadamu dengan kadar yang lebih banyak.

Kebahagiaan sejati akan senantiasa hadir dalam kehidupanmu ketika kebaikan sudah menjadi kebiasaan dan berakar kuat dalam hati. Seiring dengan itu, Kita akan merasakan ketenangan dan kenyamanan dalam menjalani kehidupan. Tahap selanjutnya saat kita menjadikan perbuatan baik sebagai kebiasaan adalah tentu saja kita akan terbebas dari pikiran-pikiran negatif. 

9. Bersedekah Setiap Hari

Energi positif akan menghasilkan sesuatu yang positif, dan energi negatif akan menghasilkan energi negatif dalam bentuk lainnya. Dalam bahasa manusia, istilah energi boleh juga disebut dengan usaha. Sehingga usaha yang positif yang Anda lakukan akan pasti akan berbuah positif pula. Semakin positif yang Anda lakukan maka akan semakin positif hasil yang Anda dapatkan. Semakin maksimal usaha Anda maka akan positif yang akan Anda hasilkan.

Energi sedekah sangat berpengaruh luar biasa bagi pelaku dan penerimanya, jika kita mengulurkan tangan memberikan bantuan sedekah dengan ikhlas kepada orang lain, maka antara kita dengan yang menerima bantuan sedekah sama-sama tebentuk sebuah energi positif, yang secara umum bisa dikatakan bahwa sedekah dapat mempererat silaturahmi.

Maka, disaat situasi sedang sulit seperti sekarang ini. Jangan kita lupakan untuk berbuat baik atau bersedekah. Nabi bersabda, al-shadaqah tadfa’ul bala’ (sedekah itu meredam bencana). Kenapa?

Karena sedekah merupakan energi positif yang menggulung energi negatif. Karena itulah amalan sedekah ternyata merupakan satu diantara usaha kita dalam menolak wabah dan menyembuhkan penyakit.

Dari beberapa hadits Rasulullah dapat disarikan paling tidak ada empat keutamaan sedekah. Pertama, mengundang datangnya rezeki. Kedua, menolak bala. Ketiga menyembuhkan penyakit. Keempat, memanjangkan umur.

Semoga kita selalu dalam lindungan Allah dan semoga Allah menyembuhkan kita dari berbagai penyakit.

Mari kita berdo'a:

‎اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

 

"Allahumma Rabbannaasi Adzhibil Ba'sa Wasy Fihu. Wa Antasy Syaafii, Laa Syifaa-a illa Syifaa-uka, Syifaa-an Laa Yughaadiru Saqamaa."

Artinya: “Ya Allah, Rabb manusia, semoga Engkau berkenan menghilangkan kesusahan dan menganugrahkahkan kesembuhan pada ia yang sedang dicoba sakit, karena Engkau adalah Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain” (HR Bukhari dan Muslim). (az).

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.