-->
logo

Pentingnya Kecerdasan Spiritual untuk Hidup Sejahtera dan Lebih Bermakna

Hot News

Hotline

Pentingnya Kecerdasan Spiritual untuk Hidup Sejahtera dan Lebih Bermakna

SKJENIUS.COM l, Cikarang.-- MERISAUKAN, Memang! Betapa Tidak? Karena Perekonomian dua kuartal berturut NEGATIF, maka Indonesia TERPURUK ke jurang resesi. Parahnya lagi, Eskalasi Pandemi Covid-19, masih terus meningkat setiap hari. Update 7 Desember,  Tambah 5.754, Kini Ada 581.550 Kasus Covid-19 di Indonesia.

Seiring dengan itu, akibat kondisi perekonomian yang melorot, badai PHK pun menerjang di berbagai kota. Karuan saja jumlah pengangguran bertambah besar dan berdampak pada kehidupan masyarakat. Daya beli semakin menurun, lapangan pekerjaan sulit, kemiskinan meningkat. Ketimpangan sosial pun melebar.

Tentunya kehidupan manusia yang serba sulit akan menimbulkan dampak pada kesehatan mental apabila tidak diatur dengan baik. Maka, faktor spiritual menjadi sentral untuk mengatasi kondisi krisis seperti sekarang ini. Bagaimana membangun pikiran positif dan mental yang tangguh pada saat krisis.

Disinilah pentingnya menyadari akan pentingnya the Inner power inside you. Kita harus mampu membangkitkan Kekuatan Spiritual yang sudah dikaruniakan Allah itu. Jika kita bisa mendayagunakan Kekuatan yang ada dalam Diri, maka cita-cita kita segera terwujud. Inilah kebenarannya. 

Anda mungkin tidak mengenalinya pada awalnya;  tetapi jika Anda ingin mengubah hidup Anda (Benar-benar) mengubah hidup Anda), Anda akan terbuka untuk menikmati kemungkinan itu. Karena itulah Anda harus menyadari bahwa semua yang Anda alami "di luar sana" berasal dari dalam.

Semuanya merespons kekuatan di dalam diri Anda.  Anda mungkin pernah mendengarnya sebelumnya, dan Anda mungkin memahaminya secara intelektual dan pada beberapa tingkatan.  Tetapi untuk mendapatkan manfaat penuh darinya, perlu untuk mulai hidup sesuai dengan itu.

A Challenge – The Power Inside You

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mendefinisikan manusia sebagai makhluk psikologis, sosial, dan spiritual. Sementara tak sedikit psikolog yang percaya bahwa kecerdasan spiritual adalah faktor yang berperan penting bagi kesehatan mental seseorang.

Spiritualitas berasal dari kata ‘spiritus’ yang artinya adalah nafas kehidupan.  Spirit merupakan kekuatan yang tidak terlihat yang memberikan nafas bagi kehidupan kita, menghidupkan kita, dan memberikan kita energi. 

Spirit membantu kita dalam mendefinisikan kebenaran, keunikan diri sesungguhnya dalam diri kita dan menegaskan individualitas kita.  Spiritualitas lebih melihat kedalam batin menuju kesadaran akan nilai – nilai universal seseorang. Jadi, spiritualitas mencakup bagaimana seseorang memandang kedalam batinnya.

Jadi, spiritualitas merupakan proses transformasi melalui berbagai aspek kehidupan yang terintegrasi meliputi fisik, emosional, pekerjaan, intelektual dan rasional. Spiritualitas sangat berkaitan dengan kreativitas, cinta, pengampunan, kasih sayang, kepercayaan, penghormatan, kebijaksanaan, keyakinan, dan rasa akan kesatuan.

Sebagai manusia, kita dibentuk dari tubuh, pikiran, emosi dan jiwa (spirit). Spiritualitas memberikan ekspresi bahwa ada sesuatu didalam diri kita; yang berkaitan dengan perasaan, dengan kekuatan yang datang dari dalam diri kita, dengan mengetahui diri terdalam kita. Spiritualitas merupakan sebuah istilah dimana banyak orang menginginkannya untuk dapat dimasukan kedalam kehidupan kita.

Spiritualitas dapat merefleksikan nilai seperti memberikan kontribusi kepada umat manusia serta alam semesta. Peran spiritualitas sangat berperan penting bagi kehidupan kita baik terhadap kehidupan berkeluarga, beragama bahkan pada kehidupan kerja kita.

Spiritualitas memiliki dua komponen yaitu vertikal dan horizontal. Komponen vertikal dalam spiritualitas adalah hasrat untuk melampaui ego atau self-esteem diri. Komponen vertikal ini bisa berkaitan dengan Allah, jiwa, alam semesta, kekuatan tertinggi atau sesuatu lainnya.

Komponen vertikal lebih kepada perwujudan sesuatu yang tidak dapat dilihat. Sedangkan, komponen horizontal dalam spiritualitas adalah hasrat untuk melayani orang lain dan bumi. Komponen horizontal ini ditunjukkan dengan bagaimana seseorang berusaha untuk membuat perbedaan melalui tindakannya. Komponen horizontal ini lebih kepada perwujudan sesuatu yang dapat dilihat.

Pentingnya Kecerdasan Spiritual untuk Hidup yang Lebih Bermakna

Pada dasarnya setiap manusia memiliki potensi kecerdasan yang sama. Baik secara intelektual (IQ), emosi (EQ), dan spiritual (SQ). Namun terkadang permasalahan terjadi ketika ketiga kecerdasan tadi tidak distimulasi dengan baik.

Karena itulah, Kecerdasan spiritual perlu dilakukan sejak dini, agar seorang anak dapat memiliki kepekaan batin dan jiwa terhadap diri sendiri maupun orang lain. Di samping itu, dengan mengembangkan kecerdasan spiritual seorang anak akan lebih mampu mengenali dirinya sendiri, seperti kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya. Dengan demikian anak akan mampu menutupi kekurangan dirinya dengan mengasah kelebihannya secara maksimal agar sukses di masa depan.

Kecerdasan spiritual (spiritual quotient) adalah kecerdasan jiwa yang membantu seseorang untuk mengembangkan dirinya secara utuh melalui penciptaan kemungkinan untuk menerapkan nilai-nilai positif.

Memiliki kemampuan ini memungkinkan kita untuk menyatukan spiritualitas, kehidupan batin (inner life), dan kehidupan di luar dirinya (outer life). Spiritual Quotient (SQ) merupakan fasilitas yang dianugerahkan Allah untuk membantu seseorang untuk mengatasi persoalan dan/atau berdamai dengan persoalannya itu. 

Jadi, Kecerdasan spiritual adalah jenis kecerdasan yang erat kaitannya dengan kemampuan spiritual yang membantu seseorang untuk meningkatkan kualitas hidup. Spiritualitas membantu individu dalam menemukan makna dan tujuan dalam hidup mereka dan lebih menunjukkan nilai personalnya.

Nilai personal ini merefleksikan hasrat untuk membuat perbedaan dan membantu untuk membuat dunia lebih bermakna. Maka dari itu, memiliki spiritualitas dikehidupan sehari–hari sangat penting untuk membuat kita menjadi individu yang utuh dan bermakna. (az).

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.