-->
logo

SPIRITUALITAS PENGGERAK KEBANGKITAN EKONOMI UMAT

Hot News

Hotline

SPIRITUALITAS PENGGERAK KEBANGKITAN EKONOMI UMAT

SKJENIUS.COM, Cikarang.-- Belakangan ini banyak orang menyebut China dalam waktu yang tidak akan lama akan segera menyalip Amerika Serikat sebagai negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Namun sayangnya, Umat Islam belum bisa memberikan respon terhadap pemicu kebangkitan tersebut. Bagaimanakah cara menciptakan peradaban yang begitu hebat, megah dan maju pesat dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang sangat tinggi.

Padahal tidak tertutup kemungkinan Indonesia yang mempunyai sumber daya manusia (SDM) yang banyak dan nilai-nilai Spiritual yang mumpuni untuk dijadikan landasan kebangkitan ekonomi umat.

Persoalannya bagaimana memanfaatkan dan memobilisasi kekuatan domestik di dalam negeri itu dalam upaya meningkatkan peran Indonesia di kancah global. Untuk itu perlu kita sadari bahwa sejatinya ekonomi itu berpusat pada kesadaran dan perilaku manusia

Orang Indonesia pada dasarnya lahir dengan semangat tidak mau miskin. Allah pun telah melengkapi manusia di Bumi Nusantara dengan berbagai kekuatan di dalam dirinya agar mereka bisa Survive sebagai Khalifah-Nya di dunia. Karena itulah seperti apa kondisi ekonomi akan sangat ditentukan oleh kesadaran manusia akan kekuatan yang ada dalam dirinya itu.

Eksistensi manusia terdiri dari dimensi fisik dan non fisik membuatnya kadang melampaui alam fisik, bahkan melewati alam metafisik, manunggal dengan Sifat Yang Maha Kaya

Manusia hadir dipermukaan bumi membawa spiritualitas, fitrah kemuliaan dari Allah SWT. Fitrah tersebut harus teraktualkan dalam kehidupan yang tidak dipengaruhi oleh lingkungan dan sebaliknya akan mempengaruhi lingkungan.

Dengan demikian, jika ingin membangkitkan ekonomi umat, kita perlu menaruh perhatian besar terhadap kesadaran spiritual masyarakat di sebuah negara. Kita harus menggali semangat spiritual yang bisa menjadi alat pemicu ketika kita bergelut di bidang ekonomi. Hal ini betul-betul harus diniati sungguh-sungguh karena kita punya landasan yang tidak diragukan lagi.

Spiritualitas Menjadi Modal Utama Kemajuan Bangsa

Menurut Ketua Majelis Dakwah Al-Hikmah Jambi, H. Yel Zulmardi, SH, Spiritualitas adalah kekuatan dahsyat yang terpendam  dalam setiap diri manusia. Karena itulah, Umat Islam harus menata diri dengan lebih banyak meneropong ke dalam, belajar dari sejarah perjuangan bangsa.

Nilai-nilai spiritual yang ada di tengah masyarakat Nusantara adalah potensi besar yang dianugrahkan Allah kepada bangsa ini. Karena itu, rakyat Indonesia harus optimis dan kerja cerdas membangun kekuatan bangsa melalui pembentukan Sumber Daya Manusia dengan spiritualitas yang kuat dan mumpuni.

Spiritualitas  merupakan  kekuatan yang paling dahsyat karena memuat  nilai-nilai kemuliaan, nilai-nilai ketuhanan, nilai-nilai budaya yang dapat membungkus dan menata perubahan 

Karena itulah, Spiritualitas Menjadi Modal Utama Kemajuan Bangsa kita di masa lampau, masa kini dan di masa depan.

Kekuatan spiritual memengaruhi kehidupan manusia dan membantu menghilangkan hambatan dan hal-hal negatif dari kehidupan serta memberinya kekuatan batin. Tanpa penghayatan spiritual yang dalam, orang akan kehilangan jati diri.

Jadi, ada hubungan yang erat antara nilai-nilai spiritual dengan perekonomian umat dan kemajuan bangsa. Maka, untuk dapat keluar dari kesulitan ekonomi, umat Islam tidak hanya memerlukan transformasi intelektual, tetapi juga membutuhkan transformasi spiritual.

Transformasi spiritual adalah perubahan mendasar dalam kehidupan spiritual seseorang dari kehampaan, menuju ke arah yang jauh lebih baik. Sehingga kita bisa keluar dari cengkeraman kapitalis.

Allah Nomor Satu 

Melalui Transformasi Spiritual kita Menemukan Allah SWT

kembali dalam kegiatan ekonomi. Sehingga kita bisa melihat Bagaimana Allah Bekerja Di Balik Kemelut Ekonomi dan Keuangan.

Seiring dengan itu, muncullah kesadaran bahwa kesulitan ekonomi yang kita hadapi hari ini sebetulnya adalah manifestasi dari hubungan kita dengan Allah SWT. Seberapa kuat kita terhubung dengan Sang Pencipta, Sumber segala solusi. Karena itu kita wajib menempatkan Allah  sebagai Yang Nomor Satu dalam segala hal. ?

Allah Nomor Satu adalah, Kalimat Hikmah yang sering dilontarkan Guru Mursyid kita, Allahyarham H. Permana Sasrarogawa. Kalimat Hikmah ini mempunyai kekuatan yang luar biasa yang mempunyai Energi Transformatif. Sehingga bisa mengubah hidup dan kehidupan seseorang.

Menurut Allahyarham H. Permana Sasrarogawa, Kalimat Allah Nomor Satu, adalah sebagai bukti bahwa Allah menjadi Prioritas dalam hidup kita

Dengan menempatkan Allah sebagai Prioritas, maka kita akan menarik sumber daya yang kita butuhkan untuk memenuhi tujuan jiwa raga dan memberikan kontribusi kepada kita menuju ke dunia yang lebih baik. 

Yakinlah! Dia akan Menyelesaikan Seluruh Masalah dan Kesulitan Keuangan kita  ini dengan Cara Ilahiyah. Sebagaimana hal itu dijanjikan dalam Firman-Nya,

 “Sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.” (QS. Yusuf: 110)

Marilah kita, segera mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jika kita dekat dengan Allah, tentu dapat memberikan ketenangan pikiran dan hati. Semakin kita dekat dengan Allah, maka hidup pun akan semakin penuh berkah dan nikmat. Berikut ini Cara Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

  1. Shalat Awal Waktu
  2. Baca Qur’an
  3. Shalat Tahajud
  4. Zikir
  5. Amal Shaleh
  6. Sedekah
  7. Tawakal

Semoga uraian singkat ini dapat menambah semangat anda untuk bangkit dari kesulitan ekonomi bersama Allah SWT. (AZ)

 

Silakan Kunjungi, Subscribe, Like dan Share Link SKAJENIUS.COM :

 

1.     SPIRITUALITAS PENGGERAK KEBANGKITAN EKONOMI UMAT : https://youtu.be/yCx_bRa9DEE

2.     NIKMATNYA HIDUP SEHAT BERSAMA AL-QURAN : https://youtu.be/_jYuY9xSZDY

3.     TAHAJUD MENJEMPUT SOLUSI : Perjalanan Spiritual di Sepertiga Malam : https://youtu.be/9-PZxW6Vubg

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.