-->
logo

EKONOMI GOTONG ROYONG : Membangun Team Work Bisnis Keluarga

Hot News

Hotline

EKONOMI GOTONG ROYONG : Membangun Team Work Bisnis Keluarga

 


SKJENIUS.COM.- MIRIS‼️Sistem perekonomian kapitalisme yang dianut mayoritas negara di dunia menyebabkan banyaknya orang miskin. Pasalnya, sistem ekonomi kapitalisme ini mengenyampingkan rasa keadilan bagi umat manusia. Sehingga menimbulkan ketimpangan sosial di masyarakat.

Diperkirakan saat ini sedikitnya 824 juta jiwa warga bumi masih miskin dan memprihatinkan. Sementara itu, BPS mencatat, total jumlah penduduk miskin Indonesia per Maret 2022 sebanyak 26,16 juta orang.

Celakanya lagi, sistem ekonomi kapitalisme hanya berpihak kepada pemodal. Sistem kapitalisme akan membentuk perilaku individualis pada setiap orang dalam masyarakat yang ditandai dengan karakter materialisme

Karena itu, sangat bertentangan dengan nilai-nilai luhur budaya Nusantara. Pasalnya, prinsip Dasar Ekonomi Masyarakat Nusantara adalah Gotong Royong. Dalam budaya kita, menjalankan roda ekonomi itu dengan tujuan kemaslahatan bersama.

Masyarakat melakukan kegiatan ekonomi dengan memanfaatkan sumber daya lokal yang tersedia dan fokusnya untuk mencukupi kebutuhan sesamanya

Jadi kegiatan ekonomi adalah tindakan manusia untuk memperoleh barang ataupun jasa guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan saling bertukar barang atau menukar mata uang.

Seperti yang kita ketahui bersama, manusia tidak ada yang dapat hidup sendiri. Ia pasti membutuhkan bantuan dari manusia lainnya. Sudah seharusnya sesama manusia saling tolong menolong dalam kehidupan sehari-harinya

Jadi, pada dasarnya kegiatan ekonomi dalam budaya Nusantara adalah saling membantu dan bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.

Dengan demikian, sistem ekonomi masyarakat Nusantara sangat bertolak belakang dengan sistem kapitalis. Karena Sistem kapitalis itu mengutamakan keuntungan pemilik modal semata.

Karena itulah, jika rakyat Indonesia ingin maju dan berkembang dalam ekonomi, harus segera keluar dari cengkeraman kapitalis global.

Mengembangkan Sistem Ekono Kerakyatan

Kita harus betul-betul mengembangkan sistem ekonomi yang berazaskan Gotong Royong dan kekeluargaan serta bekerjasama untuk meraih kesejahteraan bersama.

Prinsip Kerja Sama ini sejalan dengan Konsep “Ta'awun” atau tolong menolong dalam Islam. Sebagaimana disebutkan Allah dalam Firman-Nya:

 “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan.” (QS. Al-Maaidah: 2).

Bismillah dengan berazaskan Gotong Royong ini kita bisa membangun team work dalam bisnis keluarga.

Yakinlah! Kekuatan dan keberkahan suatu bisnis akan terwujud dengan sistem berjamaah satu keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Allah. Sebagaimana hal tersebut dijanjikan-Nya dalam Al-Qur'an:

“Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi.” (QS. Al A'raf : 96)

Manifestasi prinsip gotong royong dan kerjasama ini secara konkret dapat dibuktikan dalam mengelola suatu usaha keluarga.

Kita dapat mengembangkan usaha keluarga dengan semangat kebersamaan yang terwujud dalam semboyan filosofi hidup bangsa Indonesia “berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”

Konsekuensinya, seluruh anggota keluarga harus saling mendukung sesuai porsi dan kemampuannya masing-masing.

Membangun Team Work dalam Binis Keluarga

Kegiatan bisnis keluarga akan melibatkan peran anggota rumah tangga dalam menjalankan usaha tersebut

Dalam sebuah keluarga yang meliputi seorang ayah, ibu dan anak mempunyai peran dalam kegiatan usaha keluarga itu.

Kerja sama antara anggota rumah tangga tersebut berfungsi untuk mengoptimalkan hasil usaha serta memenuhi kebutuhan rumah tangga

Selain itu, dengan mengelola bisnis bersama keluarga, maka keuntungan yang diperoleh juga akan menjadi milik bersama.

Namun, jangan lupa dalam bisnis keluarga perlu ada pemimpin yang tegas dan bisa mengambil keputusan secara adil

Seorang ayah dan ibu memiliki peran yang kuat di dalam rumah tangga, mereka sebagai pengambil keputusan yang berkaitan dengan kebutuhan rumah tangga.  Sementara itu semua anak menjadi anggota Team Work sesuai kompetensinya

Berikut ini tips sukses dalam mengelola bisnis bersama keluarga,

  1. Musyawarah Sebelum Memulai Bisnis
  2. Susun Rencana Bisnis Yang Baik
  3. Atur Pembagian Tugas
  4. Membangun Rasa Tanggung jawab Bersama
  5. Tegakkan Keadilan Dalam Segala Hal
  6. Manajemen Risiko Berbasis Sedekah
  7. Saling Menjaga Komunikasi

Semoga paparan singkat ini dapat memberi inspirasi dan menambah semangat Anda untuk membangun bisnis keluarga. Banyak perusahaan besar dan mapan yang berawal dari sebuah bisnis keluarga yang kemudian berkembang dan bahkan meraksasa

Untuk itu, perlu disadari sejak awal bahwa dalam mengelola bisnis keluarga yang sukses, mengharuskan Anda memperlakukan bisnis sesuai aturan bisnis.

Sebagaimana hal tersebut sering diingatkan oleh Guru Mursyid kita, Allahyarham Haji Nasir Adnin,

 “Bisnis itu ada aturannya, kegiatan sosial pun ada aturannya. Maka jangan campuradukkan antara kegiatan bisnis dan kegiatan sosial. Insya Allah kamu sukses dalam bisnis.”

Namun demikian, perlu disadari bahwa seorang pebisnis punya tanggung jawab sosial terhadap lingkungannya.

Karena itu, seorang pengusaha harus mempunyai komitmen dan pertimbangan yang cermat terhadap hak asasi manusia, komunitas, lingkungan, dan masyarakat tempatnya beroperasi

Nah, jika Ingin Bisnis Anda Berkembang, Ikuti aturan berikut ini :

  1. Memberi Solusi pada Umat
  2. Terapkan Manajemen Ilahiyah
  3. Manajemen Keuangan Efektif
  4. Prioritaskan Kualitas
  5. Gunakan Spiritual Marketing
  6. Menjalin Relasi dengan Pelanggan
  7. Sedekah sebagai instrument manajemen risiko

Semoga Allah memberi petunjuk dan kemudahan kepada kita semua dalam mengembangkan Ekonomi Gotong Royong.

Wa Billahi Taufiq wal Hidayah.

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

 

Silakan Kunjungi, Subscribe, Like dan Share Link SKJENIUS.COM :

 

1.     EKONOMI GOTONG ROYONG : Membangun Team Work Bisnis Keluarga : https://youtu.be/HdmwnWxicLM

2.     TIDAK ADA ALASAN MENGANGGUR !!! Kembangkan Potensi Diri : https://youtu.be/AB2d_YOnywE

3.     PELIHARA NAFSU SEBAGAI KEKUATAN PERUBAHAN : https://youtu.be/6AlYex1iK-Y

4.     Bagaimana Menyelesaikan Masalah Dengan Cara Spiritual???: https://youtu.be/KcPmAjjHf2U


This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.