-->
logo

Transformasi Nilai-nilai Spiritual dan Kearifan Lokal di Era Digital dalam Perspektif GEN-Z Entertainment

Hot News

Hotline

Transformasi Nilai-nilai Spiritual dan Kearifan Lokal di Era Digital dalam Perspektif GEN-Z Entertainment

SKJENIUS.COM, Cikarang.-- Dengan kecanggihan teknologi yang mumpuni, generasi milenial dibentuk menjadi pribadi yang serba digital dan modern. Namun, tak bisa dipungkiri pula, di balik itu semua, hal ini justru menjadi bumerang bagi generasi milenial.

Demikian diungkapkan oleh CEO GEN-Z Entertainment, Rully Zamri, SH menjawab pertanyaan wartawan seputar seputar Konsep Transformasi Nilai-nilai Spiritual dan Kearifan Lokal di Era Digital dalam Perspektif GEN-Z Entertainment, di kantornya, Hikmah Apartement & Office, Cikarang, Jawa Barat. "Efek negatif dari revolusi digital saat ini menjadi perhatian banyak pihak dan bagaimana pengaruhnya terhadap masyarakat, terlebih pengaruhnya bagi kaum millenial dan generasi z," tambahnya.

Menurut Rully Zamri, Generasi milenial sangat bergantung pada media sosial namun mereka belum memiliki filter yang kuat untuk dapat menyaring informasi yang diterima.

"Kemajuan teknologi menjadi problomatika baru bagi mereka pemuda bangsa ini yang belum siap, sehingga mereka dijajah oleh zaman namun tidak secara fisik melainkan secara mental dan pemikiran dengan digiring pada kemelutnya pornografi, narkotika, miras, dan lain-lain," katanya.

Parahnya lagi, kata CEO GEN-Z Entertainment itu, derasnya arus globalisasi perlahan namun pasti membuat generasi muda Indonesia asing terhadap budayanya sendiri. Hal ini tentu menjadi mimpi yang lebih buruk lagi jika para generasi milenial bangsa kita tidak memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang budayanya sendiri.

"Melihat realita yang terjadi di era milenial ini, GEN-Z Entertainment berupaya menawarkan satu skenario utama yang perlu dipahami oleh para pemuda generasi Y dan Z agar dapat menggunakan kemajuan teknologi ini secara bijak dan maksimal yakni tidak lain dan tidak bukan ialah dengan mengilhami secara utuh spiritualitas dan kearifan lokal yang dimiliki negeri dan bangsa kita Indonesia," ujarnya.

Melalui Konten NGOPI, Ngobrol Spiritual Bareng Aby, ungkap Rully, GEN-Z Entertainment ingin menyemai Nilai-nilai Spiritual dan membumikan Kearifan Lokal Masyarakat Adat Nusantara di Komunitas Millenial dan Generasi Z. "Kita berupaya menjelaskan dengan gaya bahasa millenial bahwa menjunjung local wisdom yang kita miliki bukan berarti mengabaikan kemajuan dan menjadi tertinggal atau yang sering disebut “tidak update”. Pasalnya, berbagai kajian dan fakta menunjukkan bahwa bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki karakter kuat," papar Rully.

CEO GEN-Z Entertainment itu mengingatkan, nilai-nilai karakter tersebut adalah nilai-nilai yang digali dari khazanah budaya yang selaras dengan karakteristik masyarakat Nusantara (local wisdom), jadi bukan “mencontoh” nilai-nilai bangsa lain yang belum tentu sesuai dengan karakteristik dan kepribadian bangsa Indonesia.

"Penguatan terhadap kearifan lokal sudah semestinya dilakukan bukan saja untuk mempertahankan eksistensi budaya nenek moyang. Lebih dari itu penguatan dan kearifan lokal dapat dijadikan sebagai pengokoh nasionalisme bangsa ini," ungkap Rully.

Lebih lanjut Rully menjelaskan, spiritual adalah sesuatu yang penting dan perlu untuk dipelajari. Spiritual berhubungan dengan jiwa ataupun rohani. Maka, spiritual menjadi kebutuhan manusia dalam memaknai hidup.

"Oleh karena itu, dengan melakoni spiritual yang benar, bisa menciptakan kedamaian batin bagi diri dan lingkungan," pungkas CEO GEN-Z Entertainment itu. (az).

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.