-->
logo

GEN-Z Entertainment Menjembatani Jurang Antargenerasi di Era Millenial

Hot News

Hotline

GEN-Z Entertainment Menjembatani Jurang Antargenerasi di Era Millenial

SKJENIUS.COM, Cikarang.-- Tak bisa dipungkiri, saat ini komunikasi antargenerasi boleh dibilang memiliki jurang yang cukup besar. Pergeseran era membuat komunikasi antargenerasi kerap kali bermasalah. Karena itulah, Dakwah di Era Millenial ini menghadapi tantangan yang cukup serius.

Demikian disampaikan oleh CEO GEN-Z Entertainment, Rully Zamri, SH menjawab pertanyaan wartawan seputar konsep Mengatasi Jurang Komunikasi Antargenerasi, seusai menghadiri acara peluncuran konten NGOPI, Ngobrol Spiritual Bareng Aby seri kedua di Pendopo Al-Hikmah, Cikarang Jawa Barat.

"Mau tidak mau para pendakwah harus menyadari, setiap generasi punya karakter dan kekhasan masing-masing. Tentu tak elok memperbandingkan antargenerasi. Lain generasi, lain juga kebiasan," tambahnya.

Menurut Rully Zamri, mungkin banyak hal yang dianggap biasa saja oleh generasi kekinian mungkin dirasa kurang sopan oleh generasi sebelumnya. "Jadi, ada kesenjangan komunikasi antargenerasi. Perkara itu muncul menjadi pembahasan menarik selama beberapa tahun terakhir," ujarnya.

Menurut Rully perbedaan itu, mungkin di masa lalu  tidak terlalu terasa. Masalah baru muncul kini, ketika dalam satu komunitas bisa terdapat empat sampai lima generasi berbeda. Industri 4.0 yang kian maju dan berkembang, juga serbuan teknologi yang bergerak cepat, menambah segala keruwetan ini. 

"Bila tidak segera diantisipasi oleh para pemimpin, tokoh masyarakat, pendakwah, ustadz dan 'Ulama, maka bahaya miskomunikasi bisa menjadi tantangan serius dalam berdakwah," kata CEO GEN-Z Entertainment itu.

Karena itulah, kata Rully Zamri, para da'i harus menguasai ilmu komunikasi. Pasalnya, keberhasilan dari dakwah ditentukan dari keberhasilan komunikasi yang terjadi di dalamnya. "Dakwah akan berhasil apabila audien dapat menerima dan mengerti ajaran yang disampaikan. Inilah mengapa dakwah sangat bergantung pada ilmu komunikasi," jelas CEO GEN-Z Entertainment itu.

Seiring dengan itu, kata Rully, tidak hanya komunikasi yang kita kenal sebagai proses menyampaikan pesan, melainkan aspek lain yang menunjang komunikasi tersebut, misalnya media komunikasi.

"Maka, dalam menghadapi tantangan dakwah di era mellineal ini, para da'i pun perlu membekali diri dan menyesuaikan diri untuk sebisa mungkin mengusai tekhnologi , media sosial dan internet," katanya.

Pada dasarnya, menurut CEO GEN-Z Entertainment itu, dakwah pada hari ini bisa lebih mudah disampaikan dan diterima karena sekarang pada umumnya setiap individu bergantung pada alat komunikasi gajet, yang akses dakwah mudah didapat di internet. "Sehubungan dengan hal tersebut di atas, GEN-Z Entertainment  berupaya Menjembatani Jurang Antargenerasi X, Y dan Z di Era Millenial ini," imbuhnya.

Untuk itu, kata Rully, pihaknya membuka pintu seluas-luasnya kepada para Da'i, dan 'Ulama untuk berdiskusi, berbagi ilmu dan pengalaman tentang pemanfaatan media digital sebagai sarana dakwah. "Seiring dengan itu, kami juga memberikan Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Komunikasi yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan kaula muda," pungkas Rully. (az).




 

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.