-->
logo

Menyemai Nilai-nilai Spiritual Melalui Dakwah Digital untuk Para Millenial dan Generasi Z

Hot News

Hotline

Menyemai Nilai-nilai Spiritual Melalui Dakwah Digital untuk Para Millenial dan Generasi Z

SKJENIUS.COM, Cikarang.--Tidak bisa dipungkiri bahwa konten-konten Negatif yang berbau pornografi, gazwul fikri, penipuan, pelecehan, pencemaran nama baik, radikalisme, ekstrimisme dan hoax sangat cepat menyebar dan mampu masuk ke semua lini. Maka, perlu counter yang membawa angin segar dan pencerahan serta solusi bagi masyarakat pengguna internet Indonesia yang didominasi Milenial dan Generasi Z.

Demikian disampaikan oleh CEO GEN-Z Entertainment, Khairul H. Zamri, SH, menjawab pertanyaan wartawan seputar konsep Dakwah Digital untuk Generasi Millenial dalam menghadapi tantangan Revolusi Digital saat ini di Pendopo Al-Hikmah, Cikarang, Jawa Barat. "Kemajuan teknologi mengakibatkan model dakwah semakin bekembang pesat dan dinamis. Oleh karena itu, dakwah spiritual perlu masuk ke wilayah digital," imbuhnya.

Menurut, CEO GEN-Z Entertainment yang akrab disapa dengan panggilan Rully itu, di era millenial ini, dakwah tidak cukup dengan mengembangkan kajian di masjid. Namun, perlu masuk dan memberi warna sekaligus memengaruhi perilaku masyarakat lewat media sosial. "Maka dakwah digital menjadi tantangan sekaligus peluang. Artinya, model dakwah ini perlu membaca dan memahami kecenderungan keberagamaan generasi," katanya.

Rully mengingatkan, setiap generasi memiliki corak keberagamaan yang unik. Karena para pendakwah harus mengetahui bagaimana agama dipahami dan dipraktikkan generasi milenial dan bagaimana dakwah dilakukan di era milenial.

"Generasi milenial dan generasi z yang lekat dengan internet tentu berbeda dengan zaman generasi X. Karena Model keberagamaan yang berbeda, maka membutuhkan alat dakwah yang berbeda pula," kata Rully.

Dakwah model lama, kata CEO GEN-Z Entertainment itu,  dengan bertemu dalam lingkungan terbatas akan tergeser oleh model dakwah digital. Dakwah digital yaitu model pengajaran Islam melalui media. "Model dakwah ini dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Hal itu sesuai dengan karakteristik masyarakat milenial yang sangat akrab dengan gawai (gadget). Mereka mengakses internet hampir setiap saat," paparnya.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, kata Rully, GEN Z Entertainment menghadirkan konten NGOPI (Ngobrol Spiritual Bareng Aby). Dijelaskannya, konten ini menyajikan pembahasan seputar spiritualitas secara populer dan Transformatif bersama Tokoh Spiritual Nusantara, Kyai Ageng Khalifatullah Malikaz Zaman.

"Semoga melalui Ngobrol Spiritual Bareng Aby ini  dapat menjadi obat kegersangan hati kaum millenial yang dikenal penuh dengan tekanan dalam hidupnya, dikarenakan beban pekerjaan dan tuntutan yang tinggi dari lingkungan," kata CEO GEN-Z Entertainment itu.

Rully mengingatkan, nilai-nilai spiritual, nilai-nilai ketuhanan, nilai-nilai budaya nusantara, nilai-nilai kebaikan kepada sesama, semua adalah penyejuk hati dalam kegersangan hidup. Jadi semoga dapat memberi informasi yang berguna bagi yang mendengarnya.

"Seiring dengan itu, kita berharap semoga materi kajian spiritual yang disampaikan Kyai Ageng Khalifahtullah Malikaz Zaman ini dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran tentang bagaimana cara membentuk kepribadian spiritual mental di kalangan milenial di zaman digital yan begitu cepat berkembang," kata Rully.

Oleh karena itu, CEO GEN-Z Entertainment itu mengharapkan agar ada satu feedback  atau masukkan yang bersifat membangun dari berbagai pihak, agar bisa menjadikan konten NGOPI ini lebih baik lagi dan semakin bermanfaat bagi generasi milenial.

"Kami senang mendengar dari Anda, silahkan sampaikan komentar, opini, masukan/saran, pengaduan, pertanyaan atau apa saja kepada Kami melalui email: genzentertainment.com@gmail.com," pungkas Rully. (az).



This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.