-->
logo

Bagaimana Cara Menemukan Passion Dengan Tepat?

Hot News

Hotline

Bagaimana Cara Menemukan Passion Dengan Tepat?

SKJENIUS.COM, Cikarang.-- Mungkin kita sering mendengar orang yang menyarankan untuk memilih karier atau bisnis sesuai dengan passion kita. Sehingga, kita bisa bekerja dengan bersemangat, menikmati, dan tentu hasilnya pun lebih optimal, dibanding dengan melakukan sesuatu secara terpaksa.

Demikian disampaikan, Direktur Keuangan GEN-Z Entertainment, Nita Yuliana, dalam acara NGOPI, Ngobrol Spitiual Bareng Aby, di Pendopo Al-Hikmah, Cikarang, Jawa Barat. “Karena itu, passion merupakan hal pertama yang harus dimiliki seseorang untuk meraih kesuksesan,” Imbuhnya.

Namun, masalahnya, kata Nita, beberapa orang mungkin sudah tahu ke depannya ia ingin menjadi apa karena sejak dini ia sudah menyukai dan menekuni suatu bidang. Sementara di sisi lain, masih banyak juga orang yang tak tahu apa passion mereka. Akibatnya, timbul rasa kehilangan arah dan lelah saat bekerja.

“Sehubungan dengan hal itulah, dalam acara Ngobrol Spiritual Bareng Aby edisi keempatbelas ini, kita minta pencerahan dari Guru Spiritual kita, Kya Ageng Khalifatullah Malikaz Zaman tentang Bagaimana Cara Menemukan Passion Dengan Tepat?” Ujar Nita.

Seiring dengan itu, Kyai Ageng Khalifatullah Malikaz Zaman mengingatkan, mungkin kita sering mendengar dan mengucapkan istilah tersebut. Baik itu di rumah, lingkungan sekitar, atau dimana pun itu. Tetapi apakah kita tahu apa makna dari kata ini secara harfiah? Terkadang orang hanya menyebutkan saja tanpa tahu arti passion itu apa yang sebenarnya. Apa arti passion?

“Secara singkat, passion adalah minat, ketertarikan, atau gairah yang kuat terhadap suatu pekerjaan maupun kegiatan Bisnis,” kata Tokoh Spiritual yang akrab dipanggil Aby itu.

Jadi, Kata Kyai Ageng, Passion itu adalah ketertarikan seseorang untuk melakukan sesuatu yang disukai atau dianggap penting untuk dilakukan.

“Saat kita melakukan sesuatu sesuai dengan passion kita, tentu kita akan merasa lebih hidup dan tak merasa terbebani dalam bekerja. Karena itulah, penting dan perlu kita menemukan passion agar bisa bekerja atau melakukan kegiatan dengan penuh semangat,” tegasnya.

Sehubungan dengan itu, Menurut Kyai Ageng, para sobat ngopi yang terdiri dari kaum Millenial dan generasi Z itu perlu mengetahui bahwa dalam budaya Nusantara, khususnya pada Masayarakat Adat Minangkabau ada istilah “Manjapuik Sumangek”.

“Manjapuik Sumangek, artinya menjemput semangat. Acara ini adalah tradisi yang dilakukan masyarakat Minang pada saat seorang anak berusia sekitar satu tahun. Dimana anak tadi diajak ke rumah orang tua ayahnya untuk menjalani upacara adat menjemput semangat,” Kyai Ageng menjelaskan.

Nah, hal ini, kata Guru Spiritual itu, menggambarkan betapa pentingnya semangat itu dalam Budaya Nusantara di masa lalu. Entahlah Masa kini ?

“Di masa lampau, Nenek Moyang kita sudah menyadari betul pentingnya suatu semangat dalam hidup. Sehingga ada upara sendiri untuk menjemput semangat itu ke Rumah orang Tua Ayahnya,” tandas Kyai Ageng.

Lebih lanjut Kyai Ageng menjelaskan, menemukan passion itu memang tidak mudah. Tapi bukan berarti Sulit. Jadi, dapatlah dikatakan, menemukan sesuatu yang menjadi passion kita itu gampang-gampang susah.

“Namun demikian perlu disadari juga, memiliki passion saja tidak cukup dalam menjalani hidup yang seutuhnya. Banyak juga orang-orang yang menjalankan suatu pekerjaan untuk memenuhi kebutuhannya, walaupun tidak sesuai dengan passion yang dimiliki,” katanya mengingatkan.

Jadi, kata Kyai Ageng, kalau sampai hari ini, masih ada diantara sobat ngopi yang belum bisa menemukan dimana passion-nya, janganlah terlalu khawatir. Karena  hal itu wajar-wajar saja.

“Tapi mumpung masih muda, ada baiknya para sobat ngopi, khususnya para Millenial dan Generasi Z cepat menemukan passion-mu. Semakin cepat kamu menemukannya, semakin luas kesempatan yang akan muncul di hadapanmu untuk bisa mengembangkannya,” lanjutnya.

Berdasarkan pengalaman saya, kata Kyai Ageng, ada lima Jurus Sakti yang harus diamalkan, sehingga seseorang dapat menemukan passionnya dengan tepat, yaitu:

  1. Mohon Petunjuk dan Pertolongan Allah agar kita bisa menemukan Passion.
  2. Menggali Diri untuk Menemukan Passion
  3. Berkonsultasi dengan Konsultan Kepribadian?
  4. Mulailah Melakukan Sesuatu dari hal yang mudah
  5. Kembangkan Passion karena Passion bisa lebih dari satu

Sebagai orang beriman dan berakal, kita harus menyadari sepenuhnya bahwa Allah adalah Maha Sumber segalanya. Dia-lah Sumber Passion kita yang sesungguhnya. “Karena itulah, dalam upaya menemukan passion kita, maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah ambil wudhu lalu dirikan shalat hajad,” terangnya.

Selanjutnya, Guru Spiritual itu, mengingatkan agar selesai shalat berdo’a, mohon petunjuk  dan Pertolongan Allah agar kita bisa menemukan Passion. “Yakinlah, Allah akan membimbing kita untuk menemukan passion kita,” kata Kyai Ageng meyakinkan.

Selanjutnya, kita harus berupaya menggali potensi diri kita agar kita bisa memahami kekuatan dan kelemahan diri, maka kita dapat mengatur strategi yang tepat dalam mencapai tujuan.

Sayangnya, kata Kyai Ageng, tidak banyak orang benar-benar memahami potensi diri yang dimiliki. Padahal, dengan mengenali potensi diri dapat mengubah kehidupan dan memungkinkan kita untuk mewujudkan impian.

“Untuk itulah, kita harus menyadari bahwa kita memiliki potensi hebat dalam diri masing-masing. Yuk…kita gali Potensi Diri kita,” ajaknya.

Seiring dengan itu, kata Kyai Ageng, kita perlu berkonsultasi dengan seseorang yang kita anggap lebih berilmu dan berpengalaman dari kita. Misalnya kita bisa menemui Guru Mursyid, ‘Ulama, Pembimbing Spiritual, Konsultan Kepribadian.

“Dengan menemui seorang konsultan kita dapat membicarakan perihal kesulitan kita dalam menemukan pssion kita. Insya Allah, seorang konsultan yang ahli dan berpengalaman akan bisa memberikan solusi dan membantu kita dalam masalah kepribadian. Sehingga, pada akhirnya kita dapat menemukan passion kita,” katanya.

Nah, setelah kita mulai paham mana yang jadi passion kita, maka mulailah melakukan kegiatan dari hal yang mudah. Sekalipun itu adalah hal yang kita anggap kecil dan  dipandang sepele oleh masyarakat .

“Pasalnya, sering kali, orang terlalu perfeksionis, sehingga kurang memperhatikan perkara kecil yang ternyata berefek besar untuk kehidupan sehari-hari kita,” ujar Kyai Ageng.

Terkadang, kita begitu sibuk untuk mengejar pencapaian tanpa sesekali menyeimbangkan antara kebutuhan diri serta target yang hendak di capai. “Maka, lakukanlah apa yang kamu bisa. Mulailah dari hal yang kecil untuk hidup yang lebih optimal, lebih tenang dan bahagia,” tambahnya.

Namun demikian, Kyai Ageng melanjutkan, setelah kita mulai melakukan suatu kegiatan atau bisnis, sesuai passion kita, jangan berhenti di situ! “Kita tetap harus mencoba hal baru,” katanya.

Tujuannya apa? Ya tentu untuk menunjang passion pilihan kita. Sehingga kemampuan kita dalam passion tersebut semakin berkembang dari hari ke hari.

“Hal ini, juga akan sebanding dan sejalan dengan hasil pekerjaan di kantor atau pun di arena bisnis. Perlahan tapi pasti, kita akan merasakan manfaat ini. Dan, jangan lupa untuk teruslah belajar!” Pungkas Kyai Ageng. (az).

Silakan Kunjungi, Subscribe, Like dan Share Link GEN-Z Entertainment :

Bagaimana Menyelesaikan Masalah Dengan Cara Spiritual??? :https://youtu.be/KcPmAjjHf2U

AMPUHYA TERAPI SPIRITUAL : https://youtu.be/hIVC2JTxGyo

Shalat Menyehatkan : https://youtu.be/rXHFyrVyU4s

Zikir Menyembuhkan : https://youtu.be/S4DzPPW2kno

Do'a Yang Menyembuhkan : https://youtu.be/s_IRVoffS_8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.