-->
logo

Membina Keluarga Harmonis Menurut Islam

Hot News

Hotline

Membina Keluarga Harmonis Menurut Islam

 

SKJENIUS.COM.— Untuk mewujudkan keluarga harmonis menurut Islam. Berikut ini beberapa yang di ajarkan oleh Guru Kita K.H.ABY Zamri  yang selalu kita kenal dengan Kyai Ageng Khalifatullah Malika Zaman melalui Webinar dan Dzikir Online bersama para ikhwan dan Majelis Dakwah Al-Hikmahnya yang berada di seluruh Persada Bumi Dunia.yaitu,


1. Memperkuat Hubungan dengan Allah SWT .


2. Saling Menjaga Ibadah

Keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warohmah akan terwujud bila pasangan tidak menjaga ibadahnya dengan baik.


3. Saling Mencurahkan Perhatian yang harmonis dan bahagia dapat membuat pasangan senang jika usia pernikahan telah lama terkadang suami ataupun istri sudah jarang mengucapkan kata cinta dan juga sayang. 


Oleh karena itu sering-seringlah mengucapkan kata-kata sayang ataupun cinta kepada pasangan.


Aby juga menjelaskan dengan tindakan ke 4 adalah. Menghabiskan Waktu Berkualitas Bersama Keluarga

dalam menjaga ikatan keluarga.


Terkadang ketika suami sibuk bekerja seringkali meninggalkan waktu kebersamaan keluarga dirumah. 


Waktu merupakan hal yang sangat berharga dan tak ternilai jika dibandingkan dengan uang sekalipun. 


Jadi perlu meluangkan waktu,

melakukan banyak kegiatan rekreasi bersama, saling bercerita, dan melakukan aktivitas yang menyenangkan juga akan menumbuhkan cinta di tengah keluarga.


5. Bersyukur kepada Allah

  salah satu pondasi memiliki rumah tangga dan keluarga yang harmonis. Dengan bersyukur, suami akan membuat istrinya berada di jalan yang benar, begitu pun sebaliknya.


6. Bersabar Satu Sama Lain


7. Maafkan Kesalahan Mereka

"Siapa pun yang memaafkan dan membuat rekonsiliasi, hadiahnya adalah [karena] dari Allah." (QS. An-Nuur: 22).


8. Tidak Mudah Marah.seperti yang di terangkan oleh hadis bahwa “Orang yang kuat bukanlah orang yang dapat mengalahkan orang lain (dalam gulat); 


sebaliknya, pria yang kuat adalah orang yang mengendalikan dirinya ketika dia marah." [HR. Ahmad].


9. Mengetahui Tugas Seorang  untuk membangun rumah tangga yang harmonis, 

perlu memahami, mengerti dan mengamalkan kewajiban suami terhadap istri dalam Islam.


Ada banyak sekali tugas suami dalam membina rumah tangga agar bisa harmonis, salah satunya yaitu membayar mahar, memperlakukan istri dengan baik dan memberikan nafkah, baik itu makanan, pakaian, maupun tempat tinggal.


Selain itu untuk membangun rumah tangga yang harmonis maka sebagai suami jangan sampai berbuat kasar terhadap istri dan juga tidak boleh pelit dalam menafkahi istri maupun anaknya.


Jadi kita juga harus menghormati suami dan tidak boleh bersikap buruk. Dan yang terpenting untuk membangun rumah tangga yang harmonis yaitu suami harus mengajarkan dan juga membimbing istri agar selalu taat kepada Allah SWT. 


Bahkan dikatakan bahwa orang mukmin yang sempurna imannya yaitu orang yang mempunyai akhlak yang baik terhadap istri dan juga keluarganya.


10. Memahami Tugas Seorang Istri  untuk membangun rumah tangga yang harmonis, istri juga harus memenuhi kewajibannya. 


Jangan hanya menuntut suami saja untuk menjalankan tugasnya.


Beberapa adab dan juga akhlak istri yang harus dilakukan oleh wanita yaitu hendaklah diam dirumah, jika mempunyai suami yang dapat memenuhi semua kebutuhan perekonomian keluarga alangkah lebih baiknya sebagai istri diam dirumah hal tersebut tercantum dalam surat Al-Ahzab ayat 33.


Selain itu sebagai istri hendaknya mengutamakan berbagai tugas rumah tangga dan juga ketika berada di depan suami segera berdandan lah agar suami merasa senang saat melihat kita.


Sikap lainnya yaitu jagalah kehormatan suami dan jangan sampai bersikap menyebalkan di depan suami jika  sedang dalam suasana hati yang buruk dan tidak ingin bertemu suami, maka jangan sampai menghindarinya.


Untuk mendapatkan rumah tangga yang harmonis kita juga harus selalu memberikan perhatian terhadap rumah tangga dan mendahulukan hak suami. Ada banyak sekali keutamaan istri melayani suami.


11. Saling Terbuka Satu Sama 


Sikap saling terbuka atau mushorohah merupakan sikap yang sangat penting dalam membangun rumah tangga yang harmonis. Dimana yang sebelumnya haram akan menjadi halal ketika telah melakukan pernikahan contohnya seperti halal dalam bersentuhan.


Dengan menumbuhkan sikap saling terbuka maka akan membuat timbulnya rasa saling percaya antara istri dan suami. 


Dengan begitu maka suami ataupun istri akan mengetahui kepribadian, kesenangan, kebiasaan dan juga hal yang tidak disukai oleh istri ataupun suami.


12. Bangun Komunikasi yang Baik.


Di era modern ini sudah banyak berkembang aplikasi untuk mempermudah kita berkomunikasi sekalipun dalam jarak jauh.ujar Aby(Mislinda)

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.