-->
logo

POWER OF MILLENNIALS : Solusi Atasi 7 Tantangan Besar yang Dihadapi oleh Millennial dan Gen Z

Hot News

Hotline

POWER OF MILLENNIALS : Solusi Atasi 7 Tantangan Besar yang Dihadapi oleh Millennial dan Gen Z

SKJENIUS.COM, Cikarang.-- Imam 'Ali KWJ berkata, “Didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup bukan di zamanmu."

Setiap generasi memiliki tantangan zamannya masing-masing. Namun, studi terbaru menunjukkan, generasi Millennial dan Z merasa lebih menderita dengan tantangan pada zamannya dan merasa tertekan.

Tantangan yang dihadapi generasi muda saat ini bisa dikatakan kian kompleks. Kenapa begitu? Kerena kemudahan akses informasi yang ditopang internet dan media sosial ibarat dua sisi mata uang. Di satu sisi bisa menumbuhkan iklim kreatif dan semakin luasnya pengetahuan, tapi di sisi lain, berpotensi menyebabkan dekadensi moral dan spiritual.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, Ketua Dewan Syura Majelis Dakwah Al-Hikmah (MDA), Kyai Ageng Khalifatullah Malikaz Zaman  meluncurkan "Power of Millennials" di Pendopo Al-Hikmah, Cikarang Jawa Barat, Senin (10/12/2020). Power of Millennials merupakan program yang diinisiasi Majelis Dakwah Al-Hikmah bekerjasama dengan PT. Samudera Biru Line dengan tujuan memberikan wadah kreativitas dan inovasi bagi generasi muda (Millennial dan Gen Z) yang akan dibentuk di masing-masing daerah guna mendorong semangat transformasi dalam menghadapi era perubahan.

Dalam catatan Team Perancang Program Power of Millennials, setidaknya ada Tujuh Tantangan Kaum Millennial dan Gen Z, yaitu :

  1. Rapuhnya pondasi spiritualitas,
  2. Kesenjangan kepercayaan diri,
  3. Sikap yang semakin individualistis,
  4. Lapangan kerja semakin sulit,
  5. Kebutuhan hidup yang semakin tinggi,
  6. Lingkungan alam yang bertambah rusak,
  7. Maraknya peredaran narkoba.

Power of Millennials berupaya memberikan solusi kepada para Millennial dan gen z dalam mengatasi berbagai problem kehidupan yang mereka hadapi. Mereka juga akan diberikan Pelatihan Problem Solving & Decision Making. Pemecahan masalah dan pengambilan keputusan adalah keterampilan penting untuk bisnis dan kehidupan.

Seiring dengan itu, Power of Millennials berupaya membangkitkan potensi diri para Millennial  dengan cara encouraging ideas atau mendorong mereka menyampaikan ide-ide kreatif dan inovatif-nya.  Generasi milenial sangat loyal terhadap kepentingan mereka, karena itulah, Power of Millennial pun berusaha bersinergi dengan kepentingan mereka. Insya Allah mereka akan stay and stand strong dengan kita. Sehingga daya juang mereka pun akan tampil secara maksimal.

Menurut Kyai Ageng, gerakan Power of Millennials ini bertujuan untuk mendorong generasi muda Indonesia lebih berperan aktif dalam membangun Tanah Air. “Kami mengajak generasi milenial untuk menjadi pahlawan zaman now dengan berkontribusi positif di semua bidang sesuai dengan passion-nya. Kami juga ingin membawa generasi milenial yang memiliki kepercayaan diri, super kreatif, dan pekerja keras, menjadi Agent of Change untuk menciptakan Indonesia masa depan yang Adil dan Makmur,” kata Kyai Ageng Khalifatullah Malikaz Zaman.

Power of Millennials ini diharapkan bisa menularkan hal-hal yang positif dan inovatif kepada seluruh generasi muda bangsa. Majelis Dakwah Al-Hikmah akan selalu mendukung generasi milenial untuk bisa berkarya, bersinergi dan memberikan kontribusi nyata untuk Indonesia yang lebih baik.

"Power of Millennials akan menciptakan semangat, ide dan kreasi serta perubahan positif untuk sinergi Majelis Dakwah Al-Hikmah dan Pemerintah Indonesia ke depan. Program ini ditargetkan dapat menyebarkan pengaruh positif dalam setiap aspek pembangunan nasional," papar Kyai Ageng Khalifatullah.

Problem Solving Skill Untuk Menjawab Tantangan Zaman

Setiap zaman punya tantangannya sendiri. Tumbuh menjadi generasi milenial di zaman sekarang tentu tidak lepas dari berbagai kemudahan sekaligusnya sejumlah tantangan. Tingginya persaingan untuk sukses di dunia karir begitu ketat, bahkan untuk milenial yang pertama kali masuk dunia kerja. Ke depannya, tantangan hidup akan jauh lebih banyak sehingga untuk menghadapinya diperlukan persiapan yang matang. 

Karena itulah, Generasi Millennial dan Gen Z perlu menyadari dan Memahami Pentingnya Problem Solving Skill serta mengetahui Cara Meningkatkannya. Problem Solving adalah kemampuan untuk menganalisis masalah serta menemukan solusi yang efektif untuk memecahkan masalah tersebut.

Kemampuan ini sangat diperlukan di dalam dunia kerja. Keahlian ini sangat penting disaat kita mengambil keputusan dan juga mengatasi masalah di dunia kerja, baik untuk masalah yang terduga maupun tidak terduga.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, Power of Millennials memberikan Pelatihan Problem Solving and Decision Making  untuk para Millennial dan Gen Z. Pelatihan Problem Solving dan Decision Making ini akan membantu para Millennial mengembangkan kemampuan berpikir secara kritis dan analitis dalam menyelesaikan suatu masalah, dan memilih solusi yang terbaik untuk dilakukan.

Training ini akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk menemukan root cause (akar permasalahan) secara sistematis dan sekaligus komprehensif, sehingga para Millennial tidak hanya tahu tindakan perbaikan (corrective action) yang dilakukan, namun juga tindakan pencegahan (preventive action) yang diperlukan supaya masalah tidak terulang lagi di kemudian hari. 

Mengadopsi prinsip Conversational Intelligence (C-IQ) sebagai salah satu tren bisnis terbesar dalam keunggulan bersaing di masa kini dan mendatang. Disampaikan dalam bentuk group coaching dan penuh dengan praktek untuk memastikan peserta pelatihan mampu menggunakan keterampilan Problem Solving & Decision Making ini.

Pelatihan Problem solving akan menjadi skill yang sangat dibutuhkan di masa depan, bukan sekadar kemampuan menyelesaikan masalah saja. Problem solving adalah sebuah pola pikir atau mindset yang akan membawa secara tidak langsung untuk berpikir positif dan solutif. Di Era Digital yang sangat dinamis ini butuh penyikapan yang tak biasa, terutama menangani hal-hal yang secara tiba-tiba akan menjadi suatu permasalahan.

Kemampuan problem solving sendiri sangat berkaitan dengan kemampuan lain yang melibatkan kemampuan menganalisa, mengeluarkan ide, mendengar, pengambilan keputusan, komunikasi, hingga kerja sama tim. Saat para Millennial dan gen z  memiliki beberapa kemampuan seperti yang telah disebutkan di atas, maka menemukan solusi dari masalah yang dihadapi akan bisa dilakukan lebih mudah. (az)

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.