-->
logo

Memanfaatkan Limbah Sampah Plastik, Tim PKM-KC FH UNS Menciptakan Gagasan Alat Pengubah Sampah Plastik Berbasis Destilasi Panel Surya

Hot News

Hotline

Memanfaatkan Limbah Sampah Plastik, Tim PKM-KC FH UNS Menciptakan Gagasan Alat Pengubah Sampah Plastik Berbasis Destilasi Panel Surya

Surakarta, SKJENIUS.COM-, Salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Penelitian dan Pengembangan. Perkambangan teknologi yang sangat cepat, inovasi baru, dan bahkan produk-produk penyelesaian masalah yang mutakhir, lahir dari penelitian dan pengembangan. Hal ini diimplementasikan oleh Tim Program Kreativitas Mahasiswa-Karsa Cipta (PKM-KC) Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret dengan menciptakan gagasan rancang bangun alat pengubah sampah plastik yang inovatif dan terbaharukan. Tim diketuai oleh Fakhrur Ramadani, dengan beranggotakan Hanif Alwan Mumtaz, Muhammad Faizal Fahmi, dan dibimbing oleh Dr. Muhammad Rustamaj, S.H., M.H.

Salah satu alternatif penanganan sampah plastik adalah dengan melakukan proses daur ulang (recycle). Pirolisis sampah plastik merupakan salah satu bentuk proses daur ulang dengan mengubah plastik menjadi bahan bakar. Selain bermanfaat untuk mengurangi jumlah sampah plastik, pirolisis sampah plastik juga bermanfaat untuk menyediakan bahan bakar dengan nilai energi yang cukup tinggi.

Guna mewujudkan gagasan ini, maka TIM PKM-KC FH, UNS mewujudkanlah rancang bangun alat pengubah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak alternatif yang dinamakan ‘Aplas Jadul’. Alat ini memanfaatkan energi panas matahari yang diubah menjadi energi listrik melalui panel surya, untuk selanjutnya dioptimalkan guna menghasilkan BBM Sintetis berbahan sampah plastik. Pemanfaatan energi matahari inilah yang menjadi pembeda (novelty) dengan alat pengolah sampah plastik yang banyak beredar di masyarakat namun tanpa menenggang keramahan bagi lingkungan. 

Eksistensi alat ini diharapkan dapat berperan melestarikan lingkungan karena selain mengurangi sampah plastik, dihasilkan pula sumber energi baru berwujud BBM sintetis berbahan sampah plastik. Manfaat lain yang dihasilkan dari produk ini adalah munculnya inovasi rancang bangun alat pengolah sampah plastik yang ramah lingkungan tanpa menghasilkan emisi gas buang saat pemprosesan sampah plastik menjadi BBM Sintetis. (khz)




This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.