-->
logo

EKONOMI PANCASILA : Mengembangkan Bisnis Berazas Gotong Royong

Hot News

Hotline

EKONOMI PANCASILA : Mengembangkan Bisnis Berazas Gotong Royong

 

SKJENIUS.COM, Jakarta.— Tak bisa dipungkiri, Dunia Usaha mengalami tekanan yang luar biasa akibat pandemi COVID-19 ini. Para pebisnis babak belur menghadapi situasi yang diluar perhitungan mereka. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat banyak kegiatan ekonomi terhenti, merugikan bisnis dan badai PHK pun melanda yang menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan.


Data Bank Indonesia (BI) yang mencatat kegiatan dunia usaha turun signifikan akibat pandemi. BI mencatat survei kegiatan dunia usaha, saldo bersih tertimbang tercatat -35,77%. Seiring dengan itu, realita sehari-hari di tengah masyarakat menunjukkan Daya Beli Masyarakat Makin Menurun, Permintaan Merosot, Banyak Pabrik Tutup, Aktivitas Manufaktur Menurun, Industri Jasa Terpuruk, Jumlah Pengangguran Meningkat.


Namun demikian, dibalik berbagai dampak negatif yang ditimbulkannya, dari Sudut Pandang Spiritual, sesungguhnya Pandemik ini mengingatkan kita akan pentingnya Solidaritas, Kesetiakawanan Sosial dan Gotong Royong Masyarakat di tengah prahara Covid-19. Marilah situasi yang ‘Extraordinary’ ini kita jadikan momentum untuk membangkitkan dan menunjukan semangat Gotong Royong dan Solidaritas terhadap sesama khususnya untuk masyarakat yang terkena PHK atau nonjob.


Karena itulah, para pengusaha harus saling membantu dan bersinergi dengan pemerintah, para buruh serta masyarakat untuk mengatasi situasi Ekonomi dalam Negeri. Dalam hal inilah kita semua perlu menyadari pentingnya sinergi dengan tiga kekuatan yang ada, yakni pemerintah sebagai regulasi, pengusaha menghidupkan sektor ekonomi dan pekerja. Insya Allah, dengan adanya sinergi dari Tiga Kekuatan Ekonomi, tentu dunia usaha akan survive menghadapi terjangan Krisis Ekonomi Kapitalis Global. Sehingga Indonesia terhindar dari Jurang Resesi.


Sebagai seorang Spiritual Business Consultant yang berpengalaman selama 27 tahun, saya percaya bahwa kekuatan semangat Gotong Royong dan sikap saling mendukung demi kemajuan bersama. Hal tersebut akan membangkitkan Kekuatan Batin yang memicu  terbitnya Inovasi dan Kreativitas. Sehingga dengan bermidalkan Inovasi dan Kreativitas itu, kita dapat melakukan Gerakan Pemulihan Ekonomi dan Bisnis. Hal tersebut akan membuka peluang untuk para pebisnis Indonesia, agar bisa memasarkan produk ke pangsa pasar yang lebih luas.


Untuk itulah, kita harus menghindari segala bentuk Kompetisi dan Persaingan yang tidak sehat antar sesama pengusaha. Sebaiknya kita menjalin Kemitraan dan membangun Kolaborasi, terutama dengan pengusaha sejenis. Pasalnya, di era industri 4.0 ini tidak lain adalah mengubah mindset dan paradigma untuk saling sinergidinamis, dan harmonis. Semoga dalam menghadapi era revolusi industri 4.0, pertumbuhan Ekonomi Indonesia bisa bangkit.


Seiring dengan itu kita harus berupaya  Menciptakan Hubungan Industrial Yang Harmonis. Karena rezeki pengusaha dengan para pekerja saling terkait. Mari kita jadikan Perusahaan yang kita kelola sebagai Wadah Penyalur Rezeki para karyawan. Untuk setiap majikan atau pemilik perusahaan atau pemerintah, hendaklah tidak mengakhirkan gaji bawahannya dari waktu yang telah dijanjikan, saat pekerjaan itu sempurna atau di akhir pekerjaan sesuai kesepakatan.


Sebagaimana Rasulullah SAW mengingatkan dalam Sabda Beliau : “Berikan kepada seorang pekerja upahnya sebelum keringatnya kering.” (HR. Ibnu Majah).


Sebagai Spiritual Business Consultant  dengan platform dan perangkat yang efisien, kekuatan Metode Problem Solving berbasis Manajemen Ilahiyah serta didukung Team Konselor yang handal, Insya Allah, kami siap Memberikan KonsultasiBimbingan UsahaAudit Spiritual Perusahaan dan Solusi Bisnis ke berbagai segmen masyarakat (korporasi, institusi pemerintah & UMKM), jaringan toko dan koperasi).


Kami fokus menyediakan Pelayanan dan Konsultasi Bisnis dalam upaya mengatasi masalah dan meningkatkan kinerja Perusahaan Anda. Insya Allah, Metode Problem Solving berbasiskan Manajemen Ilahiyah yang kami kembangkan akan Mendukung Pemasaran dan Meningkat Penjualan. Mari kita bangun bisnis Anda bersama-sama dengan Spiritual Business Consultant.


Yakinlah, sesulit apapun masalah Ekonomi, Keuangan dan Bisnis yang Anda hadapi, selalu ada cara untuk Bangkit lagi. Mari wujudkan bersama kami :


SPIRITUAL BUSINESS CONSULTANT 


Hikmah Apartement & Office : Jl. Raya Sukamantri No. 110, Cikarang, Jawa Barat.


Contact Person:


Suhu Rosi Wibawa, S.Kom - 0895-0579-3048

Nita Yuliana, SE - 0852-1013-2089

Khairul H. Zamri, SH - 0812-9505-0587




This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.