-->
logo

Biaya Mendirikan Partai Politik Mahal? Jalin Silaturahmi, Satukan Visi Misi!

Hot News

Hotline

Biaya Mendirikan Partai Politik Mahal? Jalin Silaturahmi, Satukan Visi Misi!

SKJENIUS.COM, Jakarta.--Membentuk Partai Modern Berbasis Kearifan Lokal dan Spiritual itu penting ! Pasalnya Partai politik adalah organisasi utama dalam kehidupan politik modern. Kita membutuhkan partai politik untuk mengorganisasikan dan menyalurkan secara sehat perbedaan dan bahkan pertentangan dalam masyarakat, yang membuat kehidupan politik modern menjadi beradab dan berbudaya.

Demikian disampaikan oleh Pakar Politik dari Universitas Sriwijaya, Dr. Zulfikri Suleman, MA dalam diskusi online bertajuk "Menggagas Model Alternatif Pendanaan Partai Politik," yang diselenggarakan Dewan Perancang Partai Nusantara Bersatu. "Sebaliknya, tanpa partai politik, kehidupan politik hanya akan menjadi panggung kekacauan akibat kecenderungan naluriah politisi-politisi untuk saling mengalahkan, yang akhirnya berisiko mengorbankan kepentingan publik," tambahnya.

Menurut, penulis buku "DEMOKRASI UNTUK INDONESIA Pemikiran Politik Bung Hatta", Dr. Zulfikri Suleman, peran partai politik terkait pengorganisasian gagasan dan pendapat yang begitu banyak dan beragam dalam masyarakat. "Sudah jelas, gagasan dan pandangan yang dikemukakan secara individual kepada pemerintah tidak dapat diharapkan akan mampu mempengaruhi kehidupan publik. Sebaliknya, melalui keanggotaan dalam partai politik, anggota-anggota masyarakat dapat mempengaruhi kehidupan publik secara keseluruhan," ujarnya.

Karena itulah kata Dr. Zulfikri Suleman, MA, sebagai warga negara, kita memerlukan partai politik sebagai  bridge organization, organisasi antara. Maksudnya, melalui anggota-anggotanya di lembaga legislatif sebagai wakil rakyat, partai politik menjalankan peran politiknya sebagai jembatan antaran kepentingan publik dan kepentingan pemerintah yang kadang-kadang saling bertentangan. Melalui peran antara oleh partai politik ini, pemerintah sekaligus menunjukkan akuntabilitasnya terhadap publik. 

"Jadi, Partai Politik adalah organisasi yang bersifat nasional dan dibentuk oleh sekelompok warga negara Indonesia secara sukarela atas dasar kesamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik anggota, masyarakat, bangsa dan negara, serta memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945," paparnya.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, Sekretaris Dewan Perancang Partai Nusantara Bersatu, Khairul Zamri, SH, menegaskan tujuan dari dibentuknya partai politik adalah untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik anggota, masyarakat, bangsa dan negara, serta memelihara keutuhan negara Indonesia. "Seiring dengan itu, pentingnya membentuk partai politik adalah untuk membentuk sikap dan prilaku, sebagai sarana sosialisasi politik, sebagai sarana partisipasi politik, sebagai mengendalian konflik dan sebagai pemandu kepentingan. Maka satu diantara tugas partai politik adalah menyalurkan aneka ragam pendapat dan aspirasi masyarakat," tandasnya.

Namun demikian, Khairul Zamri, merasa prihatin, mengingat mahalnya ongkos atau biaya politik untuk ikut pemilu di Indonesia lantaran sejumlah hal. Biaya politik mahal, karena biaya politik, selain kampanye memang tinggi, tapi juga terkait dengan mahalnya biaya untuk mendirikan partai politik itu sendiri. "Apalagi, persyaratan mendirikan partai politik haruslah punya kantor kepengurusan di 100 persen provinsi, 75 persen kabupaten/kota, dan 50 persen kecamatan. Itu kan mahal sekali," kata Khairul

Karena itu, kata Khairul, di era globalisasi ini, nampaknya duit jadi urat nadi utama partai. Jadi, kalau duit cekak, otomatis partai akan bermasalah. Padahal Partai itu, adalah pilar demokrasi. Namun, pilar itu akan sehat dan kuat bila mampu mengurus dirinya sendiri. "Dan bahan bakar untuk itu lagi-lagi adalah dana. Negara memang memberi bantuan bagi partai yang lolos ke DPR, DPRD provinsi, kabupaten dan kota. Bantuan dihitung per suara. Tapi bantuan yang diberikan negara teramat kecil. Hanya Rp 108 per suara," tandasnya.

Menurut Khairul Zamri, dari hasil penelitiannya, biaya operasional parpol sangat besar. Biayanya itu mencapai Rp75-Rp150 miliar tiap tahun. Biaya ini bisa naik sampai tiga kali lipat saat menjelang pemilu. Jadi mendirikan parpol mahal, menjalankan mahal, apalagi menjadi ketum.

"Karena itulah Dewan Perancang Partai Nusantara Bersatu, harus mampu Menggagas Model Alternatif Pendanaan Partai Politik yang Kreatif dan Inovatif . Misalnya dengan pola Crowdfunding, yakni sebuah metode untuk meningkatkan dana partai melalui usaha kolektif yang berasal dari teman, keluarga, pelanggan, serta donatur," ujarnya

Jalin Silaturrahmi, Satukan Visi Misi

Sementara itu, Ketua Dewan Perancang Pembentukan Partai Nusantara Bersatu, KGPH Eko Gunarto Putro, Mda mengatakan tak perlu terlalu khawatir dengan masalah dana partai. Sekalipun tetap harus ditemukan solusi terbaiknya. "Karena itulah perlu kita sadari bersama bahwa fondasi penting dari sebuah partai politik adalah kesamaan visi. Tanpa itu, orang-orang yang bergabung, malah menjadikan partai untuk mendapatkan keuntungan finansial," kata Kangjeng Eko.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, Kangjeng Eko menekankan pentingnya membangun silaturahmi dalam upaya menjalin kesamaan visi. Kalau orang tidak sama visinya, datang, ongkosnya mana? Tapi kalau dia sama visi, dia keluarkan ongkos sendiri. Karena itu, Kangjeng Eko yakin tak perlu dana besar mendirikan partai jika sudah memiliki visi yang sama. Dia menyinggung pernah ada capres yang pemilihnya patungan agar bisa memenangkan pertarungan. Hal itu sebagai salah satu bukti, biaya bisa ditanggung bersama jika sudah memiliki visi dan misi yang sama.

"Kalau orang sudah punya kesamaan visi misi dan berkeinginan kuat mendukung seseorang, tentu dia keluarkan dana. Kan begitu. Jangan Lupa? Bukankah ada capres yang dibiayai oleh pemilihnya dengan mengumpulkan uang? Jadi kalau dia sudah berkehendak, dia keluarkan duit," pungkas Ketua Dewan Perancang Pembentukan Partai Nusantara Bersatu itu. (az).




This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.