-->
logo

Kenali Potensi Diri Agar Hidup Mandiri

Hot News

Hotline

Kenali Potensi Diri Agar Hidup Mandiri

SKJENIUS.COM, Cikarang.— Satu hal yang sangat merisaukan kita saat ini, adalah masih terpuruknya ekonomi Indonesia dalam jurang Resesi, sementara Pandemi Covid-19 pun belum diketahui kapan meredanya?

Demikian disampaikan Direktur Keuangan GEN-Z Entertainment, Nita Yuliana, SE dalam acara Ngopi (Ngobrol Spiritual Bareng Aby), Jum’at lalu, di Pendopo Al-Hikmah, Cikarang, Jawa Barat. “Karuan saja perekonomian umat makin sulit, pengangguran terus bertambah dan jumlah orang miskin pun makin meningkat,” tambahnya.

Menurut Nita, Ironis memang! “Mengapa di Negara yang kaya raya dengan Sumber Daya Alam Melimpah, Rakyatnya justru banyak yang hidup susah, setidaknya ada 9 juta orang yang menganggur dan sekitar 27 juta orang hidup di bawah garis kemiskinan?”

Sehubungan dengan hal itulah, kata Nita dalam kesempatan Ngobrol Spiritual  Bareng Aby, GEN-Z Entertainmen mengangkat topik seputar Pentingnya Mengenali Potensi Diri Agar Hidup Mandiri.”

Menanggapi pernyataan Direktur Keuangan GEN-Z Entertainment itu, Kyai Ageng Khalifatullah mengungkapkan kerisauannya, menyaksikan nasib saudara-saudara sebangsa dan se tanah air yang saat ini masih menganggur dan sekitar 27 juta orang hidup di bawah garis kemiskinan.

Karena itulah Kiyai Ageng mempertanyakan, “Mengapa di Negara yang kaya raya dengan Sumber Daya Alam Melimpah, Rakyatnya justru banyak yang hidup melarat?

Menurut Guru Spiritual yang kondang itu, tentu tidak mudah menjawab pertanyaan ini karena banyak faktor yang menyebabkan terjadinya pengangguran dan kemiskinan itu. Bahkan, masalah kemiskinan seperti ketersediaan kebutuhan pokok merupakan sebuah faktor yang sangat krusial yang akan dapat menjatuhkan sebuah pemerintahan.

“Maka dari itu, setiap warga negara wajib mengetahui faktor-faktornya agar dapat mengatasi masalah kemiskinan bersama-sama. Namun demikian, menurut saya, faktor terpenting adalah Rendahnya Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia,” tandas Kyai Ageng.

Namun demikian Kyai Ageng mengingatkan, rakyat Indonesia pada dasarnya sangat bisa dan mampu untuk membangun kembali PERADABAN yang LUHUR sebagaimana berjayanya berbagai Kerajaan dan Kesultanan di Nusantara di masa lampau. “Pasalnya  dalam sejarahnya RAKYAT Indonesia memang memiliki TRAH sebagai bangsa CERDAS dan Mempunyai Kualitas SDM yang Unggul dan Mumpuni di masa lampau,” paparnya.

Keistimewaan Leluhur kita, menurut Kyai Ageng karena Bangsa Nusantara adalah tiada henti belajar mengenali potensi dirinya sendiri. “Karena itulah Nenek Moyang kita gemar melakukan SEMEDI atau MEDITASI dalam upaya Beliau Mengolah Rasa, Cipta dan Karsa untuk mengembangkan Potensi Diri, agar bisa hidup Mandiri,” jelasnya.

Kyai Ageng memaparkan bahwa Nenek Moyang orang Nusantara, Menyadari betul betapa penting dan perlunya Mengenali Potensi Diri. Kemudian potensi diri itu dikembangkan dan didayagunakan. Sehingga menghasilkan karya yang spektakuler di zamannya. “Karena itulah kita perlu menggali kembali Nilai-nilai luhur budaya kita, terutama dalam hal yang terkait dengan Pengembangan Sumber Daya Manusia ini,” ujarnya.

Guru Spiritual itu, mengajak para Millenial dan Generasi Z agar meluangkan waktu untuk mempelajari Kebudayaan Nusantara sebagai Pondasi Membangun Karakter Bangsa. Sesungguhnya DNA untuk sukses, Maju dan Berkembang itu sudah ada dalam Diri rakyat Indonesia. Persoalannya, Maukah Rakyat Indonesia dan Para Pemimpinnya Menggali Potensi Diri secara serius dan berkesinambungan,” tegas Kyai Ageng.

Karena itulah, Kyia Ageng sangat menyayangkan melihat prilaku sebagian masyarakat kita saat ini. Mereka cenderung hanya memikirkan kenaikan taraf hidup ketimbang menggali potensi diri. “Orang sering kali menghabiskan waktu membentuk strategi untuk naik jabatan, mempertahankan kekuasaan, gaji yang lebih besar, dan keuntungan lain dalam bekerja,” tambahnya.

Menurut Kyai Ageng, mereka mengukur kesuksesan dari materi saja sampai lupa cara mengembangkan potensi diri yang ada untuk hasil yang lebih maksimal.Padahal setiap orang sudah dianugerahi Allah dengan berbagai potensi diri yang luar biasa, yakni kemampuan atau kekuatan dalam diri yang masih tersembunyi dan belum teraktualisasi, namun masih bisa dioptimalkan,” katanya mengingatkan.

Lebih lanjut Kyai Ageng menjelaskan, manusia terlahir dengan potensinya masing-masing. Setiap orang memiliki potensi yang berbeda-beda. Termasuk Sobat Ngopi yang selalu ceria dan penuh semangat. “Oleh karena itu, para Millenial dan generasi Z perlu menyadari bahwa Anda memiliki bermacam-macam potensi yang sudah diberikan Allah sebagai wujud Kasih Sayang-Nya kepada kita semua,” urainya.

Sehubungan dengan hal itulah, Kyai Ageng mengingatkan, tugas kita adalah mengenali dan mengembangkan potensi yang kita punya dan mengarahkannya kepada jalan Allah Swt. Semoga kita bisa hidup mandiri, sejahtera dan bahagia. Mengenal diri sendiri amatlah penting dalam hidup ini. Sebab orang yang mengenal dirinya akan mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Sehingga dia mampu mengelola kelebihannya (potensi) untuk meraih keberhasilan  hidup di masa depan,” tambahnya.

Menurut Kyai Ageng Khalifatullah, terdapat beberapa jenis potensi diri yang dimiliki individu. Potensi ini dapat berupa kondisi fisik hingga sosial dan bisa terus dikembangkan. Lebih lengkapnya, berikut ini beberapa jenis potensi diri, antara lain :

1.     Kekuatan Iman yang mendekatkan Diri ke Sumber Potensi, Allah SWT,

2.     Energi Ilahiyah Meningkatkan Kualitas Hidup

3.     Kekuatan Rasa Melahirkan Budi Pekerti

4.     Daya Cipta Menghasilkan Karya

5.     Nafsu Sebagai Kekuatan Perubahan

6.     Intuisi, kemampuan Super yang Melampaui Nalar

7.     Kekuatan Fisik

Namun sayangnya, generasi muda masa kini seringkali malas untuk menggali potensi yang mereka miliki. Tentu saja dengan seribu satu alasan, atau bahkan mereka memang belum menyadari potensi yang mereka miliki. “Nah, sehubungan dengan hal itulah, saya berharap GEN-Z Entertainment, bisa menyajikan konten-konten positif dan kreatif yang dapat memotivasi generasi muda untuk terus menggali potensi yang dimilikinya,” pungkas Kyai Ageng. (az).

 

Silakan Kunjungi, Subscribe, Like dan Share Link GEN-Z Entertainment :

Kenal Potensi Diri Agar Hidup Mandiri : https://youtu.be/7t2foXnX2pU

Mengenal Diri Sejati Manusia : https://youtu.be/Lcxj3NPb72s

MANFAAT ENERGI ILAHIYAH Untuk Hidup Yang Lebih Indah : https://youtu.be/FK_w6VN9LB8

PELIHARA NAFSU SEBAGAI KEKUATAN PERUBAHAN : https://youtu.be/6AlYex1iK-Y

Shalat Menyehatkan : https://youtu.be/rXHFyrVyU4s

 

 

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.