-->
logo

Jangan Salahkan Millenial! Tapi Cara Mendidik Kita Yang Perlu Diperbaiki!

Hot News

Hotline

Jangan Salahkan Millenial! Tapi Cara Mendidik Kita Yang Perlu Diperbaiki!

SKJENIUS.COM, Cikarang.-- Tak Bisa Dipungkiri, Banyak Stigma Disematkan kepada Generasi Millenial. Mereka sering dicap sebagai generasi "Mager" yang Malas Gerak, disebut juga kaum rebahan dan Manja. Mereka dinilai menyukai gaya hidup yang serba instan, tidak loyal, dan gemar pindah-pindah kerja.

Demikian disampaikan oleh CEO GEN-Z Entertainment, Rully Zamri, SH menjawab pertanyaan wartawan seputar "Degradasi Moral Generasi Milenial, Salah Siapa?" di Pendopo Al-Hikmah, Cikarang, Jawa Barat, seusai menghadiri peluncuran konten "NGOPI YUK...!" Ngobrol Spiritual Bareng Aby.

"Inilah yang menjadi keluhan masyarakat akhir-akhir ini. Pasalnya generasi muda bangsa yang seharusnya menjadi tokoh dibalik kemajuan bangsa justru dinilai mengesampingkan etika dan moral dalam perilaku kesehariannya," imbuhnya.

Akan tetapi, Rully, mengingatkan, stigma itu belum tentu benar. Karena itu, perlu diadakan survey yang terutkur untuk membuktikan keadaan yang sebenarnya. Maka, jangan buru-buru berpandangan negatif pada komunitas millenial. Jadi, kurang fair, jika kita hanya menyalahkan millenial tanpa menyelidiki dan memahami akar masalahnya.

Namun, CEO GEN-Z Entertainment itu mengakui banyak diantara generasi millenial dan generasi z pada  saat  ini  terpapar  oleh  masifnya  perkembangan teknologi, terutama teknologi digital. "Digitalisasi di berbagai bidang ini juga membuka jendela peluang dan ancaman yang sama. Ia akan  menjadi ancaman jika  hanya pasif menjadi pengguna dan pasar, namun akan menjadi berkah jika kita mampu menaklukkannya menjadi pemain yang menentukan lanskap  ekonomi berbasis digital dunia," papar Rully.

Karena itu, katanya lebih lanjut, kita harus bersyukur dan mengakui bahwa tak sedikit pula bermunculan anak muda kreatif yang mampu menaklukkan gelombang digitalisasi dengan cara mencari berkah di dalamnya.

"Alhamdulillah, internet, media sosial,  situs  web, layanan  multimedia  aplikasi  ponsel, telah dijadikan  ladang baru  buat  berkarya,  dan  pasar  yang  menjanjikan  bagi kreativitas. Banyak kreator konten dan  pengembang aplikasi Indonesia yang mendunia, mendapatkan  apresiasi baik material  maupun non-material," tuturnya.

Membangun Karakter Millenial Berbasis Spiritual

Berkaca dari permasalahan yang terjadi, kata Rully, maka sudah seharusnya dilakukan upaya-upaya yang dapat membangun karakter bangsa khususnya dalam hal adat-istiadat, budaya dan budi pekerti di Era Milenial ini.

"Ada baiknya untuk memahami dan menyadari bahwa jangan-jangan berbagai stigma negatif yang timbul di kalangan milenial dan generasi z ini akibat Salah Asuhan selama ini. Maka, jangan salahkan millenial, tapi cara mendidik kita yang perlu diperbaiki," tandas Rully.

Maka, menurut Rully, sangatlah tidak adil, jika para millenial dan generasi z disalahkan karena gaya hidup mereka. Pasalnya orang menganggap generasi millenial mempunyai banyak perilaku buruk. Salah satu nya adalah gaya hidup mereka yang serba instan dan lunturnya sopan santun.

"Tapi pernahkah kita bertanya kepada mereka dan kepada diri kita sendiri, sudah pernahkah kita mendidik mereka dengan adat istiadat dan sopan santun. Adakah pendidikan tentang spiritualitas diajarkan di sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Sudahkah para orang tua membimbing dan memberi teladan kepada anak-anaknya agar mempunyai budi pekerti luhur?" Tandas CEO GEN-Z Entertainment itu.

Maka, kata Rully, solusi terbaik untuk mengatasi Degradasi Moral Generasi Milenial dan Generasi Z adalah dengan Mengembangkan Sistem Pendidikan yang dapat Membangun Karakter Millenial Berbasiskan Budaya Spiritual Nusantara.

"Pendidikan berbasis spiritual adalah sistem pendidikan yang menekankan pada pengembangan kemampuan ruhaniyah atau spiritual dengan standar spiritual yang dapat dirasakan oleh peserta didik untuk meraih kesempurnaan hidup menurut ukuran Budaya Nusantara yang Bernuansa Islam," pungkas CEO GEN-Z Entertainment itu. (az).

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.