-->
logo

MANAJEMEN ILAHIYAH : Bisnis Harus Memberi Solusi dan Pelayanan yang Baik Kepada Konsumen

Hot News

Hotline

MANAJEMEN ILAHIYAH : Bisnis Harus Memberi Solusi dan Pelayanan yang Baik Kepada Konsumen


SKJENIUS.COM, Jakarta.— SUBHANALLAH! 49 Negara Sudah Diporak-porandakan Covid-19. Amerika Serikat dan Sekutu Kapitalisnya di Eropa sudah terpuruk. RESESI  Itu Nyata! KRISIS ekonomi global 2020 pun menerjang dunia. International Monetary Fund (IMF) Memprediksi Pertumbuhan Ekonomi 2020: Lebih Buruk Dibanding Krisis Global 2008?


Namun, sampai hari ini belum ada yang bisa memprediksi kapan Eskalasi Pandemi akan mereda? Sementara itu, daya beli masyarakat semakin menurun. Badai PHK mulai melanda. Pengangguran bertambah, jumlah orang miskin meningkat. Maka kesenjangan sosial makin melebar.


Karuan saja, kondisi ekonomi Indonesia yang terpuruk ini, menjadi tantangan yang berat bagi dunia usaha. Sektor usaha mikro, kecil dan menengah lebih rentan dalam menghadapi ancaman pandemi. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), mengalami penurunan pendapatan lebih besar ketimbang segmen korporasi. Besarnya risiko pailit pada usaha mikro, membuat segmen usaha mikro mengalami dampak penurunan pendapatan terbesar. 


Mau tidak mau, para entrepreneur harus berpikir ekstra serta memacu kreativitas dan inovasi agar dapat menemukan Strategi Jitu  untuk Mengatasi Jepitan Resesi Ekonomi ini. Pasalnya, hanya mereka yang mampu mengubah dirinya untuk berpikir kreatif, kritis dan inovatif yang akan berhasil mengatasi terjangan badai resesi di tengah prahara virus corona ini. 


Sehubungan dengan hal tersebut di atas, Insya Allah, melalui tulisan ringkas ini sebagai seorang Spiritual Business Consultant yang berpengalaman selama 25 tahun, saya ingin berbagi Tips Sukses yang Jitu untuk para pemirsa. Semoga bermanfaat dan memberi inspirasi dalam upaya menyiasati kondisi perekonomian yang sedang melorot ini. 


Ada beberapa common things yang sangat penting diperhatikan ketika kita memutuskan untuk membangun sebuah bisnis. Saya sangat menyarankan ketika Anda  memutuskan untuk membangun dan/atau mengembangkan sebuah bisnis hendaklah didasarkan pada usaha memberi solusi pada masalah yang sedang dihadapi masyarakat.


Does it solve a problem? 


Ini pertanyaan yang sangat penting ketika memutuskan untuk membangun sebuah bisnis, solusi apa yang ingin ditawarkan kepada konsumen?Kemudian apakah konsumen betul-betul membutuhkan solusi tersebut? 


Jadi, dalam hal ini, ketika memutuskan untuk meluncurkan produk dan/atau jasa andalan kita,  maka kita mendasari keputusan pada sebuah masalah terlebih dahulu yang tentu membutuhkan solusi.


Dengan demikian, masalah apapun yang dihadapi masyarakat Indonesia dan Dunia di tengah Jepitan Pandemi dan Ancaman Resesi ini, sesungguhnya adalah sumber utama ide bisnis yang potensial sejauh kita mampu menyediakan solusi untuk masalah tersebut.


Will They Pay for Good Price? 


Hal ini adalah yang menjadi pertanyaan selanjutnya, yakni : "Apakah market mau membayar untuk solusi yang kita berikan tersebut?” Go-Line, solusi dengan market yang sangat besar sejauh ada alat transportasi, konsumen rela membayar biaya untuk order dengan harga yang lumayan besar bahkan kadang? Lebih mahal? Membayar Go-Line plus tips daripada pelayanan konsumen yang memuaskan. But, we are willing to pay right? Yeah, that's a business, worth to execute.


Bisnis Harus Jadi Solusi Atas Masalah yang Dihadapi Konsumen


Tujuan bisnis adalah menciptakan pelanggan, kata Peter Drucker.  Bagaimana Anda membuat pelanggan?  Anda menyediakan sesuatu - layanan, produk, solusi - yang mereka butuhkan dan mereka inginkan. Di dunia yang resesi, keinginan dan/atau kebutuhan ini biasanya untuk memecahkan masalah bisnis.  Semakin besar masalah bisnisnya, semakin mendesak, dan semakin baik tawaran Anda membahas, semakin besar kemungkinan dan cepat Anda menciptakan pelanggan.


Oleh karena itu, bagian penting dari bisnis apa pun adalah memperjelas masalah yang dapat Anda selesaikan. Jadi, satu di antara kunci agar sebuah bisnis bisa bertahan dan mendapatkan keuntungan di tengah ancaman pandemi dan resesi adalah dengan menjadi solusi dari permasalahan yang kerap dihadapi masyarakat. Dari situ, akhirnya membuat orang lain mau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.


PT. Samudera Biru Line bersama berbagai perusahaan Supply Chain & Logistic yang ada di Indonesia berupaya memberikan Solusi kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan rantai pasok dan logistik. Pelayanan logistik meliputi kegiatan pergudangan (warehouse), distribusi barang (distribution), transportasi barang (freight transportation), dan pengelolaan pesanan (sales order processing). 


Sementara itu, Supply Chain meliputi kegiatan Logistik diatas ditambah dengan beberapa kegiatan lagi seperti pembelian (Purchasing), pengadaan (Procurement), perencanaan kapasitas produksi (capacity planning), perencanaan pasokan (supply planning), dan perencanaan kebutuhan (forecast demand). Kegiatan yang terpenting dalam Supply Chain adalah bagaimana cara untuk menyeimbangkan Supply dan Demand.


Keistimewaan PT. Samudera Biru Line atau biasa disebut Sabil Line dibandingkan perusahaan sejenis terletak pada motto perusahaan : “Memberi Solusi, Melayani dan Menjaga Amanah”


Motto perusahaan diterjemahkan dalam kegiatan bisnis sebagai wujud Tali Asih antara perusahaan dengan konsumen. Sabil Line memberi Solusi, Melayani dan Menjaga Amanah yang diberikan konsume kepadanya. Solusi diberikan dalam bentuk penyediaan moda transportasi serta waktu dan cara yang tepat. Perusahaan juga memberikan jasa konsultasi gratis dalam hal Supply Chain Management kepada pelanggan dan calon konsumen. Sehingga konsumen bisa memilih cara, waktu dan menggunakan alat transportasi yang tepat untuk pengiriman barangnya ke tempat tujuan.


Perusahaan akan menjaga dengan baik dan penuh kasih sayang amanah yang diberikan konsumen agar terhindar dari kecelakaan, kehilangan, serta hal-hal lain yang tidak diinginkan. Filosofi Tali Asih ini dianalogikan oleh pendiri perusahaan sebagai wujud Kasih Sayang dan Tanggug Jawab Perusahaan sebagai Penerima Amanah terhadap Amanah yang dititipkan kepadanya. 


Sabil Line adalah penerima amanah dan amanah adalah barang kiriman dari pelanggan. Analogi tersebut dalam implementasinya, Sabil Line selaku penerima amanah memperlakukan barang kiriman pelanggan sebagaimana barang miliknya sendiri agar terhindar dari kerusakan, kehilangan, dan hal-hal lain yang tidak diinginkan pelanggan.


Dari gambaran diatas, terlihat bahwa Sabil Line menyadari betul tentang pentingnya solusi dan menjaga amanah dalam memberi kepuasan kepada pelanggan. Sabil Line mempercayai bahwa dengan menjaga sebaik-baiknya kiriman pelanggan sehingga sampai dengan selamat dan tepat waktu, maka pelanggan mendapatkan solusi terbaik atas proses pengiriman barangnya sampai ke tempat tujuan. Tentu saja hal ini memberikan kepuasan bagi pelanggan.


Kepuasan pelanggan akan menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Sebuah filosofi dalam memberi solusi dan melayani yang sangat luar biasa. Sabil Line ingin menjadi Solusi Atas Masalah yang Dihadapi Konsumen.Insya Allah, Sabil Line  terus berkembang dari waktu ke waktu dan pada saatnya, atas ijin Allah menjadi perusahaan logistik terbesar di Indonesia. Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin!


7 Reasons Customer Service Is As Important As The Products You Sell


Saya pernah mengalami, mungkin Kita semua pernah merasakan. Bahkan, masih ingat saat itu kita menelepon ke layanan pelanggan (customer servive) dan ditunda selama berjam-jam atau dibantu oleh perwakilan yang kurang berkualifikasi dan dibiarkan mengurus diri kita sendiri.  Pengalaman itu membuat frustrasi, tertunda dan benar-benar tidak menyenangkan.  


Pada saat itu, kita tentu bertanya pada diri sendiri, apakah saya benar-benar perlu tetap bersama perusahaan ini jika cara mereka memperlakukan pelanggan yang membayar?  Dengan begitu banyak pilihan di luar sana, apakah saya perlu terus menginvestasikan energi emosional saya ke dalam layanan yang tidak dapat saya andalkan atau senang gunakan?  


Dengan perusahaan yang terus-menerus berada di bawah tekanan untuk meningkatkan laba mereka dan memuaskan pemegang saham, dapat dimengerti bahwa hal pertama yang ingin mereka potong adalah biaya layanan tambahan, tetapi dalam melakukannya, abaikan aspek bisnis yang sama pentingnya dengan produk  atau layanan yang mereka jual. 


“There is a spiritual aspect to our lives — when we give, we receive — when a business does something good for somebody, that somebody feels good about them!” – Ben Cohen, Co-Founder Ben & Jerry’s


Jadi, Ada hal penting lainnya yang penting diperhatikan selain mutu barang dan/atau jasa yang Anda jual adalah Pelayanan kepada Pelanggan (Customer Service). Bagian ini tidak hanya menerima keluhan pelanggan dan memberikan solusi semata, namun mereka juga harus bisa mengedukasi konsumen dengan baik. Pelayanan yang baik akan membuat konsumen Anda akan terus kembali menggunakan produk Anda.


“Successful people are always looking for opportunities to help others. Unsuccessful people are always asking, ‘What’s in it for me?‘” – Brian Tracy, Author and Motivational Speaker


Saya menawarkan 7 alasan mengapa layanan pelanggan harus selalu menjadi prioritas utama. Layanan Pelanggan Sama Pentingnya Dengan Produk yang Anda Jual:

  1. Customer Service yang kuat adalah tanda bahwa Anda benar-benar peduli dengan para pelanggan dan calon customer;
  2. Pesanan yang berulang-ulang. Ketika pelanggan puas dengan layanan yang diberikan oleh perusahaan melalui customer service-nya, pelanggan dengan senang hati untuk melakukan order kembali yang berulang-ulang;
  3. Jika pelanggan Anda tidak puas menggunakan produk Anda, tentu mereka akan membatalkan pembelian selanjutnya;
  4. Mengidentifikasi masalah. Jika perusahaan Anda menerapkan customer service dengan benar, maka perusahaan akan dengan mudah mengidentifikasi masalah-masalah yang dialami oleh pelanggan.
  5. Persepsi konsumen dibentuk oleh kualitas layanan pelanggan yang Anda berikan;
  6. Mengganti dukungan telepon dengan  email akan mengurangi kecepatan pelayanan;
  7. Customer Service yang baik akan membuat perusahaan menjadi buah bibir konsumen. Inilah iklan dari Mulut ke Mulut (Word of mouth Marketingyang luar biasa efeknya bagi kemajuan bisnis.

Akhirul Kalam, kesuksesan sebuah bisnis tidak bisa didapatkan secara instan. Diperlukan kerja cerdas dan mental tangguh untuk mewujudkannya. Semoga artikel ini bermanfaat. Silakan di share ke karib kerabat Anda. (az).

❤️


SPIRITUAL BUSINESS CONSULTANT 


Jika Anda memerlukan Buka Aura, Konsultasi Bisnis dan Spiritual serta Ruqyah Diri dan Kantor, silakan berkunjung ke :


Jl. Raya Sukamantri No.110, Cikarang, Jawa Barat.


Contact Person :

 

Ustadz Harun Zen, S.Ag – 082211886583

Suhu Rosi Wibawa, S.Kom - 089505793048

KH. Rosyid Sobri – 08127890686

Ustadz Usri Andi - 085270629655

Irawan Wijaya,SE - 08813281367

Nita Yuliana - 085210132089

Suhu Indra Wijaya - 0895603862974

Mbah Jamal Al-Hikmah – 087884909077

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.