-->
logo

Program Anti Nganggur Nusantara Atasi Dampak Ekonomi Prahara Corona

Hot News

Hotline

Program Anti Nganggur Nusantara Atasi Dampak Ekonomi Prahara Corona


SKJENIUS.COM,-- Subhanallah 🙏 Virus Corona menghantam sektor industri di Bumi Nusantara. Badai pemutusan hubungan kerja (PHK) pun melanda. Sampai hari ini, PHK masih terjadi dan berlanjut di berbagai sektor. Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mencatat jumlah pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan di tengah pandemi Covid-19 sejauh ini mencapai 7 juta orang.

Demikian disampaikan, Sekretaris Dewan Perancang Partai Nusantara Bersatu, Khairul H. Zamri, SH menjawab pertanyaan wartawan seputar "Badai PHK Libas Industri Manufaktur, Jutaan Pekerja Kena Imbasnya. Menunggu Solusi Pemerintah," di kantornya, Hikmah Apartement & Office, Cikarang, Jawa Barat. "Pekerjaan Rumah terberat Pemerintah Indoensia ke depan adalah menyediakan lapangan kerja dan Memberdayakan Masyarakat yang Termarjinalkan 
dalam pembangunan," tambahnya.

Menurut Khairul, SH, berbagai cara dan stimulus ekonomi yang dilakukan pemerintah selama ini dalam mengatasi pengangguran, nampaknya belum mampu meminimalisir tingkat pengangguran yang cukup tinggi di Indonesia. "Faktanya, PHK terus terjadi dan makin banyak pekerja dirumahkan tanpa upah, serta pekerja informal yang sulit bekerja karena dampak Covid-19. Padahal data terbaru Badan Pusat Statistik (BPS), sebelum pandemi corona menyebutkan angka pengangguran di Indonesia tercatat 6,88 juta orang pada Februari 2020." tandasnya.

Namun demikian, di sisi lain, menurut Khairul, faktor penyebab pengangguran, selain PHK dan sulitnya lapangan kerja, juga sering diciptakan oleh diri manusia sendiri. Penyebabnya pun bisa secara disengaja atau tidak. "Karena itulah, penanaman jiwa wiraswasta di sekolah dan di tengah masyarakat merupakan satu cara mengatasi pengangguran yang akan diperjuangkan Partai Nusantara Bersatu," kata Sekretaris Dewan Perancang Partai Nusantara Bersatu.
Khairul mengingatkan Pandemi Corona (COVID-19),diprediksi Organisasi Dana Moneter Internasional (IMF) Akan Menghantam Dunia Ekonomi Lebih Buruk Dari Krisis Keuangan Global 2008. Krisis ekonomi dan keuangan global tentu bakal turut memengaruhi perekonomian Indonesia. Sektor yang pertama kali terpukul oleh krisis tersebut adalah sektor produksi dan ritel. “Sementara itu, Konsumsi rumah tangga yang selama ini menjadi pendorong utama dalam menggerakkan roda perekonomian, laju pertumbuhannya makin melambat. Demikian pula dengan daya beli masyarakat, cenderung menurun mengingat hampir seluruh sektor ekonomi akan terkena dampak cukup signifikan dari COVID-19 ini," paparnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, Dewan Perancang Partai Nusantara Bersatu (DPPNB) telah menyiapkan Program Diklat Anti Nganggur Nusantara untuk membantu pemerintah dan masyarakat yang terdampak wabah corona dalam mengatasi masalah pengangguran. "Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Anti Nganggur Nusantara merupakan satu kegiatan penanggulangan kemiskinan yang cukup efektif untuk mempercepat upaya pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan kapasitas SDM, PERUBAHAN PERILAKU dan BERPIKIR secara KOLEKTIF pada masyarakat," katanya.

Menurut Khairul, yang juga adalah Direktur Operasional PT. Samudera Biru Line itu, Diklat Anti Nganggur Nusantara ini adalah Pelatihan vokasi Plus yang diharapkan menjadi satu terobosan untuk mendorong peningkatan kompetensi SDM Indonesia. Dengan berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan pendidikan formal itu, Khairul menyebut, pelatihan vokasi Plus itu keren.

"Kami juga memperkuat mutu pelatihan vokasi, yakni dengan menerapkan program 3R (Reorientasi, Revitalisasi, dan Rebranding) Diklat Anti Nganggur Nusantara," jelasnya.
Lebih lanjut Khairul memaparkan, jika program tersebut diterapkan, maka, Diklat tidak lagi hanya sekadar program pelatihan menjahit, misalnya, namun di-up grade menjadi fashion technology. "Sehingga orientasi lulusannya tidak hanya masuk industri garmen atau menjahit di rumah., tapi, Insya Allah mereka menguasai fashion design," ujar Sekretaris Dewan Perancang Partai Nusantara Bersatu itu.

Khairul yang juga adalah Direktur PT. Samudera Biru Line, Perusahaan yang bergerak dalam bidang Man Power Supply, Security and safety Equipment itu memaparkan, Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Anti Nganggur Nusantara Berlangsung selama 7 hari. Materi Utama yang diberikan sebagai modal dasar dalam upaya meningkatkan Kulitas Hidup dan Kehidupan adalah:
  1. Management of Soul (Mengembangkan Potensi Diri);
  2. Menggali dan Mendayagunakan Potensi Budaya dan Kearifan Lokal (local wisdom);
  3. Al-Hikmah Achievement Motivation;
  4. Zikir Menyinergikan Inner Power;
  5. Pengembangan Keterampilan;
  6. Ilmu Manajemen, Pemasaran dan Keuangan;
  7. Menata Zakat, Infaq dan Sedekah, sebagai instrument manajemen risiko.
Saat ini, kata Khairul, Diklat Anti Nganggur Nusantara diselenggarakan di Masjid Baiturrahman secara GRATIS bagi masyarakat yang berijazah minimal SD dan berusia minimal 16 Tahun, yang diprioritaskan bagi masyarakat yang tidak memiliki kemampuan secara ekonomis di sekitar Masjid Baiturrahman.

"Program ini bertujuan membekali kompetensi kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitasnya sehingga mampu menciptakan lapangan kerja dan bersaing dalam dunia usaha," pungkas Sekretaris Dewan Perancang Partai Nusantara Bersatu, Khairul H. Zamri, SH. (az).



This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.