-->
logo

Indahnya Bandaneira!

Hot News

Hotline

Indahnya Bandaneira!


Banda, SKJENIUS.COM,- Banda Neira merupakan salah satu surga alam yang dimiliki Indonesia bagian Maluku Tengah. Kepulauan Banda Neira menjadi salah satu tujuan wisata yang selalu memiliki minat tingga oleh para wisatawan domestik maupun asing. Pesona laut Banda Neira begitu sangat memukau, bahkan kekayaan alam berupa Biji Palanya sangat mendunia. Tanah Banda ini merupakan salah satu tempat bersejarah bagi bangsa Indonesia, beberapa tokoh bangsa seperti Bung Hatta dan Sutan Sjahrir sempat mengalami pengasingan oleh penjajah di Kecamatan Banda Neira ini dan penduduk lokal pun mengabadikan nama tokoh bangsa tersebut sebagai nama pulau di Kecamatan Banda Neira ini.


Kepulauan Banda memiliki 11 pulau yang terdiri dari 7 pulau berpenghuni yaitu Pulau Neira, Pulau Banda Besar, Pulau Ay, Pulau Rhun, Pulau Hatta, Pulau Sjahrir (Pulau Pisang), dan Pulau Gunung Api; dan 4 pulau tidak berpenghuni yaitu Pulau Nailaka, Pulau Manukang, Pulau Batu Kapal, dan Pulau Karaka. Banda Neira merupakan kecamatan yang terdiri dari 18 negeri/desa antara lain di Pulau Neira terdapat 6 desa (Nusantara, Dwiwarna, Merdeka, Kampung Baru, Tanah Rata, dan Rajawali); Pulau Banda Besar terdapat 9 desa (Lonthoir, Waling Spanciby, Selamon, Boiyauw, Combir, Waer, Uring Tutra, Lautang, Dender); Pulau Ay terdapat 1 desa (Ay); Pulau Rhun terdapat 1 desa (Rhun); dan Pulau Hatta terdapat 1 desa (Hatta).



Banda Neira memiliki pesona alam yang indah dan masyarakat yang kaya akan budayanya, keindahan yang tidak bisa diragukan lagi walau terpisah lautan dan waktu. Pesona yang harus dijaga untuk generasi selanjutnya. Banda Neira, situs warisan dunia. Peningkatan fasilitas wisata, sarana dan prasarana transportasi sangat dibutuhkan oleh kecamatan ini. Sarana dan prasarana transportasi yang baik akan meningkatkan aktivitas ekonomi, sehingga akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Banda Neira. Terimakasih Banda Neira! kami pahit dulu, esok manis lagi. (khz).


This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.