-->
logo

Cara Jitu Hadapi Malas Kuliah Daring Jarak Jauh pada Saat Pandemik COVID-19

Hot News

Hotline

Cara Jitu Hadapi Malas Kuliah Daring Jarak Jauh pada Saat Pandemik COVID-19

Oleh : Mutiara S Syifa STr.Keb`

SKJENIUS.COM, Bandung.-- Sejak diumumkannya kasus pertama COVID-19 pada tanggal 2 Maret 2020, kasus meningkat secara tajam hingga pada akhir 30 maret 2020 terkonfirmasi mencapai 1.414 orang positif terjangkit virus ini. Saat ini dampak yang disebabkan oleh wabah covid-19 sudah menyebar ke beberapa aspek kehidupan baik sosial dan ekonomi. Salah satu dampak terbesar yang terjadi ialah pada dunia pendidikan, hingga pemerintah membuat kebijakan darurat agar memutus rantai penularan COVID-19.

Salah satu kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk pendidikan tinggi ialah membuat agar semua kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring kebijakan ini diambil untuk menekan angka penularan. Hal ini membuat mahasiswa setiap hari harus berkutat di depan layar baik smartphone maupun laptop dalam mengikuti kegiatan perkuliahan. Perkuliahan yang melelahkan membutuhkan trik dan kiat agar selalu maksimal mengikutinya, berikut yang harus diperhatikan :

1.      Gunakanlah waktu sebaik mungkin : check secara berkala jadwal kuliah agar terhidar dari telat masuk kelas, bangun sebelum waktu kuliah mandi hingga sarapan membuat kita memiliki energi dan tidak mengantuk saat perkuliahan;

2.      Ciptakan ruang kelas sendiri : hidupkan suasana senyaman mungkin, jika lelah untuk terus duduk diatas kursi kita bisa membuat spot pribadi di pojok ruangan, bisa kita gunakan karpet bulu yang lembut ditambah dengan beberapa bantal kecil untuk membuat posisi duduk lebih nyaman, kita bisa menambahkan lampu yang redup namun di tambahkan lampu sorot agar belajar kita lebih maksimal;

3.      Sediakan air minum dan camilan : air minum merupakan hal terwajib bagi tubuh kita, ketika melakukan kelas daring lebih dari 2 jam biasakan untuk menyediakan minuman dan cemilan kecil agar kita dapat fokus secara penuh;

4.      Persiapkan fasilitas dan kebutuhan : agar mengefesiensikan waktu mempersiapkan laptop, buku catatan dan alat tulis bukanlah hal yang salah, mengecek jaringan internet baik menggunakan wifi ataupun kuota pribadi agar dijadikan alternatif ketika wifi mati.

Diharapkan ketika kita sudah membuat tubuh dan suasana nyaman pembelajaran daring akan secara optimal kita ikuti, tetap semangat dan jangan lupa cuci tangan !

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.