-->
logo

Menjadikan Masjid Baiturahman Sebagai Pusat SPIRITUAL CARE

Hot News

Hotline

Menjadikan Masjid Baiturahman Sebagai Pusat SPIRITUAL CARE

 

CIKARANG, SKJENIUS.COM.-- Sejak awal berdirinya Masjid Baiturahman, Cikarang, Jawa Barat pada tahun 2000 lalu, pelayanan kesehatan masyarakat sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kegiatan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baiturahman. Bekerjasama dengan Bidan dan Klinik Kesehatan di dekat masjid, DKM Baiturahman berupaya memberikan pelayanan kesehatan holistik yang memadukan unsur medis, herbal dan spiritual. Di dekat masjid didirikan Rumah Sehat Al-Hikmah yang memberikan Konsultasi Spiritual dan Pengobatan dengan Teknik Al-Hikmah Therapy atau Spiritual Therapist.

Pendekatan holistik merupakan pendekatan yang paling komprehensif dalam pelayanan kesehatan. Dalam pendekatan ini, seorang individu merupakan sebuah kesatuan yang terdiri dari dimensi fisik, mental, emosional, sosio kultural dan spiritual, dan setiap bagiannya memiliki hubungan dan ketergantungan satu sama lain. Untuk mempertahankan seorang individu sebagai satu kesatuan, pemenuhan kebutuhan spiritual merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan disamping pemenuhan terhadap kebutuhan lain.

Kajian tentang spiritualitas dalam kaitannya dengan pelayanan kesehatan, tidak hanya membahas tentang spiritualitas pada akhir kehidupan, tapi aspek spiritualitas itu sendiri juga melekat pada praktik pengobatan dan peran tenaga medis dalam memberikan pelayanan kesehatan.

Dalam pandangan para Al-Hikmah Therapist di Rumah Sehat Al-Hikmah, menekankan pada pentingnya keseimbangan fisik, psikis dan spiritual dalam proses perawatan kesehatan. Perlu kita ingat bahwa Indonesia merupakan negara yang menganut budaya ketimuran dalam tatanan kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Keberagaman agama dan budaya merupakan entitas yang mendasari pentingnya pemenuhan kebutuhan spiritual pasien yang dirawat dengan mempertemukan kedua komponen tersebut.

Jadi, spiritualitas dapat diartikan sebagai sebuah kekuatan yang menyatukan semua aspek manusia, termasuk komponen agama, memberikan dorongan kepada seseorang untuk menemukan arti, tujuan, dan pemenuhan dalam kehidupan, serta dan menumbuhkan semangat untuk hidup.

Karena itulah, konsep spiritualitas merupakan hal yang tidak dapat diabaikan dalam pelayanan kesehatan . Price et al. (2007) dalam penelitiannya yang berjudul “The Spiritual Experience of High‐Risk Pregnancy” menyebutkan bahwa aspek spiritualitas membantu dalam mengatasi stres pada kehamilan risiko tinggi, dan diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan ibu dan janin.

Sedangkan Fatma Sylvana Dewi Harahap (2018) dalam publikasinya menyebutkan bahwa asuhan kebidanan yang diberikan selama kehamilan dengan memperhatikann keseimbangan fisik, psikis dan spiritual pada wanita dengan risiko rendah dapat menurunkan intervensi medis dalam proses persalinan.

Jadi semua orang memiliki kebutuhan spiritual. Beberapa orang memiliki kebutuhan religius. Untuk melayani kebutuhan spiritual umat itu, Dewan Kemakmuran Masjid Baiturahman Cikarang, berupaya menjadikan Masjid Baiturahman sebagai Pusat Perawatan Spiritual (Spiritual Care Centre). Para Spiritual Therapist di Spiritual Care Centre bekerja untuk membantu pasien, anggota keluarga dan staf menangani kebutuhan spiritual dan keagamaan.

Apa yang kami maksud dengan "kebutuhan spiritual"?

Kebutuhan dan perhatian spiritual biasanya berhubungan dengan apa yang kita sebut pertanyaan "besar" dalam hidup. Pertanyaan-pertanyaan ini bisa meliputi:

  1. Mengapa ini terjadi? Mengapa itu terjadi pada saya?
  2. Apa artinya semua itu?
  3. Bagaimana saya memahami segalanya?
  4. Bagaimana perasaan saya tentang perubahan dalam hidup saya?
  5. Apa yang memberi saya penghiburan dan harapan?
  6. Apa yang saya sebut "baik" dalam hidup saya? Apa yang saya sebut "buruk"?
  7. Apa yang saya syukuri?
  8. Apa yang saya percayai? Siapa yang aku percaya?
  9. Siapakah "komunitas tercinta" saya - yang mencintai saya dan dicintai oleh saya, apa pun yang terjadi?
  10. Apa atau siapa - di luar diri saya - yang saya yakini penting dalam hidup saya?

Semua pertanyaan ini berkaitan dengan kebutuhan, perhatian, dan sumber spiritual. Semua orang menanyakan pertanyaan ini selama hidup mereka, terutama saat mereka atau seseorang yang mereka cintai sedang sakit atau dalam krisis.

Beberapa orang menemukan makna, kenyamanan, harapan, kebaikan dan komunitas melalui praktik keagamaan, kepercayaan dan / atau komunitas keyakinan mereka. Beberapa orang tidak. Terlepas dari apakah keyakinan agama merupakan bagian dari kehidupan seseorang, perhatian spiritual, sumber daya, dan kebutuhan masih bisa sangat penting, terutama selama dirawat di rumah sakit.

Hubungan kebutuhan dan sumber spiritual dengan berada di rumah sakit

Ada banyak penelitian yang dilakukan selama 50 tahun terakhir yang menunjukkan manfaat kesehatan dan kesejahteraan seseorang ketika kebutuhan spiritualnya dipenuhi. Beberapa manfaatnya antara lain:

  1. Lama tinggal di rumah sakit,
  2. Manajemen nyeri yang lebih baik,
  3. Peningkatan pengalaman menginap mereka,
  4. Peningkatan motivasi untuk menyelesaikan tugas penyembuhan,
  5. Peningkatan manajemen kebutuhan kardiovaskular (misalnya, detak jantung, tekanan darah),
  6. Peningkatan rasa kesejahteraan,
  7. Menambah semangat hidup

Karena itulah dukungan spiritual untuk pasien, keluarganya, relawan, dan stafnya.  Kehadiran penasehat spiritual, perawatan, konseling, doa, kelompok pendukung, kelas, ritual keagamaan, dan kesempatan beribadah semuanya perlu diintegrasikan ke dalam perawatan dan pengobatan total pasien. Sehingga mereka dapat menemukan dan mengalami harapan, kasih sayang, makna, dan tujuan dalam hidup.

Penasehat Spiritual adalah bagian dari tim perawatan pasien, menawarkan dukungan kepada pasien dan keluarga dalam krisis dengan membantu menyediakan perawatan dan sumber spiritual.  Kami menawarkan untuk bepergian bersama Anda selama Anda tinggal, berbagi suka dan duka, memberikan dukungan di saat penderitaan dan kesusahan, dan menawarkan harapan saat menghadapi penyakit dan kematian.  Kami mendukung keluarga dari semua komunitas agama.

Misi Kami : Misi dari Layanan Perawatan Spiritual adalah memberikan dukungan dan pendidikan spiritual bagi staf, pasien, dan komunitas.

Jika Anda ingin berbicara dengan seseorang tentang kebutuhan atau sumber spiritual Anda, atau hanya berhubungan dengan seseorang yang siap mendengarkan kekhawatiran Anda dengan empati dan dukungan, silakan hubungi kantor kami dan mintalah untuk berbicara dengan seorang konsultan spiritual atau Al-Hikmah Therapist.

Layanan Perawatan Spiritual

Layanan Perawatan Spiritual memberikan dukungan spiritual. Apakah Anda seorang pasien Perawatan Kesehatan Spiritual di Rumah Sehat atau hospital lainnya, anggota keluarga, teman atau anggota staf, Layanan Perawatan Spiritual hadir untuk menemani Anda dengan penuh kasih dengan:

  • Mendengarkan
  • Percakapan hati terbuka tentang harapan, syukur, ketakutan, koneksi dan makna
  • Kehadiran yang tenang
  • Doa, Ruqyah dan Zikir
  • Tilawah Al-Qur'an
  • Menghubungkan Anda dengan tradisi spiritual melalui staf kami, relawan, dan rujukan ke sumber daya komunitas

Layanan perawatan pasien dan keluarga meliputi:

  1. Kunjungan ke tempat Anda saat di rumah sakit atau perawatan di rumah,
  2.  Konseling spiritual / emosional,
  3. Pengobatan Spiritual Al-Hikmah,
  4. Bimbingan spiritual, agama, dan budaya, 
  5. Melayani dengan dinamika keluarga yang beragam untuk memperbaikinya,
  6. Bantuan masalah psikososial / spiritual,
  7.  Dukungan spiritual dan emosional,
  8.  Manajemen krisis,
  9.  Doa, dan zikir,
  10. Membangun Kekuatan Iman dan Kecerdasan Spiritual

Anda dapat menghubungi kantor kami via Nita Yuliana di HP/WA 0852-1013-2089

Insya Allah, kami akan menjawab panggilan Anda selama jam kerja, Senin-Jumat, 8:00 - 16:30. Di lain waktu, Anda dapat meninggalkan pesan dan kami akan berusaha keras untuk membalas panggilan Anda dalam waktu 24 jam.

Jika Anda seorang pasien, atau sedang mengunjungi orang yang Anda cintai di rumah sakit, jangan ragu untuk meminta perawat Anda untuk menghubungi kami.

Bagi Anda yang ingin Konsultasi Spiritual dan Kesehatan. Silakan hubungi Rumah Sehat terdekat di kota Anda.

Contact Person :

  • Suhu Rosi Wibawa - 089505793048
  • KH. Rosyid Sobri – 08127890686
  • Irawan Wijaya,SE - 08813281367
  • Suhu Indra Wijaya - 0895603862974
  • Mbah Jamal Al-Hikmah – 087884909077
  • M Yahya Purnomo, SE - 081649750828
  • Ust. Usri Andi – 085270629655

Wasslam,

Kyai Ageng Khalifatullah Malikaz Zaman




This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.