-->
logo

Kegiatan KKN UNS Melalui Program Supporting Pemahaman Pandemi Covid-19

Hot News

Hotline

Kegiatan KKN UNS Melalui Program Supporting Pemahaman Pandemi Covid-19


Jakarta, SKJENIUS.COM,- Sejak diberlakukannya Kejadian Luar Biasa (KLB) di Solo pada tanggal 13 Maret 2020, kegiatan akademik di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dilanjutkan dengan kegiatan melalui sistem pembelajaran jarak jauh. Hal tersebut berdampak pada kegiatan mahasiswa semester 6 yang seharusnya melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang biasanya mahasiswa terjun langsung ke daerah-daerah untuk melaksanakan program kerjanya. Kondisi demikian menjadi latar belakang UNS melaksanakan kegiatan KKN salah satunya melalui program supporting pemahaman pandemi Covid-19 di domisili masing-masing mahasiswa yang bersangkutan. Program ini diharapkan dapat menjaga esensi dari kegiatan KKN dimana pada dasarnya mahasiswa sebagai agen perubahan semestinya memberikan kontribusi dan partisipasi aktif terhadap bangsa dan negara, dengan program seperti ini diharap kan juga tidak menghambat kegiatan KKN yang tidak dapat dilakukan seperti biasanya, namun tidak pul menghilangkan esensi dari kegiatannya itu sendiri. 

Lintang Raina misalnya, salah satu mahasiswa KKN dari Fakultas Hukum UNS yang melaksanakan kegiatan KKN yang berpusat di RT011/RW003 Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan dari tanggal 25 Mei hingga 30 Juni 2020 saat dihubungi oleh wartawan Surat Kabar Jenius ia menjelaskan bahwa :
"Kegiatan yang saya lakukan dibimbing langsung oleh bapak Puguh Karyanto S.Si., M.Si., Ph.D. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Secara garis besar program kerja yang saya lakukan bertujuan untuk membantu masyarakat dalam memahami dan menyikapi kondisi pandemi. Program kerja yang dilakukan oleh saya pada saat masa PSBB di Jakarta dengan mensosialisasikan tata cara mencuci tangan yang baik dan benar, pentingnya menggunakan masker dan urgensi dari isolasi mandiri di rumah masing masing. Kegiatan tersebut dilakukan dengan penyebaran poster di beberapa titik yang menjadi pusat kerumunan warga dan di masjid". Ungkapnya.


Setelah masa transisi di Jakarta, dimana kegiatan keagamaan sudah kembali dapat dilaksanakan, Raina pun kembali mensosialisasikan pemahaman mengenai tata cara melaksanakan Shalat Jumat dengan cara membuat banner yang diletakkan di 2 tempat yaitu Masjid Nurul Yaqin dan Masjid Al Istiqomah Bintaro, Jakarta Selatan. Selain itu ia juga menjelaskan terhadap pengurus masjid tentang pentingnya jaga jarak, penggunaan masker, dan deteksi suhu tubuh saat mengadakan Shalat Jumat.

Program selanjutnya yang menjadi program kerja inti Raina adalah mengadakan review gratis produk UMKM dengan menggunakan media sosial pribadi Raina dan media sosial milik Raina yang digunakan untuk berjualan dengan total pengikut dari kedua akun tersebut mencapai 100 ribu lebih, dengan demikian produk UMKM yang di iklankan secara gratis dapat di jangkau oleh khalayak luas. Tujuan utama program ini adalah membantu masyarakat yang sedang merintis usaha kecil agar dapat berkembang lebih cepat terutama di sosial media dalam keadaan yang cukup sulit untuk mencari penghasilan.  Rainapun menambahkan komentarnya terkait KKN Covid UNS bahwa : 

"Pandemi ini bukan menjadi alasan untuk meniadakan kegiatan KKN bagi para mahasiswa, justru dengan kondisi yang seperti ini diharapkan mahasiswa dapat lebih peka terhadap keadaan faktual di masyarakat. Kegiatan KKN Covid UNS ini ditujukan agar dapat menambah partisipasi aktif dan kontribusi mahasiswa dalam menjalankan perannya sebagai agen perubahan kedepannya terhadap bangsa dan negara". tandasnya.

(khz).  

Lintang Raina merupakan seorang Mahasiswi yang memiliki bisnis thrif shop dan sedang mempelajari Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.