-->
logo

Badai PHK Melanda, Pengangguran Meningkat. Apa Solusinya, Pak Jokowi ?

Hot News

Hotline

Badai PHK Melanda, Pengangguran Meningkat. Apa Solusinya, Pak Jokowi ?


Jakarta, SKJENIUS.COM.- Subhanallah 🙏 Bersamaan dengan Prahara Covid-19, pemerintahan Jokowi-Ma’ruf menghadapi ancaman ketidakpastian ekonomi global yang bisa membuat ekonomi dunia mengalami resesi. Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan pertumbuhan ekonomi kuartal I 2020 merupakan posisi yang terendah sejak 2001. Pada tiga bulan pertama 2020, pertumbuhan ekonomi hanya sebesar 2,97 persen. Padahal, menurut Mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri Rizal Ramli, tanpa ada pandemi Covid 19, ekonomi Indonesia sudah diramal akan tumbuh melambat, yaitu di kisaran 5,0%.  

Jadi, Kondisi Ekonomi Dalam Negeri Saat Ini Cukup Berat, Bahkan Berat Sekali ‼️Bahkan bisa terseret ke jurang resesi. Apalagi di tengah pertumbuhan ekonomi yang melambat itu, badai PHK pun melanda. Data Kementerian Tenaga Kerja per 20 April 2020 menyebutkan, hampir tiga juta karyawan dirumahkan atau kena PHK. Namun angka lebih fantastis disodorkan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin). Mereka menyebut, orang yang menjadi korban PHK bisa mencapai 15 juta jiwa.

Karuan saja, masalah ketenagakerjaan di Indonesia sekarang ini sudah mencapai kondisi yang cukup memprihatinkan, hal ini ditandai dengan jumlah pengangguran yang besar, pendapatan yang relatif rendah dan kurang merata pembangunan khususnya di desa yang tertinggal. Karena itu, sejauhmana kebijakan Ekonomi Jokowi, berpihak kepada rakyat kecil perlu dipertanyakan ⁉️🙄

Pasalnya, selama lima tahun belakangan ini, pengeluaran  Pemerintah (government expenditure) lebih banyak ke infrastruktur yg justru menyedot lapangan kerja terbatas dan menguntungkan para swasta asing, para Konglomerat Kapitalis dan kaum oligarki. Sejauhmana kedepan Pemerintah menyiapkan langkah antisipatif dan benar-benar konkret dalam menghadapi ancaman resesi Ekonomi dan perlambatan pertumbuhan ekonomi dalam negeri serta mengatasi pengangguran perlu kita kawal bersama.

Namun demikian, sebagai Politis Muslim yang taat, perlu kita sadari bersama bahwa usaha mengatasi pengangguran bukanlah kewajiban pemerintah semata. Seluruh penduduk Indonesia diharapkan berpartisipasi untuk mengatasi masalah ini. Walau bukan hal mudah, Insya Allah, pengangguran pasti bisa ditangani bila pemerintah dan masyarakat saling bekerja sama.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, Dewan Perancang Partai Nusantara Bersatu mengajak para pengusaha, politisi dan seluruh elemen masyarakat untuk  Meningkatkan Kepedulian Sosial dalam memberdayakan masyarakat marjinal yang terpinggirkan dalam pembangunan. Untuk itu diperlukan kerjasama dalam meningkatkan meningkatkan kemampuan kewirausahaan masyarakat di tengah terbatasnya ketersediaan lapangan kerja disektor formal. 

Upaya ini diharapkan dapat menekan angka pengangguran dan memperbanyak kesempatan kerja baru. Penciptaan wirausaha itu dilakukan melalui langkah langkah, sebagai berikut:

Pertama : Mengembangkan kewirausahaan bagi para pengusaha dan calon pengusaha untuk meningkatkan kinerja perusahaan terutama melalui peningkatan etos kerja, kreativitas dan inovasi, produktivitas, kemampuan membuat keputusan dan mengambil risiko, serta kerjasama yang saling menguntungkan dan dengan menerapkan etika bisnis;

Kedua : Meningkatkan kinerja perusahaan yang bermanfaat bagi masyarakat dan perekonomian nasional terutama melalui; penciptaan lapangan kerja baru, penciptaan barang dan jasa yang lebih bermutu dan atau lebih beragam, peningkatan daya saing perusahaan, baik di pasar dalam negeri ataupun di pasar Internasional;

Ketiga : Mengembangkan kewirausahaan masyarakat luas yang diharapkan akan mendorong peningkatan kegiatan dan kinerja usaha dan ekonomi masyarakat melalui peningkatan etos kerja, disiplin efisiensi, dan produktivitas nasional;

Keempat : Menyebarluaskan asas pokok kewirausahaan sebagai pedoman praktis bagi semua pihak yang berminat dan terkait dengan pengembangan kewirausahaan serta bagi yang ingin mengetahui, menghayati lebih mendalam dianjurkan untuk mengikuti kegiatan pembudayaan kewirausahaan

Insya Allah, penciptaan wirausaha merupakan satu solusi terbaik untuk menekan tingkat pengangguran yang terjadi saat ini. Pasalnya, selain menciptakan pekerjaan bagi diri sendiri, pelaku wirausaha juga dapat membuka kesempatan kerja bagi orang lain. (az).

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.