-->
logo

Tantangan Hidup Merupakan Stimulus Bagi Bangsa Indonesia Untuk Maju

Hot News

Hotline

Tantangan Hidup Merupakan Stimulus Bagi Bangsa Indonesia Untuk Maju

SKJENIUS.COM,- Nasionalisme yang berintikan patriotisme itu, nampaknya perwujudannya mengalami dialektika yang dinamis di mana tiap generasi mempunyai tantangan (challenge) dan jawaban (response) yang berbeda, namun esensi nasionalisme tetaplah sama yaitu rasa cinta yang dalam terhadap bangsa dan tanah airnya.

Maka, Nasionalisme itu menjadi daya dorong atau e’lan vital bangsa dalam memperjuangkan cita-cita bersama. Nasionalisme melahirkan bangsa, sementara demokrasi melahirkan negara dan pemerintahan”, maka nasionalisme bersama demokrasi melahirkan negara bangsa (nation state).

Namun demokrasi bukan hanya sebagai alat tetapi sekaligus merupakan tujuan dari negara bangsa itu sendiri, yaitu mewujudkan masyarakat adil makmur, MATERIAL – SPIRITUAL bagi seluruh warga bangsa.

Memperhatikan hal-hal di atas, tidak mengherankan jika perdebatan tentang peran nasionalisme, demokrasi, masyarakat madani dalam kerangka negara bangsa (nation state), semakin sengit sejalan dengan keruntuhan negara-negara komunis di Eropa Timur yang berakibat tampilnya ideologi kapitalisme - liberal sebagai satu-satunya ideologi dunia yang dominan.

Sementara itu sejarawan Inggris Arnold Toynbee (1956, vol. VI : 280 dan lain-lain) yang mengatakan bahwa suatu bangsa hanya akan maju jika dapat menghadapi tantangan (challenge) dengan jawaban (response) yang tepat. Jadi adanya tantangan hidup justru merupakan stimulus bagi suatu bangsa untuk maju asal saja dapat menemukan solusi atau jawaban yang tepat.

Maka tantangan tidak perlu dihindari atau ditakuti, meskipun tidak harus dicari, melainkan harus dihadapi secara cerdas dan bijak.



This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.