-->
logo

Masa Pademi Covid -19. Gubernur Sumbar Dorong Seniman Untuk Berkarya

Hot News

Hotline

Masa Pademi Covid -19. Gubernur Sumbar Dorong Seniman Untuk Berkarya

SKJENIUS.COM, Padang.— Seni merupakan keindahan, rasa keindahan  merupakan sebuah ungkapan  yang tak bisa di gambarkan dengan kata -kata. Seni adalah suatu apresiasi  untuk mengungkap rasa dengan keindahan. 


Hal ini disampaikan Gubernur Sumbar, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, P. Sl, M. Sc pada peresmian pameran seni rupa yang bertajuk realita sosial New Life, di Galeri Taman Budaya Sumatera Barat Rabu 26/8.


Lebi lanjut Irwan mengatakan, dimasa Pandemi Covid I9 ini, kita mendorong terus para seniman untuk terus berkarya, dan menjadikan ini sebuah kehidupan baru, dan tinggal bagi para seniman, bagaimana dalam menghadapinya, jangan kita lemah dan tetua bersemangat, namun  tetap memperhatikan serta berpedoman pada protokoler kesehatan covif 19.


Diikuti 26 peserta 


Dalam kesempatan yang sama, Ka Dinas Kebudayaan Prov. Sumbar, Dra. Gemala Ranti, M. Sl mengatakan,  ada 26 peserta yang ambil bagian dalam kegiatan ini. Lebih lanjut, Gemala Ranti mengatakan, saat ini negara kita sedang dilanda Virus Corona 19.ternyata para seniman  masih tetap berkarya. 


Pada saat ini penciptaan seni rupadan kriya tidak hanya lagi di studio atau sanggar sanggar yang bersifat individual, tetapi dia telah masuk  lr pelosok pelosok berguna dan ber  interaksi. 


Dari aspek penciptaan karya ,para seniman dan pekerja seni lebih dari sekedar mengandalkan instiusi, emosi, kepekaan rasa dan keahlian. “Karena itu, pameran bersama ini sangatlah kita hargai, sekali gus sebagai momentum bangkit nya seni rupa dan  kriya, sebagai kekayaan  budaya Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya,” katanya.


Juga dalam kesempatan yang sama, Ka Taman Budaya  Drs. Muasri mengatakan,  pada mulanya pameran ini diagendakan pada pameran ke dua dari tiga kegiatan, yang berlangsung sejak akhir Agustus hingga Oktober 2020 ini. Tetapi karna pergeseran jadwaldizebabkan persiapan tehnis. 


Dari hasil survey di lapangan, kita dapat menyimpulkan  bajwa sesunggujnya potensi  seni rupa di Sumatera Barat  tetap saja melahirkan karya karya terbaik dan berkualitas, turut memberikan konstribusi besar tethapap perkembangan kesenkan dan kebudayaan. Muasri mengakhiri sambutannya. 


Pameran  seni rupa ini berlangsung  hingga 3 september 2020 mendatang dan terbuka untuk umum. 

(UPA/Jenius).




This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.